Sukses

Hadiri HUT RI di Waduk Pluit, Jokowi Ikuti Lomba Balap Karung

Meski pada akhirnya harus kalah, namun Jokowi sangat antusias mengikuti perlombaan ini dan cukup menghibur warga.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjadi inspektur upacara memperingati HUT Kemerdekaan ke-69 Republik Indonesia dan menghadiri upacara di Istana Negara bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyno (SBY), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo siang ini mengunjungi peringatan HUT Kemerdekaan RI di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Pantauan liputan6.com, Minggu (17/8/2014), gubernur yang akrab disapa Jokowi itu tiba di Waduk Pluit sekitar pukul 15.20 WIB. Seperti biasanya saat blusukan, Jokowi mengenakan kemeja putih. Turun dari mobilnya Toyota Innova hitam, dia langsung dikerumuni warga Waduk Pluit yang juga akan merayakan berbagai perlombaan di Waduk Pluit.

‎Dengan pengawalan beberapa ajudannya, Jokowi kemudian berjalan menuju sebuah panggung yang disediakan. Ia sempat berdialog dengan salah satu televisi swasta. Pengelola Waduk Pluit PT Jakarta Propertindo sengaja menggelar berbagai perlombaan yang biasa digelar saat 17-an di sekitar taman Waduk Pluit itu.

Beberapa perlombaan yang digelar di antaranya perlombaan balap karung, makan kerupuk, pajat pinang, dan pertandingan sepakbola. Jokowi pun menyempetkan diri mengikuti lomba balap karung bersama warga Waduk Pluit, setelah menerima tantangan seorang presenter televisi. Awalnya, Jokowi menolak lantaran sudah lama tak lagi mengikuti perlombaan tersebut. 

"‎Saya sudah berapa tahun sekarang? Sudah 40 tahun gak pernah ikut, tapi kalau lawannya gemuk-gemuk boleh, cari lawannya yang gemuk-gemuk ya," ucap Jokowi sambil tertawa.

Setelah berdialog beberapa menit, Jokowi kemudian langsung berjalan menuju kearena perlombaan balap karung. Dia yang tampak mengenakan kemeja putih dan celana bahan hitam itu pun langsung berbaris dan mengambil salah satu karung. Dia persis di tengah-tengah peserta lainnya.

Pluit pun berbunyi, tanda dimulainya balap karung. Jokowi dan 6 peserta lomba lainnya pun mulai melompat di dalam karung goni warna cokelat itu. Dia tampak berusaha melewati 6 peserta lain, di antaranya Direksi PT Jakarta Propertindo Budi Karya, yang merupakan penyelenggara acara 17-an di Waduk Pluit‎.

Namun di tengah perlombaan, Jokowi nyaris terpeleset karena terlilit karung yang ia pakai, warga yang antusias pun sempat kaget lantaran presiden terpilih itu, nyaris terjungkal. "Awas, Pak Jokowi hampir jatuh," teriak salah seorang warga.

Warga terus memberikan semangat dan tepuk tangan. Meski pada akhirnya harus kalah, namun warga sangat antusias dan apresiasi terhadap kehadiran Jokowi dan cukup menghibur warga. Jokowi menempati urutan ke-5. Sementara urutan pertama hingga ke-4 ditempati warga. (Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.