Sukses

Proses Pembelajaran <i>Liputan 6</i>

Liputan6.com, Jakarta: Berita-berita yang terangkum dalam Liputan 6 saat ini seakan dipersiapkan untuk menjadi saksi sejarah. Sebab, Liputan 6 muncul, mewarnai dunia pertelevisian Indonesia menjelang berlangsungnya proses peralihan dari era Orde Baru ke era Reformasi. Pemberitaan di dalamnya pun mampu menggebrak khalayak pemirsa dengan berita-beritanya yang dikenal lugas dan berani.

Kebangkitan Liputan 6 berawal berbarengan dengan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 1996. Berangkat dari sinilah Liputan 6 diharapkan mampu menjadi pelopor kebangkitan jurnalisme televisi di Tanah Air.

Di usianya yang masih muda, Liputan 6 sempat dihadapkan pada proses pergantian kekuasaan, yakni di era pengunduran diri Presiden Soeharto pada 1998. Sejalan dengan semangat Aktual, Tajam, Terpercaya, Liputan 6 berada di barisan depan memberitakan sejumlah peristiwa bersejarah.

Sepuluh tahun berlalu. Sudah banyak peristiwa tragis terjadi di Tanah Air dilaporkan Liputan 6. Mulai dari kerusuhan bernuansa politik dan ras, suku dan agama (SARA). Begitu pun kasus-kasus terorisme, kekerasan, kelaparan, dan bencana alam. Membutuhkan sebuah pengorbanan dalam pengerjaan dan peliputan berita di lapangan.

Salah satu peristiwa menyedihkan terjadi ketika dua reporter SCTV yakni Ferdinandus Sius alias Max dan Yance Iskandar meninggal. Keduanya menjadi korban sewaktu meliput kabut asap yang melanda Sumatra dan Kalimantan pada 1997.

Tak ingin larut dalam kesedihan, liputan demi liputan tetap berjalan meski mengancam keselamatan nyawa. Masih banyak tantangan yang harus dihadapi Liputan 6 di tengah persaingan dengan dunia televisi lain.

Sejalan dengan semangat Aktual Tajam, dan Terpercaya, para pengelola Liputan 6 datang dan pergi silih berganti. Liputan 6 tak ubahnya bagaikan sekolah jurnalisme televisi ketika tak sedikit sumber daya manusianya pindah ke stasiun lain. Di tempat barunya itu, tak sedikit mereka menduduki berbagai posisi yang strategis. Liputan 6 akan terus menjumpai pemirsa dengan liputan Aktual, Tajam, dan Terpercaya.(AIS/Tim Liputan 6 SCTV)