Sukses

Calon Pimpinan KPK: Pemberantasan Korupsi Belum Menyentuh Militer

Pemilihan pimpinan KPK akan digelar pada 2015 mendatang. Sejauh ini, ada 6 nama yang mencuat sebagai calon pimpinan KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) I Wayan Sudirta mengatakan, pemberantasan korupsi sejauh ini belum menyentuh ranah militer. Padahal, KPK sendiri sudah 'menggarap' jenderal bintang 2 di kepolisian, yakni mantan Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo.

"Demikian hebatnya KPK sampai Jenderal Bintang 2 diseret. Tapi sayang ada anak tiri, ada pilih kasih, kenapa KPK tidak menyentuh TNI?" kata I Wayan dalam sebuah diskusi kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/10/2014).

Untuk itu, I Wayan mempertanyakan, kenapa KPK memang seperti pilih kasih dan tebang pilih. Padahal, militer dan kepolisian sama-sama menggunakan anggaran negara setiap tahunnya.

"Berapa anggaran di militer? Anda bisa bayangkan, alat-alat tentara, militer, sering bergemuruh, tapi kan KPK tidak mampu?" kata dia.

Lebih jauh I Wayan mengatakan, akan lebih baik jika KPK memang benar-benar menerapkan asas kesamaan di mata‎ hukum atau equalitiy before the law. Sebab, sejatinya tidak ada beda antara kepolisian dan militer.

"Sebaiknya melakukan upaya-upaya ada kesejajaran di mata hukum. Tidak perlu diistimewakan, karena kita tidak menemukan literasi tentara harus kebal hukum," ujar anggota DPD periode 2009-2014 ini.

Pemilihan pimpinan KPK akan digelar pada 2015 mendatang. Sejauh ini, ada 6 nama yang mencuat sebagai calon pimpinan KPK, yakni Jamin Ginting (Swasta), Busyro Muqqodas (Swasta), I wayan Sudirta (Advokat), Ahmad Taufik (Swasta), Robby Arya Brata (Advokat), dan Subagio (PNS/Pensiunan). Dari segi keahlian, lima orang yang lolos tersebut memiliki kemampuan di bidang hukum, dan satu orang ahli di bidang keuangan. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini