Sukses

Didatangi Paskibraka, Jokowi Cerita Gagal Ikut Seleksi Renang

Jokowi meminta para anggota Paskibraka 2014 bersyukur karena mempunyai kesempatan untuk mengibarkan bendera pusaka di Istana.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Gedung Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku kagum dengan para pemuda yang tergabung dalam Paskibraka.

"Kalian adalah murid-murid yang terbaik di daerahmu. Untuk masuk, tentunya kalian diangkat melalui kompetisi yang begitu ketat, dan tidak mudah untuk memenangkannya," ujar Jokowi, Rabu (20/8/2014).

Jokowi pun bercerita mengenai pengalamannya mengikuti kompetisi serupa. Ia mengaku, walau tidak pernah mengikuti seleksi Paskibraka, mantan Walikota Solo ini pernah mengikuti seleksi tingkat nasional untuk cabang olahraga renang saat masih remaja. Sayangnya perjalanan Jokowi mengikuti seleksi tersebut tidak berjalan mulus.

"Pernah saya ikut kompetisi untuk ikut tim renang di tingkat nasional, tapi baru di tingkat kota saja sudah kalah. Akhirnya tidak bisa naik ke tingkat provinsi karena kalah di tingkat kota. Tapi yang di sini, saya kira di sini adalah kumpulan remaja terbaik di negara ini dari Sabang sampai Merauke," kata Jokowi.

‎Karena itu, Jokowi meminta anggota Paskibraka 2014 bersyukur karena mempunyai kesempatan untuk mengibarkan bendera pusaka di Istana Kepresidenan yang disaksikan oleh jutaan rakyat Indonesia.

"Tidak semua anak remaja dapat kesempatan ini, kesempatan ini menggembleng adik-adik untuk masa depan yang pasti, apa yang sudah ditanam ini pasti ada manfaatnya ke depan. Dapatnya mungkin gak sekarang, tapi mungkin suatu saat. Karena berkat kerja keras, ketekunan, dan kedisiplinan, semuanya," ucapnya.

Ia pun yakin, dari belasan pasukan Paskibraka itu, akan ada yang menonjol dan menjadi pemimpin di masa datang. "Mungkin 20 tahun mendatang, karena penggemblengan di Paskibraka ini, ada di antara kalian yang menjadi gubernur, bupati, walikota, atau bahkan Presiden. Itu mungkin saja. Karena gemblengan dari muda sudah cukup baik," ucapnya.

Usai menyampaikan pidatonya, Jokowi kemudian mengajak para anggota Paskibraka untuk berfoto bersama. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini