Sukses

Syekh Yusuf Qardhawi Bertemu SBY

Masyarakat Indonesia kedatangan ulama kharismatik Syekh Yusuf Qardhawi. Dalam kunjungan ke Indonesia atas undangan Presiden SBY ini Qardhawi akan menggelar sejumlah pertemuan.

Liputan6.com, Jakarta: Ulama internasional asal Qatar Syekh Yusuf Qardhawi, Selasa (9/1), bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan pimpinan MPR. Dalam kesempatan ini ulama yang pemikirannya dikenal moderat itu memuji keberhasilan Indonesia sebagai negara muslim terbesar dalam menerapkan demokrasi.

Ulama besar yang berkedudukan di Doha, Qatar ini dikenal sangat moderat dan tegas dalam pendiriannya. Banyak buku telah ditulisnya yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia seperti Fiqih Kontemporer yang terkenal di kalangan ahli fiqih.

Qardhawi yang kini berusia 81 tahun datang ke Indonesia atas undangan Presiden Yudhoyono. Sebelumnya, pada April tahun lalu Yudhoyono menemui Qardhawi di Qatar dalam kunjungan kenegaraan di Timur Tengah.

Qardhawi juga mengungkapkan keprihatinannya atas musibah yang menimpa Indonesia. Ia mengatakan muslim adalah satu. Jika tubuh muslim Indonesia sakit seluruh muslim di dunia juga merasakan kepedihannya.

Qardhawi juga sempat bertemu dengan pimpinan MPR Hidayat Nurwahid dan Aksa Mahmud. Dalam kesempatan ini Qardhawi mengaku kagum atas keberhasilan Indonesia melaksanakan prinsip demokrasi sekaligus pluralitas. Ini adalah bukti bahwa Islam bisa berdampingan dengan nilai-nilai demokrasi mengingat Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia.

Pemikiran Qardhawi di bidang fiqih dan hukum Islam banyak mempengaruhi pemikiran ulama Indonesia. Buku-buku Qardhawi banyak dibaca kalangan ulama dan masyarakt Islam di Indonesia.(YYT/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.