Sukses

2 Pasien di Kediri dan Madiun Dinyatakan Negatif Ebola

Sampai saat ini, Indonesia masih dinyatakan aman dari ebola dan MERS. Namun masyarakat diminta untuk selalu berpola hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Tes darah 2 pasien yang diduga terinfeksi virus ebola di laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) Kementerian Kesehatan RI menunjukkan hasil negatif.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (3/11/2014), Kemenkes RI menyatakan, 1 pasien tersebut mengidap malaria dan seorang lainnya sakit akut pada tenggorokan.

Sampai saat ini, Indonesia masih dinyatakan aman dari ebola dan MERS sehingga masyarakat diminta tidak perlu khawatir. Meski demikian, warga diminta untuk memulai pola hidup sehat dengan sering mencuci tangan karena ebola menular melalui cairan.

Kedua pasien yang sempat diduga suspek ebola tersebut merupakan TKI yang baru pulang bekerja di Liberia sebagai penebang kayu.

Negara-negara di Afrika selama ini memang jarang menjadi tujuan pengiriman tenaga kerja. Melihat kondisi saat ini, BNP2TKI mengaku lebih selektif menempatkan para tenaga kerja di luar negeri.

Hasil tes darah yang menyatakan negatif tersebut ternyata belum sampai ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedono Madiun tempat pasien dirawat selama ini. Pasien juga masih berada di ruang isolasi Wijaya Kusuma yang ditutup dan dijaga ketat oleh petugas keamanan.

Baca juga:

RS Tempat Isolasi Pasien Diduga Ebola Tertutup bagi Awak Media

Mengerikan, Ebola di Sierra Leone Menyebar Pesat 12 Kasus/Hari

Penghina Jokowi Dapat Hukuman Sosial Mengepel Musala

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian Kesehatan RI adalah kementerian dalam Pemerintahan Indonesia yang membidangi urusan kesehatan.

    Kemenkes RI

  • Ebola merupakan penyakit yang menyerang manusia, monyet, simpanse, gorila, dan primata lain yang disebabkan oleh virus Ebola.

    Ebola

  • Virus Ebola