Sukses

Serba-serbi Malam Grand Final Miss Mega Bintang Indonesia 2024, dari Isu Kekerasan Seksual hingga Aksi Limbad Bertanya

Grand Final Miss Mega Bintang Indonesia 2024 telah mengangkat finalis asal Sumatera Selatan, Nova Liana, sebagai pemenang.

Liputan6.com, Jakarta - Malam Grand Final Miss Mega Bintang Indonesia 2024 yang berlangsung semalam pada Minggu, 19 Mei 2024, telah memilih ratu baru. Nova Liana dari Sumatera Selatan 1 resmi mendapatkan Mahkota Gayatri dan didapuk sebagai Miss Mega Bintang 2024 menggantikan Ritassya Wellgreat yang memenangkan ajang ini pada 2023.

Acara yang dibagi menjadi tiga sesi tersebut juga diisi oleh sejumlah penampilan dan kegiatan yang menguji kemampuan para finalis. Selain kemegahan acara, ada beberapa momen-momen unik yang tak terlupakan dari acara yang berlangsung di Istora Senayan tersebut.

Salah satunya adalah momen QnA dengan enam finalis terpilih diberikan pertanyaan yang berbeda-beda tergantung penanya. Dengan sistem acak, finalis ada yang mendapatkan penanya unik mulai dari Atta Halilintar hingga Komeng.

Namun, penanya yang membuat semua orang kaget adalah Limbad. Tawana Sheldrick dari Kepulauan Riau 1 jadi finalis yang beruntung untuk ditanya langsung oleh Limbad. Limbad yang hadir secara virtual ternyata tetap saja menolak untuk berbicara dan malah mengirimkan pertanyaan via paket.

Tak main-main, pertanyaan berat dari Limbad dilontarkan kepada Tawana. Pertanyaannya adalah soal "Bagaimana mengajak perempuan Indonesia untuk tidak diam dalam kasus kekerasan seksual?"

Tawana langsung menjawab pertanyaan tersebut. Ia terdengar emosional ketika menjawabnya karena mengaku bahwa dirinya pun adalah seorang penyintas. Tawana mendukung perempuan-perempuan Indonesia untuk tidak diam dan bersuara atas kekerasan seksual yang menimpa diri mereka.

Gemuruh tepuk tangan dan sorakan mengakhiri momen menegangkan tersebut. Meski tidak menjadi pemenang, perempuan kelahiran 2001 itu menjadi salah satu finalis terfavorit, tampak dari jumlah fans yang datang ke venue acara semalam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penampilan Kejutan dari Lolly Unyu

Sebelum memasuki sesi yang paling ditunggu, yaitu sesi pemilihan Miss Mega Bintang 2024, penonton di venue dibuat senang dengan penampilan kejutan dari Lolly Unyu.  Perempuan mungil yang populer sebagai pembuat konten di sosial media sekaligus pemilik usaha "Lolly Cafe" tersebut naik ke atas panggung untuk menyanyikan lagu Agnes Monica berjudul "Matahariku".

Lagu yang sebelumnya pernah dinyanyikannya lewat media sosial dan viral ini sukses mengguncang panggung Miss Mega Bintang 2024. Perempuan bernama asli Lolly Ismaya tersebut sebelumnya diketahui adalah seorang aktris. Ia pernah bermain di beberapa sinetron seperti Om Jin & Jun, Aladdin, Di sini Ada Tuyul, dan Joko Tingkir.

Dengan suara yang melengking dan dandanan gaun malam mengembang warna kuning cerah, Lolly Unyu sukses menghibur para pageant lovers yang hadir di acara pada malam tersebut. Selain Lolly, panggung itu juga diisi penampilan penyanyi Kaleb J, Bennet A.K, dan DJ kenamaan Indonesia, Wingky Wiryawan. 

3 dari 4 halaman

Pemenang Kategori Lain

Selain pemenang utama, Miss Mega Bintang juga memberikan penghargaan dalam beberapa kategori spesial. Ada tiga jenis penghargaan spesial yang diberikan yaitu penghargaan khusus, penghargaan sponsor, dan penghargaan untuk Direktur Regional.

Dalam kategori penghargaan sponsor, Best Skin by Ensee Beauty yang dimenangkan oleh Shinta Ilmiyah dari Jawa Timur 5.  Sedangkan untuk penghargaan khusus, ada nominasi Best Culture Custome dimenangkan oleh Bella Fedora perwakilan DI Yogyakarta 1. Bella tampil mengenakan kostum ala pemain kuda lumping lengkap dengan pecutnya. Ada juga kategori untuk Best in Social Media diraih oleh Yonadyaprillia Nayomi dari Jawa Timur 6.

Penghargaan spesial lain adalah untuk Best Evening Gown yang diberikan kepada Nova Liana dari Sumatera  Selatan 1 sekaligus yang meraih Miss Mega Bintang 2024. Sedangkan, untuk Direktur Regional yang telah membantu pelaksanaan dari masing-masing provinsi, terpilih dua direktur regional dalam nominasi Best Regional Director.

Keduanya adalah daerah Jawa Barat dan daerah Kepulauan Riau. Nominasi tersebut dimenangkan oleh Jawa Barat atas nama Rizky Ananda Musa. 

4 dari 4 halaman

Nova Liana Resmi jadi Miss Mega Bintang 2024

Acara puncak kontes kecantikan yang diprakarsai oleh desainer ternama Indonesia, Ivan Gunawan, yaitu Miss Mega Bintang Indonesia baru saja digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 19 Mei 2024.  Nova Liana dari Sumatera Selatan 1 didapuk sebagai pemenang setelah penampilan memukaunya mulai dari sesi karantina hingga babak grand final,

"Congratulations to Nova Liana (@valdeznova), the winner of Miss Mega Bintang Indonesia and Miss Grand Indonesia 2024 from South Sumatra! See you at Miss Grand International 2024. 👑,” tulis keterangan dalam unggahan di akun Instagram @yayasanduniamegabintang dan @ivan_gunawan, Senin (20/5/2024).

Malam penobatan Miss Mega Bintang Indonesia 2024 ditayangkan di VIDIO (video.com) sebagai platform OTT yang menayangkan seluruh rangkaian acara, mulai dari babak Preliminary hingga Grand Final. Di malam penobatan, lima finalis dipilih sebagai Runner-Up Miss Mega Bintang Indonesia 2024, yaitu Tawana Sheldrick (Kepulauan Riau 1), Olivia Stevanie (DKI Jakarta 7), Anindya Gupita (Daerah Istimewa Yogyakarta 2), Olla Levina (DKI Jakarta 2) dan Yulinar Fitriani (Jawa Barat 1).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.