Sukses

Wapres Megawati Melantik Lima Dubes RI

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Abdurrahman Wahid dan Wakil Presiden Megawati Sukarnoputri menghadiri upacara pelantikan lima orang duta besar RI untuk negara sahabat di Istana Negara, Senin (18/6). Pengambilan sumpah para kelima Dubes itu dilakukan Wapres Megawati.

Upacara pelantikan duta besar itu juga dihadiri oleh sejumlah menteri seperti Menteri Koordinator Politik, Sosial, dan Keamanan Agum Gumelar, Menteri Luar Negeri Alwi Shihab, Menko Perekonomian Burhanuddin Abdullah, dan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Billy Judono. Usai Wapres mengambil sumpah, Presiden Wahid menyampaikan amanat kepada para duta besar. Presiden mengharapkan agar para Dubes terus melakukan peningkatan hubungan luar negeri dengan negara-negara tempat mereka bertugas.

Kelima Dubes yang dilantik itu didasari Keputusan Presiden Nomor 166 Tahun 2001, Keppres 167/2001, dan Keppres 168/2001. Mereka adalah Rahardjo Jamtomo sebagai Dubes RI untuk negara Republik Federal Jerman dan M Indro Yudono, Dubes RI untuk negara Konfederasi Swiss merangkap negara Keharyapatihan Liechtenstein. Selain itu, Remy Romauli Siahaan dilantik menjadi Dubes RI untuk Republik Ukraina merangkap Georgia dan Armenia dan Mansjur Maddolangeng, Dubes RI untuk Republik Rakyat Bangladesh serta Sulaiman Abdulmanan sebagai Dubes RI untuk Kerajaan Belgia.(PIN/Mahmud dan Yosep HL)