Sukses

Jokowi Bergidik Ditawari Tikus Bakar di Pasar Tomohon: Hiii...

"Ini enak dimakan?" tanya Jokowi yang terlihat masih penasaran.

Liputan6.com, Manado - Bakal capres dari PDI Perjuangan Joko Widodo bergidik ketika ditawari tikus kebun bakar saat berkunjung ke Pasar Beriman, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

"Ini apa?" kata pria yang karib disapa Jokowi itu kepada seorang penjual tikus bakar, Sabtu (10/5/2014).

"Tikus bakar, Pak," ujar penjual bernama Lena itu.

Mendengar hal itu, Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang itu langsung mengangkat bahu dan berseru "Hiiii..."

Meski begitu, Gubernur DKI Jakarta itu tetap menanyakan harga tikus bakar tersebut.

"Tikusnya Rp 20 ribu, Pak," kata Ibu Lena.

"Ini enak dimakan?" tanya Jokowi yang terlihat masih penasaran.

"Enak, Pak. Mau beli," tawar Ibu Lena.

Ditawari membeli tikus bakar, Jokowi yang sempat memegang sebatang bambu tempat tikus ditancapkan itu meletakkannya kembali. Ia lalu menolak secara halus dengan menganggkat kedua telapak tangannya di depan dada sambil tersenyum.

Tikus tersebut merupakan tikus kebun. Menurut Lena, cara menangkapnya dengan menembak atau menggunakan perangkap tikus yang sering memanjat pohon tersebut.

Jokowi bersama rombongan tiba di Pasar Tomohon sekitar pukul 09.30 WIB pagi. Mantan walikota Surakarta itu kemudian memasuki area pasar dan disambut oleh kerumunan warga. Jokowi sempat mengunjungi beberapa penjual hingga berhenti di depan seorang penjual tikus bakar.

Pasar Tomohon terletak di Kota Tomohon yang dapat ditempuh sekitar 1 jam dari kota Manado. Pasar yang terletak di antara Gunung Mahawu dan Gunung Lokon itu dikenal dengan kuliner ekstrem. Seperti daging anjing, tikus, kelelawar, ular, dan kucing. Pasar ini menjadi lokasi pertama yang Jokowi kunjungi dalam safari politiknya di Sulawesi Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini