Sukses

10 Destinasi Wisata Tropis Paling Terjangkau di Kantong Versi Travel + Leisure, Bali Masuk Daftar

Dari Ubud, Bali, hingga Madeira, Portugal, berikut sepuluh destinasi wisata tropis paling terjangkau versi Travel + Leisure

Liputan6.com, Jakarta - Wisata tropis jadi salah satu pilihan untuk musim panas yang akan datang. Selain alamnya, wisata tropis juga menawarkan wisata budaya lokal yang kaya. Makanan hingga tempat penuh petualangan jadi salah satu hal yang diburu ketika pergi berwisata ke destinasi wisata tropis.

Namun, tidak semua orang punya bujet berlebih untuk berlibur ke resor-resor mewah di Maladewa ata Bora Bora. Beberapa orang mungkin ingin berlibur ke tempat yang lebih terjangkau dan murah. Dikutip dari Travel + Leisure, Senin (13/05/2024), berikut sepuluh destinasi wisata tropis paling terjangkau di dunia.

 

1. Merida, Meksiko

Ibu kota negara bagian Yucatan, Meksiko ini adalah salah satu pusat kebudayaan yang paling underrated di negara tersebut. Hal ini karena masih banyak turis ke Meksiko lebih memilih pergi ke Cancun atau Tulum.

Di Merida, Anda bisa menemukan pusat-pusat sejarah di tengah kota yang hangat, suvenir dengan harga terjangkau, hidangan daerah seperti cochinita pibil di restoran Yucatec yang sederhana, bahkan penginapan di sini pun sangat terjangkau. Untuk sebuah suite, Anda hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp2,8 juta.

 

2. Ubud, Bali, Indonesia

Bali jadi salah satu lokasi wisata tropis paling terjangkau yang bisa dikunjungi, terutama untuk wisatawan mancanegara yang mencari lokasi hangat untuk berlibur. Di sini, Anda bisa mempertimbangkan Ubud sebagai salah satu lokasi yang patut dikunjungi, bukan hanya karena wisata yang ditawarkan, namun juga karena harganya ramah di kantong para turis asing. 

Di Ubud, Anda bisa bermain dengan monyet-monyet di Sacred Monkey Forest Sanctuary dengan harga tiket yang masih di bawah Rp100 ribu. Selesai bermain di sana, Anda bisa mencari makan di warung lokal dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk akomodasi, ada banyak penginapan dan hotel murah di Ubud yang bisa jadi pilihan. Sebagai contoh, untuk sebuah suite, harga terendah per malam yang bisa Anda dapatkan adalah Rp2,5 juta.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Negril, Jamaika

Wisata tropis di Karibia bisa jadi mimpi yang indah. Kota paling barat di Jamaika ini menawarkan pantai berpasir, air biru kehijauan, penduduk yang ramah, dan suasana santai. Surga menenangkan ini juga tidak akan membebani dompet Anda. Pantai Seven Mile dipenuhi dengan gubuk pantai lokal yang terjangkau dan lezat.

Selain itu, Anda bisa menemukan butik-butik bagus dengan harga pakaian di bawah Rp3,2 juta. Ada juga bar spesial Jamaika yang bisa jadi tempat kumpul bersama teman-teman.

 

4. Phu Quoc, Vietnam

Memang benar, untuk mencapai Phú Quốc, sebuah pulau di Vietnam di lepas pantai Kamboja, memerlukan penerbangan lanjutan dan biaya tiket pesawat yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan tempat dalam daftar ini. Namun, jangan jadikan hal itu sebagai penghalang.

Phu Quoc penuh dengan akomodasi peringkat teratas mulai dari Rp1,2 juta. Ada hiburan pasar malam di Dương Đông yang dipenuhi dengan makanan murah dan lewat.

 

5. Manuel Antonio, Kosta Rika

Manuel Antonio yang terpencil merupakan benteng keanekaragaman hayati dengan hutan hujan, pantai berpasir putih alami, terumbu karang untuk snorkeling, dan beragam satwa liar, termasuk sloth berjari tiga dan monyet capuchin berwajah putih. Lokasinya yang terpencil membuat harga tetap murah. Banyak hotel berharga sekitar Rp1,6 juta per malam, harga yang masih masuk akal di sana.

3 dari 4 halaman

6. Madeira, Portugal

Madeira adalah surga bagi pecinta petualangan. Hutannya yang lebat, pantai berpasir hitam, kolam lava alami, dan gunung-gunung yang menjulang tinggi dengan sudut pandang yang indah.

Tiket masuk ke Taman Tropis Monte Palace yang bertabur bunga hanya berharga sekitar Rp220 ribu. Selain itu, ada akomodasi  murah dengan harga Rp240 ribu per malam, yang sangat terjangkau untuk negara sekelas Portugal.

 

7. San Juan, Puerto Riko

Selain aktivitas luar ruangan berbiaya rendah seperti bersantai di tepi pantai yang bermandikan sinar matahari dan menjelajahi hutan hujan tropis yang dapat dicapai dengan berkendara singkat, Anda juga bisa pergi ke distrik bersejarah Old San Juan untuk merasakan budaya lokal. Anda bebas berkeliling dan mengambil foto bangunan berwarna-warni. Tiket masuk ke Castillo San Felipe del Morro, benteng dan benteng abad ke-16 yang megah, hanya Rp160 ribu untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak di bawah usia 15 tahun.

 

4 dari 4 halaman

8. Puebla, Meksiko

"Dengan iklim dataran tinggi subtropis, Kota Puebla di Meksiko tengah tetap menjadi salah satu rahasia yang paling dijaga di Meksiko,” kata Berkson. Kota ini penuh dengan aktivitas terjangkau — mulai dari mengunjungi galeri seni, fasad berwarna-warni, dan kerajinan tangan di sepanjang Callejón de Los Sapos dan mengagumi arsitektur perpustakaan bersejarah Biblioteca Palafoxiana, Catedral de Puebla, dan Capilla abad ke-17 yang dirancang dengan baik.

del Rosario adalah tempat untuk membeli tembikar buatan tangan dan menikmati hidangan lokal yang lezat. "Anda sering kali dapat memesan penginapan favorit saya, Banyan Tree Puebla, dengan harga di bawah USD200 per malam."

 

9. Santo Domingo, Republik Dominika

Jauh lebih sedikit orang yang menyadari kesepakatan yang menunggu di Santo Domingo. Penerbangan pulang-pergi dari Amerika Serikat mulai dari Rp4,5 juta, menyisakan banyak anggaran liburan untuk penginapan, makanan, dan hiburan. Setelah bersantai di pantai berpasir, ikuti tur trem di Jardin Botánico Nacional, makan enak di Mercado Modelo dengan harga murah, dan kunjungi Katedral Basilika Santa Maria la Menor yang terkenal.

 

10. St. Kitts

Negara kecil di Kepulauan Karibia ini layak dijadikan destinasi liburan terjangkau. Dikelilingi oleh pantai Atlantik dan Karibia, hutan hujan lebat, dan bangunan berwarna permen di ibu kota, Basseterre, St. Kitts punya tiket sekali jalan dari AS mulai dengan harga Rp3 juta. Selain itu, Anda bisa menginap di resor mewah dari Marriott dengan harga mulai dari Rp3,5 juta per malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini