Sukses

Pengusaha Bensin Biru Memprotes Penghentian BB2L

Para pengusaha bensin biru merasa tertipu dan dibohongi Pertamina yang menghentikan produksi BB2L. Mereka terancam rugi ratusan juta rupiah karena telah membangun ratusan pompa bensin.

Liputan6.com, Yogyakarta: Ratusan pengusaha pompa bensin mini dan pengecer bahan bakar minyak di Jawa Tengah dan Yogyakarta, memprotes keras rencana Pertamina menghentikan produksi bensin biru dua langkah. Bila ini dihentikan, para pengusaha akan rugi ratusan juta rupiah. Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Pusat Gabungan Pengusaha Kecil Minyak dan Gas Karlana di Yogyakarta, baru-baru ini.

Menurut Karlana, ratusan pengusaha bensin biru dan pengecer tersebut kini sedang resah. Pasalnya, Pertamina telah menghentikan produksi bensin biru secara bertahap dari Maret 2001 hingga awal tahun 2002 mendatang. Para pengusaha memprotes sikap Pertamina yang menyuruh berusaha, tetapi setelah dibuka dan modal belum kembali, usaha bensin biru malah ditutup.

Menurut Karlana, saat ini jumlah pengusaha bensin biru dan pengecer di Jateng dan Yogyakarta mencapai 400 orang. Perkembangan usaha itu cukup pesat, hingga mencapai 20 persen per tahun. Bensin biru laut memang dikenal ramah lingkungan dan mempunyai prospek ekonomi yang baik.(ORS/Wiwik Susilo dan Mardianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini