Sukses

Erina Gudono Ungkap Sempat Terpisah dari Kaesang Pangarep dan Dapat Keajaiban Saat Umrah di Makkah

Erina Gudono sempat bingung karena terpisah dengan Kaesang Pangarep di dekat Kakbah, apalagi waktu azan Subuh semakin dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Pengalaman tak terduga atau bahkan keajaiban kerap terjadi ketika sedang melakukan ibadah umrah atau haji di Makkah, Arab Saudi. Hal tersebut ternyata juga dialami oleh istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono.

Erina Gudono cukup sering membagikan aktivitasnya selama di tanah suci lewat unggahan di Instagram. Yang terbaru, finalis Puteri Indonesia 2022 itu membagikan kisah unik yang dia alami ketika akan salat subuh di Kakbah.

"Cerita keajaiban kecil hari ini, subuh tadi pergi berdua aja sama Mas kaesang mau solat di plataran Ka'bah. Belum sampai di pelataran jalur cowok dan cewek udah dipisah karena full banget, cowok masih bisa di area kabah tapi cewek mulai di taruh di luar," cerita Erina di Instagram story, Minggu, 5 Mei 2024.

Erina sempat bingung karena terpisah dengan Kaesang Pangarep, apalagi waktu azan Subuh semakin dekat.  Area salat khusus perempuan juga telah ditutup pagar dan dijaga tentara agar para jemaah tidak lagi masuk ke area Kakbah.

"Duduklah aku di luar nunggu azan sambil sedih banget berdoa pengen solat depan kabah plus bingung kepisah jauh," lanjutnya. Erina duduk sendirian hingga di sekelilingnya mulai sepi.

Namun, tiba-tiba seorang nenek yang duduk di sebelahnya dihampiri oleh suaminya. Erina mengaku kalau dia tidak mengerti yang dibicarakan oleh kakek dan nenek tersebut.

Dari gerakan tubuhnya, Erina menyadari kalau dia diajak oleh nenek tersebut untuk mengikutinya. Meski tak mengenal satu sama lain dan berbeda bahasa, Erina memutuskan untuk mengikutinya. Tanpa disangka, mereka ternyata membawa wanita berusia 27 tahun itu ke area lebih dekat dengan Kakbah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sentuh Kakbah Bersama Kaesang

"Aku ikutin aja jalan bareng nenek sama kakek itu ternyata diajak ke pelataran Ka'bah jadi bisa solat depan Ka'bah. Dan entah dibiarin aja sama penjaganya. Ketemu deh sama mas kaesang. Terimakasih YaAllah aku seneng banget," tuturnya.

Cerita tersebut dibagikan menantu presiden Jokowi itu lewat Instagram story dengan turut mengunggah foto tempat dia salat. Erina terlihat salat di depan Kakbah yang hanya berjarak beberapa meter darinya. Bahkan selesai salat subuh, Erina juga bisa makin dekat sampai menyentuh dinding Kakbah bersama Kaesang.

Selain bersama sang suami, Erina juga beribadah umrah bersama Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu bareng anak-anaknya serta Iriana Jokowi. Namun momen umrah kali ini ternyata juga spesial karena bareng Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Menurut Erina, Kaesang mengumrahkan para Paspampres untuk menunaikan nazarnya. "Bismillah menunaikan nadzar Mas Kaesang mengumrahkan Paspampres dan pasangannya. Labbaik Allah humma labbaik," tulis Erina melalui Instagram Story pada Rabu, 1 Mei 2024.

 

3 dari 4 halaman

Kaesang Ajak 14 Paspampres Umrah Bareng

Wanita asal Yogya itu juga membagikan potret rombongan di halaman Masjid Nabawi. Tampak 14 Paspampres dan 12 pasangannya berfoto bareng Erina dan Kaesang. Jumlah tersebut mengungkap bahwa dua orang Paspampres belum punya pasangan.

Ucapan terima kasih rombongan umrah Paspampres lantas dibagikan Erina Gudono pada Kamis, 2 Mei 2024.  "Terima kasih mas @kaesangp dan mbak @erinagudono yang sudah berkenan mengajak kami beribadah ke Tanah Suci," kata akun @vikairmas.

Belum diketahui pasti nazar yang membuat Kaesang mengumrahkan Paspampres. Namun belakangan ini tersiar kabar kalau Erina sedang hamil meski kabar tersebut belum pernah dikonfirmasi kebenarannya.

Lantas berapa biaya yang dihabiskan putra bungsu Presiden Jokowi itu untuk mengumrahkan Paspampres? Kaesang mengumrahkan total 26 orang, yaitu 14 Paspampres dan 12 pasangannya? Mengutip laman alshatravel.com, biaya umrah selama 9 hari mulai akhir April 2024 adalah Rp28 juta untuk hotel bintang tiga dan Rp35 juta untuk hotel bintang lima.

Bila merujuk harga tersebut, Kaesang diperkiraan mengeluarkan biaya antara Rp700 juta hingga Rp900 juta, Paket umrah tersebut sudah termasuk gratis Kereta Cepat, Thaif, dan Albaik. 

4 dari 4 halaman

Hampir 5 Kali Gagal Umrah

Paket umrah tersebut sudah termasuk gratis Kereta Cepat, Thaif, dan Albaik. Namun paket itu tidak termasuk pembuatan paspor dan dokumen perjalanan yang dibutuhkan.

Beberapa hari lalu, Kaesang juga membagikan momen ibadah umrah bersama sang istri di akun Instagram pribadinya. Kaesang mengungkap syukurnya atas kesempatan umrah bareng Erina akhirnya bisa terwujud karena mereka rupanya sempat gagal sebanyak lima kali.

"Alhamdulillah diberikan kesempatan untuk ke tanah suci untuk beribadah bersama istri terkasih dan tersayang setelah hampir 5 kali ditunda. Doa kami buat teman-teman semua supaya mendapatkan kesempatan untuk Umroh maupun Haji. Aamiin," tulis Kaesang di keterangan unggahan, Senin, 29 April 2024.

Unggahan itu diamini Erina dengan doa terbaik untuk saudara Muslim lainnya. "Aamiin ya Rabbal alaamiin semoga teman teman muslim semua juga mendapat panggilan ke tanah suci bersama orang tersayang," kata dia.

Di Instagram Story, Erina juga membagikan momen sejak awal keberangkatan dari Indonesia. Ia terlihat sempat diantar hingga bandara oleh kakak perempuannya, Nadya Sofia Gudono.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini