Sukses

Polda Aceh Gagalkan Penyelundupan 3 Ton BBM Bersubsidi

BBM tersebut diduga hendak diselundupkan ke Pulo Aceh, Aceh Besar.

Liputan6.com, Banda Aceh - Satuan Polisi Air (Polair) Polda Aceh menggagalkan penyelundupan 3 ton bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar di Perairan Ulee Lheu, Banda Aceh, Rabu 3 Desember 2014 malam. BBM tersebut diduga hendak diselundupkan ke Pulo Aceh, Aceh Besar.

Menurut keterangan Dit Polair Polda Aceh, Kombes Pol Bambang Irianto, aksi itu tercium setelah adanya aktivitas pengiriman BBM yang dilakukan pada malam hari.

"Kecurigaan kita, karena membawanya pada malam hari. Tidak layak kalau pendistribusian BBM malam-malam. Jadi tim kami bergerak melakukan pemeriksaan," kata Dit Polair Polda Aceh, Kombes Pol Bambang Irianto di Banda Aceh, Kamis (4/12).

Penyelundupan 3 ton solar bersubsudi ini menggunakan kapal yang dinakhodai SS. 3 Ton solar dikemas dalam 95 jerigen berukuran 35 liter. Kapal itu dihentikan tim Polair dalam kawasan perairan Ulee Lheu sekitar pukul 20.00 WIB.

Saat ini, SS beserta barang bukti diamankan di Dermaga Polair Polda Aceh di kawasan Lampulo, untuk  penyelidikan lebih lanjut.

Tim Polair Aceh sebelumnya menggagalkan dugaan penyeludupan 40 jerigen atau 1,5 ton BBM jenis solar ke wilayah Pulau terluar Aceh.

"Dua minggu lalu, kita juga mengamankan barang yang sama. Jadi ini semua dalam proses penyelidikan," tutur Bambang. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.