Sukses

Daftar 20 Bandara Termewah di Dunia 2024, 2 di Antaranya Berada di Asia Tenggara

Posisi puncak di daftar 20 bandara termewah di dunia 2024 sudah tidak asing lagi di kalangan pelancong internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Dari sederet pemeringkatan yang dilakukan terhadap bandara-bandara di dunia, salah satunya menyoroti kemewahan fasilitasnya. Laporan terbaru dari penyedia asuransi perjalanan AllClear yang berbasis di Inggris melansir daftar 20 bandara termewah di dunia 2024 berdasarkan beberapa faktor penilaian.

AllClear menganalisis 1.800 bandara di dunia. Mereka lalu memberi masing-masing skor berdasarkan berapa banyak ruang tunggu tersedia untuk para pelancong, berapa banyak toko barang branded yang dibuka di bandara, berapa banyak hotel bintang empat dan bintang lima yang bisa ditemukan di sekitar bandara, hingga apakah tersedia bar sampanye atau rumah kaviar.

Berdasarkan penilaian tersebut, Bandara Internasional Dubai (DXB) kembali dinobatkan sebagai bandara termewah di dunia. Mengutip laman Business Traveler, Kamis, 11 April 2024, bandara itu menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia yang melayani lebih dari 87 juta penumpang pada 2023.

Meski begitu, bandara tersebut tetap bisa menawarkan pengalaman nyaman dan mewah di seluruh terminalnya. Sebagai hub utama Emirates, DXB memiliki lebih dari 30 lounge tempat penumpang dapat bersantai sebelum penerbangan. Bandara ini juga memiliki berbagai butik mode kelas atas, bar sampanye, rumah kaviar, dan hotel bintang 5 di Terminal 3.

Satu hal yang membedakan DXB dengan bandara lainnya adalah banyaknya hotel mewah di kawasan sekitarnya. Lebih dari 70 hotel kelas atas berada dalam radius tiga mil dari bandara, memberikan banyak pilihan bagi wisatawan. Selain fasilitas mewah, Bandara Dubai menawarkan taman yang tenang, kolam renang outdoor, gym, bioskop, dan masih banyak fasilitas lainnya untuk membuat pengalaman perjalanan penumpang senyaman mungkin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bandara Heathrow di Posisi ke-2

Menyusul Dubai adalah Bandara Heathrow di London. Sebagai hub utama maskapai British Airways, bandara ini memiliki salah satu ruang tunggu dengan konsentrasi tertinggi di dunia. Ini juga merupakan rumah bagi hampir semua merek ritel mewah yang dapat Anda bayangkan.

Bandara Timur Tengah lainnya berada di posisi ketiga, yakni  Bandara Internasional Doha Hamad (DOH). Seperti Dubai, bandara ini adalah rumah utama maskapai penerbangan Qatar Airways dan memiliki sejumlah besar hotel bintang 4 dan 5 dalam radius tiga mil serta beragam toko ritel mewah. Berbagai fitur airnya menambah rasa nyaman dan ketenangan.

Bandara Paris Charles de Gaulle (CDG) menduduki peringkat keempat bandara termewah di dunia, diikuti oleh Bandara Internasional Sydney (SYD) di peringkat kelima dan Bandara Changi Singapura (SIN) di urutan keenam. Baik Sydney dan Singapura sebenarnya berbagi angka skor yang sama, yakni 61.

Perwakilan Asia Tenggara lainnya yang masuk dalam daftar tersebut adalah Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok yang berada tepat di bawah Changi, Singapura. Mayoritas bandara yang masuk daftar berasal dari Asia, baik Asia Timur maupun Timur Tengah. Hanya tiga bandara di Amerika Utara yang masuk dalam 20 besar.

3 dari 4 halaman

Daftar 20 Bandara Termewah di Dunia 2024

Berikut adalah daftar lengkap 20 bandara termewah di dunia 2024 versi AllClear:

1 Bandara Internasional Dubai (DXB) 83

2 Bandara Heathrow London (LHR) 82

3 Bandara Internasional Hamad Doha (DOH) 73

4 Bandara Charles de Gaulle Airport Paris (CDG) 66

5 Bandara Internasional Sydney (SYD) 61

6 Bandara Changi Singapura (SIN) 61

7 Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok (BKK) 55

8 Bandara Internasional Hong Kong (HKG) 52

9 Bandara Frankfurt Jerman (FRA) 52

10 Bandara Internasional Narita Tokyo (NRT) 49

11 Bandara Internasional John F. Kennedy New York (JFK) 48

12 Bandara Internasional Incheon Seoul (ICN) 45

13 Bandara Munich (MUC) 45

14 Bandara Zurich (ZRH) 44

15 Bandara Internasional Haneda Tokyo (HND) 42

16 Bandara Internasional Los Angeles (LAX) 40

17 Bandara Internasional Pearson Toronto (YYZ) 37

18 Bandara Internasional Beijing Capital (PEK) 37

19 Bandara Internasional Kansai Osaka (ITM) 37

20 Bandara Internasional Hongqiao Shanghai (SHA) 36

 

Dari dalam negeri, mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) mencatatkan 577.496 pergerakan penumpang pada puncak arus mudik Lebaran 2024 yang terjadi pada Sabtu, 6 April 2024. Jumlah ini lebih tinggi 21 persen dibandingkan dengan trafik pada periode yang sama di tahun lalu yang mencapai 476.851 pergerakan penumpang.

4 dari 4 halaman

Bandara Tersibuk di Musim Mudik Lebaran

Sebanyak 35 bandara yang dikelola InJourney Airports juga melayani 4.157 pergerakan pesawat, atau tumbuh sebesar 13 persen. InJourney Airports mencatat bandara dengan jumlah pergerakan penumpang tertinggi pada puncak arus mudik Lebaran adalah Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dengan 187.750 pergerakan penumpang.

Disusul oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 34.315 pergerakan penumpang, dan Bandara Juanda Surabaya dengan 23.087 pergerakan penumpang.

"Di tengah tingginya tren trafik, InJourney Airports melalui 35 bandara yang dikelola berkomitmen untuk dapat menghadirkan pelayanan terbaik, serta tentunya untuk mewujudkan operasional penerbangan dan bandara yang selamat, aman, dan nyaman," ujar Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi dalam keterangan tertulis, Senin, 8 April 2024.

Sebelumnya diberitakan, 188.795 penumpang diprediksi memenuhi Bandara Internasional Soekarno Hatta saat puncak arus mudik Lebaran 2024 pada 6 April 2024. Jika jumlah prediksi itu benar, pergerakan penumpang pada 2024 sudah menyamai sebelum pandemi COVID-19 pada 2019.

"Itu artinya naik 7 sampai 8 persen bila dibandingkan tahun lalu, atau kalau proyeksi 2024 ini benar, yakni pergerakan penumpang mencapai 188 ribu lebih pax, maka hampir 100 persen dibandingkan tahun 2019 atau sebelum pandemi. Jadi itu cukup bagus," ungkap EGM Bandara Soekarno Hatta, Dwi Ananda Wicaksana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.