Sukses

Gaya Rambut Rihanna Berubah Drastis Jadi Cepak, Ternyata karena Rontok Parah Usai Melahirkan

Gaya rambut pirang dalam tatanan ikal ini disebut penampilan Rihanna yang langka. Ia biasanya memperlihatkan rambut hitam panjang yang umum ditata dalam kuncir kuda tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Rihanna blak-blakan tentang masalah rambut rontok pascamelahirkan yang dialaminya. Dalam percakapan dengan Refinery29 di pesta peluncuran Fenty Hair di Los Angeles, Senin 10 Juni 2024, penyanyi itu bercerita tentang bagaimana ia belajar mengatasi rambut rontok setelah melahirkan dua anaknya.

"Saya tidak menyangka hal ini akan terjadi secara bergelombang. Saya pikir, itu (kerontokan rambut) akan terjadi begitu saja dan tumbuh kembali," kata pemenang Grammy berusia 36 tahun itu, rangkum People, dikutip Sabtu (15/6/2024).

Pelantun lagu Umbrella itu menambahkan bahwa efek sampingnya "tidak ada dalam pamflet" pascakehamilan, merujuk pada kerontokan rambut. "Saat itu, Anda merasa, oke sudah cukup," imbuhnya.

Ia kemudian belajar cara mengatasi kerontokan rambut dengan "lebih kreatif dan pintar," dengan mengubah gaya rambutnya. Mahkota Rihanna bertransformasi dari kuncir kuda tinggi jadi potongan hampir cepak dalam warna pirang.

Rihanna melepaskan tatanan familiarnya, memperlihatkan tekstur rambut alaminya yang langka. Ia tampil dengan rambut ikal di depan umum awal pekan ini saat mempromosikan Fenty Hair.

Kini, Rihanna mendorong orang lain untuk mencintai dan mengekspresikan diri melalui rambut dengan rangkaian baru sampo, kondisioner, dan produk rambut lainnya dari Fenty Beauty. Fenty Hair resmi diluncurkan pada Kamis, 13 Juni 2024, tidak lama setelah Rihanna mengguncang internet dengan pengumuman merek tersebut, awal bulan ini.

Dalam pidatonya saat acara peluncuran, sang maestro kecantikan mengungkap bahwa menciptakan lini perawatan rambutnya ternyata "lebih menegangkan" daripada yang ia perkirakan. Rangkaiannya, menurut kekasih A$AP Rocky ini, diformulasikan selama lebih dari empat tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rihanna Sebut Rambutnya Mengalami Banyak Perubahan

Rihanna berbagi, "Mempertimbangkan semua jenis rambut, mengingat semua merek yang saya cintai sepanjang hidup saya, saya berpikir, 'Jika tidak lebih baik dari yang ini, itu tidak akan berhasil.'"

Seiring waktu, ia bekerja dengan tekun untuk menciptakan produk yang tidak hanya menarik bagi komunitas kecantikan pada umumnya, namun juga dapat langsung diaplikasikan ke dalam rutinitas rambutnya. Khasiatnya ia buktikan sendiri.

"Berkembang sebagai seorang perempuan, bahkan sebagai seorang seniman, rambut telah jadi bagian besar dari hal itu dan merupakan cerminan dari apapun yang saya rasakan," katanya. "Jadi banyak perubahan, rambut saya mengalami banyak perubahan."

"Dalam membuat merek ini, saya harus mempertimbangkan semua hal itu. Saya ingin terlihat bersinar, tapi ingin rambut saya juga sehat. Bagaimana saya melakukan itu? Semua produk saya perlu diperkuat dan diperbaiki, sementara saya tampil luar biasa," Rihanna menambahkan.

Kendati demikian, menurut WebMD, meningkatnya kerontokan rambut setelah melahirkan bukanlah tanda bahwa Anda kehilangan rambut secara permanen. Rambut Anda akan kembali ke pola pertumbuhan biasanya seiring waktu.

3 dari 4 halaman

Apakah Kerontokan Rambut Setelah Melahirkan Bisa Dicegah?

Saat bayi berusia satu tahun, Anda mungkin bisa mengharapkan rambut Anda sudah penuh seperti biasanya di bagian akar. Namun, rambut baru yang tumbuh akan lebih pendek dibandingkan rambut lain di kepala Anda.

Jika rambut Anda terus menipis atau sepertinya tidak tumbuh kembali, Anda bisa mendiskusikannya dengan dokter. Anda mungkin mempunyai masalah kesehatan lain yang menyebabkan rambut rontok, seperti anemia atau kondisi tiroid.

Anda tidak dapat mencegah kerontokan rambut pascamelahirkan. Ini adalah bagian normal dari pemulihan kehamilan. Tidak ada perawatan untuk menghentikan telogen effluvium atau mempercepat pertumbuhan rambut baru.

Dokter menganjurkan makan makanan yang sehat dan seimbang. Ini dapat membantu rambut tumbuh setelah fase kerontokan berakhir..

Anda mungkin tidak menyukai tampilan rambut Anda selama fase kerontokan dan pertumbuhan kembali. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan produk atau teknik penataan rambut untuk memperbaiki penampilan rambut Anda. Cobalah kondisioner ringan agar rambut tidak terlihat lepek.

4 dari 4 halaman

Ada Berapa Fase Pertumbuhan Rambut?

Produk penambah volume dapat membuat rambut Anda tampak lebih penuh. Potongan segar atau warna baru juga dapat memperbaiki penampilan rambut Anda. Penata gaya Anda mungkin bisa menyarankan tip penataan yang bisa membantu.

Dijelaskan bahwa rambut melewati beberapa fase pertumbuhan. Fase pertama, disebut juga fase anagen, di mana rambut secara aktif bertambah panjang. Fase kedua disebut fase katagen, atau fase transisi, yang memperlihatkan pertumbuhan rambut melambat dan folikel rambut jadi lebih kecil.

Fase ketiga adalah fase telogen, atau fase istirahat, di mana rambut tidak tumbuh lagi. Setelah tahap istirahat, setiap helai rambut akhirnya rontok. Rambut baru kemudian mulai tumbuh menggantikan rambut yang rontok.

Rambut biasanya berada dalam fase anagen selama dua sampai empat tahun. Anda dapat memperkirakan bahwa 85 persen hingga 90 persen rambut Anda berada dalam fase ini pada waktu tertentu. Setelah rambut Anda memasuki fase telogen, Anda bisa memperkirakan panjangnya akan tetap sama selama dua hingga empat bulan.

Setelah itu, rambut rontok. Selama siklus pertumbuhan rambut normal Anda, sekitar 100 rambut rontok secara alami setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini