Sukses

Apakah Boleh Memotong Rambut Saat Haid? Ini Dia Jawabannya dari Segi Medis

Apakah boleh memotong rambut saat haid jika dilihat dari segi ilmu medis? Daripada penasaran, yuk baca informasi berikut ini untuk temukan jawabannya.

Liputan6.com, Jakarta Apakah boleh memotong rambut saat haid? Mungkin ini jadi salah satu hal yang sering dipertanyakan oleh banyak perempuan. Bukannya tanpa alasan mereka merasa dilema dan mempertanyakan masalah potong rambut saat haid boleh atau tidak. Sebab, terdapat mitos memotong rambut yang beredar di tengah masyarakat dan sayangnya banyak yang mempercayainya.

Dalam mitos tersebut dikatakan bahwa memotong rambut di kala sedang haid adalah sesuatu dilarang. Alasannya, dalam kondisi sedang haid, orang tersebut tidak dalam keadaan suci. Sehingga, bagian tubuh seperti rambut juga tak akan suci bila dipotong saat momen tersebut. 

Hukum memotong rambut dalam kondisi ini memang sering banget dikaitkan dengan keagamaan. Padahal, dalam agama apapun itu, memotong rambut saat sedang haid bukanlah sesuatu yang dilarang. Sebab, memotong rambut sendiri merupakan bagian dari membersihkan diri dan dalam ilmu agama, kebersihan itu adalah sebagian dari iman. 

Tapi, terlepas dari ilmu agama, apakah boleh memotong rambut saat haid jika dilihat dari segi medis? Daripada penasaran, yuk baca informasi berikut ini untuk temukan jawabannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apakah Boleh Memotong Rambut Saat Haid?

Mengenai perihal apakah boleh memotong rambut saat haid, sebenarnya tidak ada larangannya. Mitos memotong rambut itu sendiri juga hanya sebatas omongan yang belum terbukti secara ilmiah. Jadi, potong rambut saat haid boleh atau tidak itu kembali lagi kepada diri kamu. 

Jika dilihat dari segi medis pun, hukum memotong rambut saat menstruasi juga sah-sah saja. Karena memang tidak ada pengaruhnya pada kesehatan tubuh pada saat memotong rambut selama atau di luar masa haid. Hanya saja, mungkin ada beberapa alasan kenapa tidak boleh potong rambut saat haid. Di antaranya seperti tidak memiliki peralatan pangkas rambut yang memadai hingga kondisi badan yang kurang fit.

Kesimpulannya, potong rambut saat haid boleh atau tidak, ya tentu saja boleh. Sebab, memang tidak ada alasan spesifik kenapa tidak boleh potong rambut saat haid. Dengan catatan, kamu wajib melakukan kegiatan potong rambut tersebut dengan bersih dan aman. Perhatikan penggunaan alat-alat pangkas rambut, seperti gunting dan alat pencukur rambut, agar kamu tidak terluka di tengah prosesnya.

3 dari 3 halaman

Ketahui Cara Merawat Rambut Saat Sedang Haid

Potong rambut saat haid boleh atau tidak itu merupakan keputusan yang bisa kamu ambil sendiri. Tak perlu diperdebatkan lagi soal mitos kenapa tidak boleh potong rambut saat haid, karena jawabannya sudah jelas. Nah, jika kamu sudah mengetahui dan paham akan jawaban dari pertanyaan apakah boleh memotong rambut saat haid, kini waktunya kamu merawat rambut dengan tips yang tepat dan mudah. Apa saja, ya?

1. Rajin Membersihkan Rambut dan Kulit Kepala dengan Shampo

Selain mitos memotong rambut, ada pula informasi simpang siur tentang apakah boleh keramas saat haid atau tidak. Perlu kamu ketahui bahwa baik mitos memotong rambut dan pantangan keramas saat menstruasi itu sama-sama merupakan hal yang belum teruji secara ilmiah kebenarannya. Sehingga, kamu tidak perlu mempercayai hal tersebut sepenuhnya.

Akan tetapi, kalau soal merawat rambut saat haid tentu saja wajib hukumnya. Pasalnya, mencuci rambut dapat membantu menjaga kepala kamu tetap bersih, terutama dalam menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala selama haid. Manfaat keramas saat haid lainnya adalah merelaksasi pikiran dan mengurangi level stress yang dipunya. 

Menstruasi biasanya sering disertai dengan ketidaknyamanan fisik seperti kram perut, sakit kepala, dan kelelahan. Namun, proses keramas yang dilakukan dengan air hangat, nyatanya dapat memberikan efek relaksasi yang signifikan. Pijatan lembut saat keramas pun juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, memberikan efek menenangkan yang membantu mengurangi stres dan ketegangan. Gimana, bagus banget bukan manfaat keramas saat haid?

2. Gunakan Kondisioner yang Menutrisi dan Melindungi

Tips merawat rambut saat haid selanjutnya yaitu rajin menggunakan kondisioner yang menutrisi dan melindungi. Tahukah kamu bahwa kondisioner dapat membantu menjaga kelembutan dan kelembaban rambut, lho. 

Dengan penggunaan haircare ini, kamu bisa mendapatkan rambut yang berkilau dan indah. Sebab, bahan-bahan aktif dalam kondisioner, seperti minyak alami dan ekstrak tumbuhan memiliki khasiat untuk menjaga kilau alami rambut dan membuatnya tampak lebih sehat.

Untuk pemakaian kondisioner, kamu bisa mencari yang cocok untuk jenis rambut dan aplikasikan secara merata dari tengah hingga ujung rambut. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya untuk hasil yang optimal. Penggunaan produk ini biasanya dilakukan setelah selesai keramas. Pemakaian kondisioner yang rutin dijamin akan sangat bagus bagi keindahan dan kesehatan rambutmu.

3. Pakai Masker Rambut Sehabis Keramas

Merawat rambut saat haid bisa pula dilakukan dengan pemakaian masker rambut. Masker rambut sendiri dirancang untuk memberikan kelembapan mendalam yang tidak bisa dicapai oleh kondisioner biasa. Bahan-bahan seperti minyak argan, minyak kelapa, dan madu memiliki kemampuan untuk menutrisi rambut dari dalam, memperbaiki kerusakan, dan mengembalikan kelembutan alami rambut. 

Penggunaan masker rambut secara teratur juga bisa membantu mencegah kekeringan dan kerapuhan, terutama bagi mereka yang sering menggunakan alat pemanas seperti pengering rambut atau catokan. Di lain sisi, produk hair care ini juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kilau alami dan kesehatan rambut. 

Beberapa produk masker rambut nyatanya telah dilengkapi dengan bahan-bahan alami seperti alpukat, lidah buaya, dan yogurt mengandung vitamin dan mineral. Ragam bahan tersebut dinilai sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. 

4. Aplikasikan Vitamin Rambut

Salah satu hal penting dalam merawat rambut saat haid yaitu mengaplikasikan vitamin rambut. Buat kamu ketahui bahwa penggunaan vitamin rambut sendiri mampu menawarkan berbagai manfaat yang signifikan, mulai dari meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut, mempercepat pertumbuhannya, hingga mengatasi masalah rambut dan kulit kepala. 

Dengan memilih suplemen vitamin rambut yang tepat atau produk perawatan rambut yang diperkaya dengan vitamin, kamu pastinya dapat mencapai rambut yang lebih sehat, kuat, dan indah. Sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambut, vitamin rambut pun juga dapat menjadi investasi penting untuk jangka panjang. Jangan lupa diterapkan, ya!

5. Perhatikan Pola Makan yang Benar

Di luar dari mitos memotong rambut saat datang bulan yang belum ada kebenaran pastinya, kamu tetap harus memprioritaskan kebersihan kepala dengan cermat. Nah, salah satu tips merawat rambut saat haid yang selanjutnya bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan pola makan yang benar. 

Memakai ragam produk hair care pilihan yang tepat memang salah satu langkah penting dalam merawat rambut saat haid. Tetapi, jangan lupa juga untuk melakukan perawatan dari dalam tubuh,ya. Misalnya saja dengan memilih makanan yang mampu memberikan nutrisi penting bagi rambut. 

Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, terutama yang mengandung zat besi, protein, dan omega-3. Nutrisi ini membantu menjaga kekuatan rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu, kamu juga bisa makan sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, dan buah-buahan segar yang berguna untuk meningkatkan kesehatan rambut.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Selain makan makanan yang bergizi, kamu pun perlu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar rambut tetap sehat dan kuat. Hidrasi yang baik penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk rambut. Oleh karenanya, minumlah cukup air setiap hari untuk menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala dari dalam.

Bagi orang dewasa, kamu bisa minum air putih sebanyak 4-5 gelas atau sekitar 2 liter sehari untuk mendapatkan manfaat baiknya. Akan tetapi, hal ini bisa disesuaikan lagi dengan berat badanmu dan rutinitas harian yang dilakukan. Orang-orang dengan berat badan yang lebih biasanya membutuhkan air putih yang lebih banyak. Begitu pula dengan orang-orang yang memiliki aktivitas berat, terutama di luar ruangan. 

7. Hindari Penggunaan Alat Pemanas Berlebih

Alih-alih memotong rambut, kamu seharusnya menghindari penggunaan alat pemanas atau styling rambut yang berlebihan di kala sedang menstruasi. Alat pemanas seperti pengering rambut, pelurus, dan pengeriting nyatanya justru dapat berkontribusi untuk membuat kerusakan pada rambut, terutama ketika hormon sedang tidak stabil. 

Itulah mengapa, penting sekali untuk mengurangi penggunaan alat-alat tersebut selama haid. Tips merawat rambut saat haid satu ini sangat esensial, apalagi buat kamu yang menginginkan rambut tetap terjaga keindahan dan kesehatannya. Namun, apabila terpaksa harus menggunakan berbagai alat pemanas tersebut, pastikanlah untuk mengaplikasikan produk pelindung panas sebelumnya.

8. Jaga Keseimbangan Hormon dengan Aktivitas Fisik

Cara merawat rambut saat haid yang berikutnya adalah dengan rajin melakukan aktivitas fisik. Sayangnya, banyak perempuan yang menyepelekan manfaat dari sering berolahraga saat sedang menstruasi. Alasannya pun beragam, mulai dari mood yang tidak baik hingga tubuh yang terasa lemas dan tak bertenaga. 

Faktanya, melakukan olahraga ringan dan aktivitas fisik lainnya justru dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi stres, lho. Dan fakta menariknya lagi karena stres ini adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Jika kamu memiliki level stress yang tinggi, maka semakin tidak sehat pula rambut yang dimiliki. Jadi, sering-seringlah menggerakan tubuh ya, tak ketinggalan saat sedang berhalangan. 

Adapun ragam aktivitas fisik yang bisa dicoba adalah seperti yoga, berjalan kaki, atau meditasi yang dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan kesehatan rambut selama menstruasi. Kalau misalnya terlalu sibuk dalam kehidupan nyata, kamu pun juga bisa melakukan aktivitas fisik lainnya seperti naik turun tangga dibandingkan menggunakan lift. Selain itu, minimalisir penggunaan transportasi umum, dan perbanyaklah jalan kaki ke tempat kerja atau sekolah. 

Well, itulah tadi serba-serbi fakta menarik seputar mitos memotong rambut saat sedang menstruasi. Ingat ya, memotong rambut saat sedang di fase ini bukanlah sesuatu yang dipantangkan. Hanya saja, keamanan dan kebersihan pada saat melakukan kegiatan ini harus jadi yang utama biar kamu nggak terluka atau mengalami kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya. 

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan perawatan yang maksimal buat rambut meski sedang mengalami haid sekalipun. Merawat rambut saat haid sangat dianjurkan agar rambut bisa tetap bersih, sehat, dan indah. Selalu ingat bahwa kesehatan rambut tidak hanya bergantung pada perawatan luar tetapi juga pada gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari. Tetaplah memperhatikan pola makan, kebersihan, dan keseimbangan hormon untuk hasil yang optimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.