Sukses

Asal-usul Sop Buntut, Kuliner Indonesia yang Dipuja Young K DAY6

Topik sop buntut kembali muncul saat Young K DAY6 berbincang dengan penggemar Indonesia di acara fansign tatap muka kemarin, Jumat, 3 Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum di kalangan MyDay, sebutan penggemar DAY6, bahwa ada satu kuliner Indonesia yang terus-menerus disebut Young K. Yang dimaksud, tidak lain tidak bukan, adalah sop buntut.

Pelantun lagu let it be summer itu telah dengan blak-blakan mengungkap kecintaannya pada sajian berkuah gurih tersebut. Sop buntut bahkan kembali muncul saat ia berbincang dengan penggemar Indonesia di acara fansign tatap muka kemarin, Jumat, 3 Mei 2024.

"Young K udah makan sop buntut tadi sebelum ke fansign!!! Aku tanya dia beli di mana soalnya aku gapernah nemu yang seenak itu, terus dia jawab, 'Bbeli dari Grab,' 😭😭😭😭😭😭," cuit akun X, dulunya Twitter, @itsjooyeon, Jumat. Tidak butuh waktu lama bagi tweet itu menuai beragam komentar.

Beberapa menganggap pemilik nama asli Kang Young Hyun itu terlalu melokal. "Bukan pesen makanan di hotel malah pake Grab," kata seorang warganet. "GIRLLLL 2024 kita melihat cowo korea bm sop buntut😭😭😭," sahut yang lain.

Bukan asli Indonesia, makanan ini sebenarnya berasal dari Eropa. Melansir Today.com, Sabtu (4/5/2024), sop buntut pertama kali ditemukan pada abad ke-17 oleh masyarakat Huguenot Prancis dan imigran Belanda. Saat itu, mereka meracik sop menggunakan bahan dasar buntut sapi.

Penjelajahan saat itu membuat sop buntut dikenal di sejumlah negara, mulai dari Timur sampai Barat. Ada juga versi lain asal-usul makanan ini, dengan beberapa menyebutnya sebagai soul food orang Karibia. Di Indonesia, sop buntut disebut mulai terkenal pada era 70-an.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal-usul Sop Buntut

Menurut Chinatown London, sop buntut Indonesia jadi yang paling digemari di antara beberapa versi. Hidangan ini menyajikan buntut sapi dalam potongan dadu yang disajikan bersama kuah kaldu sapi, potongan wortel, seledri, dan kentang, ditambah ragam rempah, seperti jahe dan ketumbar, di jajaran bumbunya.

Sebenarnya ada juga sop buntut versi Korea: kkori-gomtang. Melansir laman Michelin Guide, gomtang adalah sup bening yang dibuat dengan merebus berbagai potongan daging sapi yang kemudian dibumbui dengan guk-ganjang.

Catatan dari Dinasti Joseon menunjukkan bahwa gomtang adalah hidangan yang dinikmati kalangan bangsawan. Bergizi tinggi dan lezat, ini adalah hidangan peningkat daya tahan tubuh yang disukai dan biasa disajikan di meja kerajaan yang disebut "surasang," yang terdiri dari 12 hidangan, termasuk nasi dan sup, hot pot, kimchi, serta saus.

Namun, para pakar pangan membantah teori ini dengan alasan kurangnya bukti. Secara luas, para sejarawan makanan percaya bahwa gomtang dibawa ke Korea oleh bangsa Mongol.

3 dari 4 halaman

Tampil di Indonesia

Setelah sukses makan sop buntut, Young K, bersama personel lain DAY6, siap jadi salah satu penampil Konser Saranghaeyo Indonesia 2024 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Sabtu (4/5/2024). Sebagaimana telah disinggung, sehari jelang tampil, band besutan JYP Enterntainment ini sudah lebih menggelar fansign.

Lima puluh penggemar undangan dari promotor Mecimapro, yang ditentukan dengan cara diundi, menghadiri acara tersebut. Di media sosial, beredar video Young K dkk tampil melokal. Salah satunya dibagikan akun Tiktok @marnijung yang memperlihatkan momen Wonpil mengenakan jaket almamater ITB, rangkum kanal Showbiz Liputan6.com, Sabtu.

Momen itu bertepatan saat DAY6 bermain gim photo property. Di panggung sudah disediakan boks berisi pakaian dan aksesori dari penggemar. Para personil bebas memilih kostum yang akan dikenakan.

Tidak terduga, Wonpil mengambil sebuah jas berwarna biru. Penggemar melihat seolah itu tidak asing. Begitu Woonpil memakainya, mereka berteriak histeris, karena jas tersebut tidak lain adalah almamater ITB.

4 dari 4 halaman

Penampilan Perdana dalam Formasi 4 Personel

Tidak itu saja, akun TikTok @nadhs mengunggah penampilan menarik dari personel lain DAY6, yakni Dowoon dan Sungjin. Mereka berhasil membuat penggemar terkesima saat memakai kemeja batik. Beberapa penggemar bahkan menyebut pesona Dowoon dan Sungjin seperti "mas-mas Jawa."

Melihat antusiasme penggemar, para personel DAY6 mengaku sangat bahagia. Mereka tidak menyangka sambutan hangat terus-menerus didapatkan ketika berkunjung ke Indonesia.

"Sudah berapa tahun baru ke sini lagi, tapi tetap disambut luar biasa sampai enggak tahu harus ngapain. Kami akan balas semuanya saat konser besok (hari ini)," janji Dowoon pada para penggemar di acara fansign tersebut.

Pertunjukan hari ini merupakan penampilan perdana DAY6 dengan formasi baru empat member. Mereka baru saja comeback pada Maret 2024 dengan membawa album baru "FOUREVER."

Setelahnya, mereka menggelar konser solo "Welcome to the Show" di Jamsil Indoor Stadium, Korea Selatan, pada 12--14 April 2024. Seluruh tiketnya ludes terjual dalam tiga hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini