Sukses

Rahasia Mencerahkan Jidat yang Menggelap, Simpel Banget untuk Dicoba di Rumah

Bila kamu memiliki permasalahan warna kulit wajah yang nggak merata, terutama di bagian jidat, cobalah untuk menerapkan rahasia menghilangkannya berikut ini. Apa saja, ya?

Liputan6.com, Jakarta Punya jidat yang menggelap tentu saja bisa bikin insecure. Itulah mengapa, kamu wajib tahu apa saja rahasia mencerahkan jidat yang menggelap untuk kembalikan penampilan yang flawless dan paripurna. Rahasia mencerahkan jidat ini memang dapat diandalkan, terutama untuk mencerahkan jidat yang hitam akibat faktor-faktor menentu. Warna kulit wajah yang tadinya belang pun bisa pula diratakan menggunakan berbagai cara ini.

Kabar baiknya, tips mencerahkan jidat yang menggelap seperti ini begitu mudah dan praktis, sehingga kamu dapat mencobanya sendiri di rumah. Cuma mengandalkan produk-produk skincare, bahan-bahan alami, dan menjaga pola hidup yang baik, dijamin upaya mencerahkan jidat yang menggelap bukan lagi jadi hal yang mustahil. Selain itu, tips menyamarkan jidat yang menggelap juga nggak semahal melakukan treatment di klinik-klinik kecantikan. Jadi, kamu nggak perlu takut lagi akan risiko keuangan yang boncos.

Bila kamu memiliki permasalahan warna kulit wajah yang nggak merata, terutama di bagian jidat, cobalah untuk menerapkan rahasia menghilangkannya berikut ini. Apa saja, ya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketahui Apa Saja Penyebab Dahi Menggelap

Sebelum mengetahui apa saja rahasia mencerahkan jidat, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Salah satunya adalah ragam penyebab dahi menggelap. Sebenarnya faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab dahi menggelap ada banyak. Mulai dari faktor lingkungan dan juga kebiasaan.

Jidat yang kusam karena faktor lingkungan umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang intens. Selain itu, ada pula paparan polusi dan udara kotor yang ikut serta mengambil peran dalam menjadikan jidat yang kusam dan menggelap. Beberapa faktor ini sebenarnya dapat terjadi karena jidat memiliki sedikit atau nggak ada sama sekali perlindungan dari rambut ataupun topi. Kondisi jidat yang menggelap pun bisa semakin parah karena nggak ada penggunaan sunscreen atau tabir surya, yang mana ini merupakan skincare penting dan menjadi garda perlindungan terdepan dalam melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV matahari.

Adapun faktor kebiasaan umumnya dapat berasal dari penggunaan produk-produk kecantikan yang kurang cocok dengan kulit atau memiliki bahan kimia yang terlalu kuat. Berbagai produk kecantikan tersebut pun akhirnya menyebabkan hiperpigmentasi, yang dapat berujung pada jidat yang hitam. Jika kebiasaan menggunakan produk-produk kecantikan yang nggak cocok dalam jangka waktu lama, tentu saja siapapun dapat mengalami permasalahan seperti ini, termasuk pula dirimu.

3 dari 3 halaman

Rahasia Mencerahkan Jidat yang Menggelap

Dalam mencerahkan jidat yang menggelap, kamu dapat memakai cara alami atau bisa juga dengan bantuan dari produk-produk kesehatan dan kecantikan. Cara yang mudah dan juga nggak bikin keuangan boncos, dianggap jadi pilihan bagi banyak orang di luar sana. Mau tahu apa saja rahasia mencerahkan jidat yang bisa kamu coba? Simak informasinya di bawah ini.

1. Lindungi Jidat dari Paparan Sinar Matahari

Untuk mencerahkan jidat yang menggelap akibat paparan sinar matahari, kamu bisa mengandalkan penggunaan sunscreen dengan minimal SPF 30 ke atas. Semakin tinggi kandungan SPF, semakin bagus pula perlindungan dari sinar UV matahari yang bisa didapat. Tapi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari skincare mencerahkan jidat ini, pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit sendiri. 

Nah, untuk mengatasi jidat yang hitam, gunakanlah sunscreen secara rutin setiap harinya. Jangan lupa pula untuk reapply setiap 2-3 jam sehari agar kulit wajah bisa terlindungi dari efek buruk sinar matahari. Perlu diingat bahwa penggunaan sunscreen ini sangat penting, nggak peduli apakah kamu berada di luar atau dalam rumah. Sebab, faktanya, sinar UV matahari masih bisa menembus lapisan dinding dan area-area rumah lainnya.  

2. Rajin Lakukan Eksfoliasi 

Rahasia mencerahkan jidat yang menggelap selanjutnya adalah rajin melakukan eksfoliasi. Manfaat eksfoliasi ini sangat bagus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang sudah menumpuk di area kulit wajah. Sebab, seperti yang diketahui bahwa penumpukan sel kulit mati di wajah juga dapat menjadi penyebab jidat yang hitam.

Rutin melakukan skincare mencerahkan jidat satu ini bukan cuma bagus buat meratakan kulit wajah yang belang, tetapi juga bantu proses regenerasi kulit, meningkatkan produksi kolagen, hingga memudarkan tanda-tanda penuaan pada wajah. Penggunaan produk eksfoliasi pun juga mampu meningkatkan efektivitas skincare, sehingga perawatan kulit yang dilakukan bisa berbuah dengan maksimal. 

Untuk kegiatan eksfoliasi sendiri, lakukanlah secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Kamu bisa memilih produk eksfoliasi berbahan lembut dengan kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari permukan jidat yang menghitam. 

3. Gunakan Pelembap Sesuai Jenis Kulit

Dalam upaya mencerahkan jidat yang menggelap, maka peran dari produk pelembap menjadi hal yang penting dan esensial. Dahi yang menggelap biasanya akan lama pulih apabila kulit wajah dibiarkan kering. Itulah mengapa, kamu perlu memberikan hidrasi menyeluruh terhadap kulit wajah, salah satunya yaitu dengan pemakain produk pelembap.

Untuk menjalani rahasia mencerahkan jidat satu ini, pastikanlah agar memilih produk pelembap yang sesuai kulit. Bagi yang memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan pelembap dengan tekstur krim atau gel. Sementara untuk yang memiliki kulit berminyak, maka bisa memilih pelembap yang berbahan dasar air, non-comedogenic, dan bebas minyak. 

Aplikasikan skincare mencerahkan jidat secara rutin setiap harinya. Kamu bisa menggunakan produk ini mulai dari sehabis mandi, cuci muka, atau merias wajah dengan makeup. Dengan menjalankan cara meratakan warna kulit wajah ini, pastinya kamu akan mendapatkan hasil luar biasa perlahan demi perlahan. 

4. Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Rahasia mencerahkan jidat selanjutnya adalah dengan rajin membersihkan wajah sebelum tidur. Polusi, debu, dan kotoran yang menempel pada kulit wajah tentu saja harus rutin dibersihkan. Apalagi kalau kamu sering menghabiskan waktu di luar ruangan, entah untuk bekerja atau melakukan kegiatan lainnya. Jika nggak dibersihkan, kulit wajah pasti akan lebih mudah mengalami permasalahan, misalnya saja seperti warna kulit yang nggak rata.

Untuk mencerahkan jidat yang menggelap kamu dapat mencoba metode double cleansing, biar wajah bisa bersih sempurna dan bebas dari kotoran-kotoran yang mengganggu. Cara meratakan warna kulit wajah seperti ini dapat dilakukan dengan menggunakan 2 skincare mencerahkan jidat, yaitu milk cleansing atau oil cleansing terlebih dahulu sebagai langkah pertama. Setelah itu, barulah cuci bersih menggunakan face wash biar debu dan kotoran rontok menyeluruh. 

5. perbanyak Minum Air Putih

Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh juga menjadi salah satu rahasia mencerahkan jidat yang dapat kamu coba. Warna jidat yang kusam tentu saja akan menghilang perlahan jika diberikan perawatan yang maksimal dengan produk-produk skincare tertentu. Akan tetapi, perawatan dari luar tubuh saja nyatanya nggak cukup untuk bisa mencerahkan jidat yang menggelap. 

Nyatanya, minum air putih yang cukup dapat memerangi jidat menggelap karena matahari, keriput, kekusaman kulit, hingga kulit kering dan penuh bintik hitam. Itulah mengapa, banyak yang menganjurkan untuk minum air putih dengan rajin, agar kesehatan dan kecantikan kulit bisa tetap terjaga. 

6. Rajin Konsumsi Sayur dan Buah

Memulihkan jidat yang kusam pun bisa dilakukan bila rajin mengonsumsi sayur dan buah. Perlu kamu ketahui bahwa bahan-bahan alami seperti ini banyak mengandung nutrisi sehat yang diperlukan oleh tubuh dan kulit. Mulai dari vitamin, mineral, hingga antioksidan yang tinggi. 

Rajin menjadikan sayur dan buah sebagai menu bersantap sehari-hari, sama saja artinya dengan kamu menerapkan cara meratakan warna kulit wajah yang menggelap. Sebab, berbagai nutrisi dalam sayur dan buah sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit, termasuk pula warna jidat yang hitam.

Untuk cara memutihkan dahi seperti ini, kamu cuma perlu perbanyak sajian sayur dan buah di atas meja makan. Pilihlah yang mengandung kebaikan antioksidan, seperti jeruk, bayam, brokoli, stroberi dan masih banyak lagi lainnya. Sementara untuk pengolahannya sendiri, kamu bisa makan langsung buah-buahan pilihan. Dan untuk ragam jenis sayuran, bisa dimasak bening saja dengan penggunaan bumbu masakan yang nggak berlebihan. 

7. Gunakan Campuran Buttermilk dan Oatmeal

Cara meratakan warna kulit wajah yang belang dapat pula dilakukan dengan menggunakan cara alami. Nah, salah satu tips mencerahkan jidat secara alami ini dapat kamu coba menggunakan campuran buttermilk dan oatmeal. Cara memutihkan dahi menggunakan kombinasi dua bahan ini dianggap manjur karena adanya kandungan lactic acid, yang memberikan efek mencerahkan. 

Jika memiliki jidat yang kusam dan ingin segera mengatasinya, cobalah memanfaatkan tips alami satu ini. Caranya, cukup campurkan 1 sdt buttermilk dan oatmeal. Kemudian aduk hingga kedua bahan tercampur rata. Jika sudah, oleskan secara menyeluruh ke area permukaan jidat yang menghitam. Diamkan selama 20 menit dan cuci bersih menggunakan air.

8. Manfaatkan Jeruk Nipis

Memanfaatkan jeruk nipis bisa juga jadi salah satu tips mencerahkan jidat secara alami. Jidat yang kusam sebenarnya dapat hilang bila diatasi dengan bahan-bahan tinggi akan antioksidan. Satu di antaranya yaitu jeruk nipis, si asam yang memiliki segudang kebaikan di dalamnya.

Bahan alami yang sering dijadikan cara memutihkan dahi ini faktanya bukan hanya kaya akan antioksidan saja, melainkan juga tinggi vitamin C yang mana juga bagus buat kesehatan dan kecantikan kulit kamu. Apabila memiliki jidat menggelap karena matahari, jeruk nipis dapat dijadikan andalan untuk mengembalikan warna kulit yang belang tersebut. Cara menerapkannya pun gampang. Cukup iris tipis jeruk nipis, lalu tempelkan pada area jidat yang menggelap. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air bersih. Simpel banget, kan?

9. Oleskan Madu

Tips mencerahkan jidat secara alami yang nggak kalah ampuhnya adalah dengan mengoleskan madu asli. Madu sendiri sering dipercaya jadi solusi jitu untuk memudarkan jidat yang kusam. Cara memutihkan dahi dengan madu pun juga mudah banget. 

Kamu hanya perlu mengoleskan dahi yang menggelap dengan madu asli dan lalu diamkan hingga mengering. Setelah itu, barulah dibersihkan menggunakan air dan jangan lupa dilap hingga kering. Lakukan perawatan madu ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, agar jidat menggelap karena matahari dan faktor lainnya bisa hilang sepenuhnya.

Itulah beberapa cara meratakan warna kulit wajah yang menggelap, terutama pada jidat. Ingat, untuk mengembalikan warna kulit wajah yang rata, diperlukan usaha, kesabaran, dan ketelatenan dalam setiap prosesnya. Percayalah, bila dilakukan dengan sungguh-sungguh, pasti permasalahan warna dahi yang menggelap akan hilang dan wajah jadi cerah bersinar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.