Sukses

Bella Hadid Pakai Gaun Bermotif Keffiyeh di Festival Film Cannes 2024, Suarakan Kemerdekaan Palestina

Gaun bermotif keffiyeh yang dikenakan Bella Hadid di Festival Film Cannes 2024 merupakan koleksi vintage dari Michael and Hushi.

Liputan6.com, Jakarta - Bella Hadid kembali menegaskan dukungan untuk Palestina. Ia kedapatan memakai gaun bermotif keffiyeh, penutup kepala khas Arab yang juga jadi salah satu simbol perjuangan kampung halaman ayahnya.

Bella mengenakan gaun merah muda dengan motif rok bergaris putih yang merupakan koleksi vintage dari Michael and Hushi, menurut PageSix dilansir Jumat (24/5/2024). Adik Gigi Hadid itu mengenakan gaun tersebut di Festival Film Cannes 2024.

Desain gaun itu diyakini memiliki beberapa simbol terkait Palestina, seperti Laut Mediterania, rute perdagangan, dan daun buah zaitun yang kerap diasosiasikan dengan negara yang sedang digempur Israel itu. Bella sempat berbagi unggahan terkait gaun tersebut di Instagram Story-nya, Kamis, 23 Mei 2024.

Melalui gaun, yang disebut Bella berasal dari kolesi tahun 2001, model itu menyuarakan "bebaskan Palestina untuk selamanya." Di Cannes, gaun itu dipadankan Bella dengan sepatu slip-on warna merah dari Gucci, ikat rambut putih, kacamata hitam, dan sepasang anting emas.

Bella sudah beberapa kali menunjukkan dukungan pada Palestin. Bertepatan dengan momen Hari Valentine, misalnya, 14 Februari 2024, ia membagikan unggahan di Instagram-nya, memperlihatkan gambar hati merah muda bertuliskan, "Maukah Anda Bebaskan Palestina Saya?" dalam bahasa Inggris.

Di keterangan unggahannya, Bella menambahkan, "Every year. #freepalestine #ceasfireNOW #freeGaza #rafah." Pada 26 Oktober 2023, ia perdana berbicara secara terbuka tentang perang di Gaza, lapor Daily Mail. Ia mengatakan bahwa ada krisis kemanusiaan mendesak di Gaza yang harus segera ditangani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bella Hadid Dikirimi Ratusan Ancaman Pembunuhan

Di unggahan Instagram-nya, pemilik nama lengkap Isabella Khairiah Hadid ini menyerukan tekanan terhadap para pemimpin politik untuk "berdiri bersama dalam membela kemanusiaan dan kasih sayang." Ia berbicara tentang masalah sensitif ini lebih dari dua minggu setelah Gigi berbicara secara terbuka tentang genosida di Palestina.

"Saya belum menemukan kata-kata yang tepat untuk dua minggu terakhir yang sangat rumit dan mengerikan ini, minggu-minggu yang telah mengalihkan perhatian dunia kembali ke situasi yang telah merenggut nyawa (orang) tidak berdosa dan berdampak pada banyak keluarga selama beberapa dekade," kata Bella.

Model berdarah Palestina itu melanjutkan, "Banyak yang ingin saya katakan, tapi untuk hari ini, saya akan menyampaikannya secara singkat. Saya telah dikirimi ratusan ancaman pembunuhan setiap hari, nomor telepon saya bocor, dan keluarga saya merasa dalam bahaya."

"Tapi, saya tidak bisa dibungkam lagi. Ketakutan bukanlah suatu pilihan. Rakyat dan anak-anak Palestina, khususnya di Gaza, membuat kita tidak bisa berdiam," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Konsisten Dukung Palestina

Bella Hadid menyambung, "Melihat akibat dari serangan udara di Gaza, saya berduka bersama semua ibu yang kehilangan anak-anak dan anak-anak yang menangis sendirian, semua ayah, saudara laki-laki, saudara perempuan, paman, bibi, teman-teman yang hilang, yang tidak akan pernah lagi berjalan di muka Bumi ini."

"Terlepas dari sejarah negara ini, saya mengutuk serangan teroris terhadap warga sipil, di mana pun. Menyakiti perempuan dan anak-anak serta melakukan teror tidak akan memberikan manfaat apa pun bagi gerakan Free Palestina," katanya lagi.

Pada Mei 2021, Bella menyuarakan dukungan terhadap Palestina yang saat itu juga tengah menghadapi agresi Israel. Model kelahiran Washington, Amerka Serikat itu ikut turun ke jalan dalam demonstrasi di New York yang menyuarakan kemerdekaan Palestina.

Di unggahan Instagram yang dibagikan pada 16 Mei 2021, Bella tampak mengenakan masker dan pakaian kasual saat berbaur dengan massa. Istimewanya, ia juga memakai keffiyeh sebagai simbol solidaritasnya.

4 dari 4 halaman

Bella Hadid di Cannes 2024

Di sejumlah foto dan video singkat yang dibagikan, Bella Hadid tampak ikut berjalan bersama para pendemo, mengibarkan bendera Palestina, dan berteriak, "Free Palestine!"  Ia juga memberi semangat pada pendemo lain, dan mengabadikan sejumlah momen kala itu.

"Perasaan dalam hatiku...Bisa bersama dengan banyak orang Palestina yang cantik, pintar, penuh hormat dan rasa sayang, serta baik dan murah hati di satu tempat....hatiku terasa penuh! Kami ada kelompok langka!!" tulisnya di kolom keterangan.

Sebelum gaun keffiyeh, penampilan Bella sudah lebih dulu menarik perhatian saat berjalan di karpet merah Festival Film Cannes 2024. Mengutip Harper's Bazaar, 21 Mei 2024, ia mengenakan gaun midi transparan berwarna cokelat karya Saint Laurent.

Dengan atasan mesh super tipis dan tanpa bra, area dadanya terlihat jelas. Model berusia 27 tahun itu memadukan gaun tembus pandangnya dengan sepatu dan riasan berwarna cokelat serasi, membuat penampilannya kian memesona.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.