Sukses

Mahalini Sempat Bahas Pacaran Beda Agama, Sebelum Jadi Mualaf dan Bakal Menikah dengan Rizky Febian

Berbagai video lama curhatan Mahalini saat masih berpacaran dengan Rizky Febian itu kembali berseliweran di lini massa jelang hari pernikahan. Terutama membahas perdebatan soal pacaran beda agama.

Liputan6.com, Jakarta - Mahalini dan Rizky Febian akan segera melangsungkan akad nikah. Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat itu kabarnya telah menjadi mualaf agar sah dalam pernikahan secara agama maupun negara.

Berbagai video lama curhatan Mahalini saat masih berpacaran dengan Rizky Febian itu kembali berseliweran di lini massa jelang hari pernikahan. Terutama membahas perdebatan soal pacaran beda agama.

"Menurut lo pacaran beda agama ada ujungnya nggak sih?" Tanya seorang teman disampingnya, dalam rekaman video unggahan ulang di TikTok akun @butterfly3623 pada Selasa, 7 Mei 2024.

"Ada kalo lo mau, tergantung orangnya," jawab Mahalini dengan santai.

Lalu Mahalini dihadapkan pada pertanyaan lain tentang perumpamaan saat ia dipertemukan dengan seorang pria yang hampir sempurna, namun beda agama. Apakah ia akan rela meninggalkan agamanya karena pria tersebut?

"Menurut gue masalah ikut nggak ikut adalah pembicaraan berdua lo bisa nggak gue ajak bicara tentang itu. Kalau enggak ya gue nggak bisa gitu lho," kata Mahalini.

Dengan begitu menurutnya akan ada ujung perjalanan dua insan yang dihadapkan pada perbedaan tersebut. Ia menyontohkan seperti Ari Lasso yang ternyata menemukan titik terangnya.

"Maksudnya tergantung pasangannya," sambungnya lagi.

Jika sejak awal pasangan tidak bisa diajak berkomunikasi mengenai hal itu akan sulit. Sebaiknya, kata Mahalini, hubungan pacaran bubar sejak awal.

"Ngapain lo buang-buang waktu gue," tegas Mahalini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mahalini Izin Pindah Agama

Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja memang tengah hangat diperbincangkan. Salah satu yang jadi sorotan tentang perbedaan keyakinan agama mereka.

Mahalini, yang menganut Hindu, dan Rizky Febian yang beragama Islam, menjadi perhatian banyak orang. Hal ini menciptakan spekulasi bagaimana nanti pernikahan mereka akan dilakukan, apakah dengan memilih satu agama ataukah dalam format berbeda keyakinan.

Tapi dalam sebuah pernyataan, komedian yang juga ayah Rizky Febian, Sule mengonfirmasi bahwa pernikahan akan mengikuti tata cara agama Islam. Pernyataan tersebut disampaikan saat acara Mepamit pada 5 Mei 2024.

Dalam budaya Bali, Mepamit adalah momen pamitan seorang pengantin wanita kepada keluarga dan leluhurnya, sebelum menikah dan bergabung dengan keluarga sang calon suami.

Sule mengungkapkan bahwa Mahalini akan pindah agama ke Islam. Ia sudah mendapatkan izin dari keluarganya untuk melangsungkan pernikahan sesuai dengan ajaran agama mereka di Jakarta.

"Jadi, ini tuh acara Mepamit, pamitan dari keluarga dan leluhurnya Lini bahwasanya Lini akan berpindah agama, dan diizinkan dan sudah diperbolehkan untuk menikah dalam agama kami nanti di Jakarta," kata Sule dalam salah satu videonya yang berjudul MEPAMIT MAHALINI AYU RAHARJA DI BALI yang diunggah di Youtube. 

3 dari 4 halaman

Sule Klarifikasi Langsung

Sebelum Sule memberikan klarifikasi langsung mengenai prosesi pernikahan Mahalini dan Rizky Febian. Banyak yang berspekulasi bahwa mereka akan menikah dengan agama yang berbeda.

Hal ini sampai menarik perhatian Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Kyai Cholil, yang mengungkapkan pandangannya lewat media sosial. Dia menegaskan bahwa menurut ajaran Islam, pernikahan beda agama tidak diakui sebagai sah.

Dia juga menyoroti bahwa pemerintah hanya mencatat pernikahan, bukan memberikan legalitas atas akad nikah yang berbeda keyakinan. "Nikah beda agama kalo menurut Islam itu tidak sah. Sedangkan pemerintah itu hanya pencatatan nikah, bukan mengesahkan akad nikahnya," pada 3 Mei 2024 lalu.

Kyai Cholil juga menyoroti bahwa menurut pandangan Islam, pernikahan dengan agama yang berbeda hanya akan menghasilkan zina. Cuitan ini diunggah sebagai tanggapan atas berita tentang rencana pernikahan Mahalini dan Rizky Febian yang sedang ramai dibicarakan. 

Selain mengkonfirmasi isu pindah agama dari sang calon menantu, Sule juga turut menjelaskan bahwa prosesi selanjutnya dari rangkaian proses pernikahan anak nya ialah acara pengajian yang memang biasanya digelar sebelum akad nikah.

4 dari 4 halaman

Kilas Balik Momen Pertemuan Mahalini dan Rizky

Mahalini dan Rizky Febian telah mantap melangkah ke jenjang pernikahan. Keduanya pertama kali bertemu saat berduet membawakan lagu 'Berpisah Itu Mudah' milik Rizky Febian di salah satu acara stasiun TV.

Momen tersebut tak langsung menjadi titik pendekatan keduanya. Melainkan, keduanya mulai dekat akibat campur tangan penyanyi lain, Ziva Magnolya. 

Mulai dari menitipkan salam untuk Mahalini pada Ziva, Rizky Febian mulai menunjukkan ketertarikannya pada perempuan berdarah Bali tersebut. "Ziva bilang ke aku (tentang Mahalini) terus aku bilang ke Ziva 'salamin ya ke Mahalini' dulu tuh cuma gitu doang," ungkap Rizky Febian, dalam channel YouTube Armand Maulana, 19 Februari 2022.

Keduanya semakin dekat dan merasa cocok satu sama lain. Rizky mengungkapkan kekagumannya pada Mahalini berkat sifat pekerja keras yang dimiliki penyanyi jebolan Indonesian Idol tersebut.

Sampai akhirnya, keduanya memutuskan untuk menjalin hubungan pada 7 Februari 2022 lalu. Momen Rizky yang menyatakan cintanya pada Mahalini terekam dalam channel YouTube milik sang adik, Putri Delina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini