Sukses

Wamendikbud: UN SMP Sudah Siap

Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) 2014 akan dimulai pada Senin 5 Mei hingga Kamis 8 Mei.

Liputan6.com, Jakarta - Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) 2014 akan dimulai pada Senin 5 Mei hingga Kamis 8 Mei. Untuk melihat kesiapan soal ujian, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim melakukan kunjungan ke SMP 45 Cengkareng, Jakarta.

"Jadi kita hari ini ingin melihat kesiapan soal. Yang penting bahwa soal UN besok sudah sampai di tingkat rayon, di Jakarta Barat ini ada 4 subrayon, ada 100 lebih sekolah. UN SMP sudah siap," ujar Musliar di Jakarta, Minggu (4/5/2014).

Musliar menegaskan, soal UN SMP sudah siap didistribusikan. Mulai Senin subuh, semua kepala sekolah dapat mengambil soal di perwakilan sekolah yang menjadi tempat penyimpanan soal.

"Itu sudah bisa diambil mulai jam 4 pagi untuk dibawa ke sekolah masing-masing. Saya juga baru dari Lampung dan di sana sudah siap," imbuhnya.

Selain itu, pihak Kemdikbud juga telah menyiapkan soal ujian untuk para pelajar disabilitas. Musliar mengaku optimistis segala proses dan jalannya pelaksanaan UN selama 3 hari akan berlangsung lancar tanpa disertai polemik.

"Kita sudah siap untuk (soal) low vision dan braile yang betul-betul tunanetra," terang Musliar.

Adapun pelaksanaan ujian nasional untuk tingkat SMP, MTs, dan SMPLB akan dilaksanakan serentak secara nasional pada 5 sampai 8 Mei 2014. Mata pelajaran yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Soal UN SMP pun berbeda-beda sebanyak 20 jenis soal sehingga meminimalisasi mencontek saat ujian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.