Sukses

Menengok Sedan Tua Bung Karno yang Ditawar Rp 2 Miliar

H Asnawi mengaku membeli mobil bersejarah itu dari orang yang tak dikenalnya dengan harga Rp 1,25 juta pada 1989.

Liputan6.com, Temanggung - Haji Asnawi, pria paruh baya di Temanggung, Jawa Tengah, ini bergaya di atas mobil klasik dengan pakaian layaknya Bung Karno. Bukan tanpa alasan, dandanan ini sengaja digunakan saat menunjukkan mobil klasiknya yang pernah digunakan mantan Presiden RI yang pertama.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (18/8/2014), sedan dengan merk Holden keluaran 1963 itu pernah menjadi mobil pribadi sang proklamator. Dalam surat-surat kendaraan tersebut tertulis nama pemilik Hartini Sukarno beralamatkan di Istana Bogor, Jawa Barat.

Menurut H Asnawi, mobil tersebut didapatkan pada 1989 dari seseorang yang tidak ia kenal mendatangi rumahnya. Mengetahui mobil yang ditawarkan milik Bung Karno, tanpa pikir panjang H Asnawi langsung membelinya seharga Rp 1.250.000, saat itu.

Di tangan H Asnawi, mobil bekas ayah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu dirawat dengan baik. Menurut Asnawi, mobil yang juga pernah dikunjungi Guruh Soekarnoputra itu telah banyak diminati para kolektor benda-benda kuno dan bersejarah.

Pada Juli 2014 lalu, calon pembeli bahkan ada yang berani menawar hingga Rp 2 miliar. Namun Asnawi belum mau melepasnya. Asnawi berharap mobil tersebut bisa dinikmati masyarakat luas yang ingin tahu sejarahnya. (Sun)

Baca juga:

Riwayat Mikrofon Bung Karno saat Bacakan Teks Proklamasi

FPTI Bentangkan Bendera Raksasa di Tebing Setinggi 350 Meter

Saat Karyawan Freeport Gelar Upacara HUT RI di Perut Bumi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.