Sukses

Imbas Pernikahan Mewah Anant Ambani dan Radhika Merchant, Harga Kamar Hotel Bintang 5 di Mumbai Naik Sampai 7 Kali Lipat

Pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant digelar pada Jumat, 12 Juli 2024. Tapi, prosesinya akan berlangsung hingga Minggu, 14 Juli 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian pernikahan putra bungsu miliarder India Mukesh Ambani, Anant Ambani dan Radhika Merchant, berdampak signifikan pada tingkat hunian dan harga kamar hotel di Mumbai. Pernikahan Anant dan Radhika akan digelar pada 12 Juli di Jio World Convention Center, Kompleks Bandra Kurla (BKC), Mumbai.

BKC merupakan pusat real estat kelas atas. Meski belum ada konfirmasi resmi terkait tempat menginap para tamu, okupansi kamar di dua hotel utama di BKC dilaporkan sudah 'terjual habis', menurut situs we agen perjalanan daring. 

Salah satu hotel menawarkan kamar seharga 91.350 rupee atau sekitar Rp17,8 juta per malam pada Minggu, 14 Juli 2024. Harga itu naik lebih dari tujuh kali lipat dari harga biasanya, yakni 13 ribu rupee atau sekitar Rp2,5 juta per malam.

Mengutip Hindustan Times, Selasa (9/7/2024), tarif kamar Trident BKC, di situs pemesanan perjalanan, mencapai 10.250 rupee atau hampir Rp2 juta per malam ditambah pajak pada 9 Juli 2024 dan 16.750 rupee (sekitar Rp3,3 juta) plus pajak pada 15 Juli 2024 dan 13.750 rupee (sekitar Rp2,7 juta) plus pajak pada 16 Juli 2024. Situs web hotel menunjukkan bahwa kamar telah 'terpesan habis' pada 10--14 Juli 2024 yang merupakan waktu puncak rangkaian pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant.

Situs web perjalanan menunjukkan tarif kamar hotel di Sofitel, BKC, sebesar 13.000 rupee ditambah pajak pada 9 Juli, 30.150 rupee pada 12 Juli, dan 40.590 rupee pada 13 Juli, 91.350 rupee pada 14 Juli, 16.560 rupee per malam pada 15 Juli, dan 13.680 rupee pada 16 Juli 2024. Meski begitu, ketersediaan kamar pada 10--11 Juli 2024 di hotel tersebut sudah habis.

Para tamu masih bisa memesan kamar di hotel bintang lima lainnya. Grand Hyatt, Taj Santacruz, Taj Bandra, dan St Regis disebutkan masih tersedia pada tanggal tersebut di atas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rangkaian Prosesi Pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant

Dilaporkan bahwa setelah upacara pernikahan digelar pada Jumat, 12 Juli 2024, keluarga itu akan melanjutkan perayaan pada Sabtu, 13 Juli 2024. Mereka akan menggelar Shubh Aashirwad, yakni menerima pemberkatan ilahi dari pemuka agama Hindu. Pada hari terakhir, yakni Minggu, 14 Juli 2024, rangkaian pernikahan diakhiri dengan melaksanakan Mangal Utsav atau resepsi.

Keluarga Ambani telah menyebarkan undangan ke sejumlah figur VVIP. Di antaranya adalah pemimpin oposisi India Rahul Gandhi dan ibunya, Sonia Gandhi. Menurut laporan PTI, Mukesh telah mengunjungi kediaman mantan presiden Kongres Sonia Gandhi pada Kamis, 4 Juli 2024. Tujuan utama kunjungan tersebut diharapkan menyampaikan undangan pada keluarga Gandhi untuk menghadiri pernikahan putranya.

Sebelumnya, ia telah menyampaikan undangan pernikahan pada Ketua Menteri Maharashtra Eknath Shinde. Superstar Bollywood, seperti Shah Rukh Khan, Salman Khan, Aamir Khan, Akshay Kumar, Ranveer Singh, Ranbir Kapoor, Alia Bhatt, Deepika Padukone, dan Katrina Kaif juga diprediksi hadir.

Nama-nama tenar lainnya, seperti Kareena Kapoor Khan, Karan Johar, Janhvi Kapoor, Karisma Kapoor, Sara Ali Khan, Ibrahim Ali Khan, Orry, dan Ananya Pandey pun diduga akan jadi tamu undangan acara pernikahan Ananat dan Radhika. Sementara, perwakilan tamu Barat belum diketahui.

3 dari 4 halaman

Penyekatan Jalan Utama Menuju Lokasi Pernikahan

Kepolisian Lalu Lintas Mumbai sebelumnya mengumumkan akan menutup dan membatasi sejumlah ruas jalan selama empat hari, pada 12--15 Juli 2024. Kebijakan diambil untuk memastikan kelancaran lalu lintas selama pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant digelar.

Beberapa jalan yang mengarah ke Jio World Convention Centre akan dibatasi aksesnya antara pukul 1 siang hingga tengah malam selama empat hari. Keputusan itu menuai kemarahan warga lewat media sosial.

Beberapa pengguna X di kolom komentar mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap pembatasan lalu lintas. Mereka mengatakan keputusan itu akan merepotkan masyarakat untuk acara pribadi. Reaksi terhadap pengumuman blokade jalan itu sangat negatif.

"Pernikahan privat bukan acara publik," komentar sejumlah pengguna media sosial di kolom komentar Kepolisian Lalu Lintas Mumbai di India, tak lama setelah pengumuman disampaikan, dikutip dari Hindustan Times, Sabtu, 6 Juli 2024.

"Kapan acara pribadi seorang industrialis menjadi acara publik? Apakah setiap warga Mumbai diundang ke acara ini atau hanya beberapa orang terpilih? Daripada membuat masyarakat umum merasa tidak nyaman, penyelenggara seharusnya diberitahu untuk menjadwal ulang acara ini ke sore hari, mungkin menjelang malam," tulis salah satu pengguna X.

4 dari 4 halaman

Kantor Sekitar Lokasi Pernikahan Kemungkinan Ditutup

Selain lalu-lintas, pernikahan tersebut diyakini akan memengaruhi operasional kantor yang berada di BKC. Seorang pegawai senior yang bekerja di BKC mengatakan, "Umumnya jika ada gangguan besar atau pengalihan akibat pengalihan lalu lintas, pegawai disarankan untuk bekerja dari rumah. Namun, hingga kini belum ada imbauan seperti itu yang dikeluarkan."

Ia menyebut karena acara utama diadakan pada 12 Juli 2024 yang jatuh pada Jumat, kemungkinan kantor tak mengeluarkan imbauan resmi karena banyak pegawai lebih memilih bekerja dari rumah. "Namun ada kemungkinan bahwa masing-masing kantor akan mengeluarkan imbauan pada tanggal 8 atau 9 Juli," ujarnya.

Terdapat beberapa ruang kantor Grade A yang berlokasi di BKC yaitu One BKC dan The Capital dan kawasan tersebut menampung perusahaan-perusahaan seperti Bank of Baroda, Indian Oil, Godrej BKC, State Bank of India, Diamond Bourse, Reserve Bank of India, National Stock Exchange, WeWork antara lain. BKC adalah salah satu kawasan kompleks komersial termahal yang memiliki beberapa kantor nasional dan multinasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini