Sukses

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor untuk Habiskan Libur Lebaran 2024 Bersama Keluarga

Bogor yang biasa dijadikan pilihan warga ibu kota untuk jalan-jalan melepas penat nyatanya punya lebih banyak tempat wisata yang tidak terpusat hanya di sekitar Puncak saja.

Liputan6.com, Jakarta - Bogor yang biasa dijadikan pilihan warga ibu kota untuk jalan-jalan melepas penat nyatanya punya lebih banyak destinasi wisata yang tidak semata wisata alam. Lokasi wisata tersebut juga tidak kalah menyenangkan daripada beberapa kawasan wisata populer yang biasa dikunjungi.

Pada libur Lebaran 2024 ini, ada beberapa pilihan alternatif wisata di Bogor yang patut dicoba. Dari wisata alam, budaya, hingga kuliner, berikut destinasi wisata yang bisa dinikmati bersama keluarga, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Telaga warna

Bila sering lewat Jalan Raya Puncak-Cianjur, tapi tidak pernah tahu lokasi wisata ini, Anda mungkin ingin mulai pertimbangkan berhenti di sini pada perjalanan selanjutnya ke Puncak. Telaga Warna di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor adalah wisata alam yang sudah resmikan sebagai cagar alam sejak 1972, berupa danau yang bisa berganti warna setiap cuacanya. 

Secara ilmiah, air yang bisa berubah warna ini disebabkan alga di danau. Tumbuhan jenis algae ini memenuhi danau dan dapat berubah warna. Jadi bagian dari kawasan Cagar Alam hutan Gunung Mega Mendung dan hutan Gunung Hambalang, Telaga Warna juga rumah bagi berbagai macam flora dan fauna liar.

Untuk tiket, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk Rp5 ribu untuk hari kerja dan Rp7,5 ribu pada akhir pekan. Sementara, wisatawan asing harus membeli tiket Rp100 ribu di hari kerja dan Rp150 ribu ketika akhir pekan. Di sekitar Telaga Warna juga tersedia fasilitas penginapan dengan harga mulai dari Rp100 ribu per malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. The Ranch Cisarua

Masih di kawasan Jalan Raya Puncak-Cianjur, Anda bisa pergi ke The Ranch Cisarua Puncak yang menyediakan wisata alam berkuda layaknya tinggal di dalam pertanian. Terletak di Jalan Raya Puncak-Cianjur KM 77,5, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Anda bisa mengakses lokasi ini menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Tempat wisata ini buka pukul 09.00 hingga 21.00 WIB untuk hari kerja, dan pukul 08.00--21.00 pada akhir pekan. Untuk masuk ke The Ranch Cisarua, pengunjung harus membayar harga mulai dari Rp25 ribu per orang. Pengunjung juga akan menjajal wahana lain di dalam tempat wisata dengan kisaran harga Rp25 ribu--Rp65 ribu.

Di dalam tempat wisata ini, Anda bisa mencoba berkuda layaknya koboi, panahan, bermain di taman bermain yang menyediakan seluncuran dan roller skate, serta bersantai di kafe atau restoran yang tersedia. 

3. Prasasti Batu Tulis

Terletak di pusat Kota Bogor, Prasasti Batu Tulis merupakan peninggalan Kerajaan Pakuan Pajajaran dari abad ke-5. Berisikan upacara peringatan kematian Sri Baduga Maharaja atau ayahanda dari Prabu Surawisesa, di tempat ini, Anda bisa melihat secara langsung bukti tinggalan kebudayaan Indonesia.

Berada di sebuah cungkup yang letaknya tepat di seberang lingkungan Istana Bogor, Prasasti Batu Tulis berdiri bersama sebuah lingga dan batu tiga langkah cap kaki. Hawanya yang sejuk bisa Anda gunakan sebagai tempat bermeditasi atau sekedar bersantai sambil melihat salah satu bukti keagungan budaya Indonesia.

Letaknya persis di Jalan Batu Tuli No. 54, Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, berjarak hanya 15 menit naik motor dari Stasiun Bogor. Tiada ada biaya masuk alias gratis, tapui Anda perlu bayar parkir kendaraan.

3 dari 4 halaman

4. Desa Wisata Sindang Barang

Selanjutnya, Anda bisa memilih berwisata budaya ke desa wisata di sekitar kota Bogor. D antaranya ada Desa Wisata Sindang Barang yang hanya terletak sekitar 5 km dari pusat Kota Bogor. Desa ini disebut masih menyimpan sejumlah tradisi yang berlanjut dari masa Kerajaan Pajajaran hingga saat ini.

Terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Desa Wisata Sindang Barang menawarkan beberapa atraksi budaya salah satunya adalah festival budaya 'Seren Taun' yang dilaksanakan tiap musim panen sebagai bentuk rasa syukur. Di sini juga tersedia kelas menari dan bermain gamelan bagi anak muda yang tidak dikenai biaya alias gratis.

5. Kulineran di Dekat Stasiun Bogor

Anda juga bisa menjajal berbagai kudapan dan camilan di sekitar area Stasiun Bogor, mulai dari sempol, bakso goreng, tahu bulat, hingga sajian yang menyegarkan, seperti es doger. Bila ingin tempat nongkrong asyik di sekitar Stasiun Kota Bogor, Anda tinggal bergeser sedikit ke Kedai Es Teh Jaya Abadi di Jalan Merdeka.

Kedai ini mengusung konsep jadul dan menyediakan berbagai rasa es teh dengan kudapan enak. Kedai ini buka setiap hari dari pukul 9.00 hingga 19.00 dengan harga es teh Rp5 ribu hingga Rp12 ribu saja.

Selain itu, Anda bisa mencoba hidangan taoge goreng legendaris di kedai Taoge Goreng H. Gebro yang letaknya masih dijangkau dengan jalan kaki dari Stasiun Bogor. Sudah berjualan sejak 1943, taoge goreng ini resepnya diwariskan hingga generasi ketiga. Letaknya ada di Pasar Anyar Blok B.2 Jalan Pengadilan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Buka dari pukul 10.00 hingga 17.00 setiap hari, sajaian taoge goreng di sini akan dicampur mi kuning, oncom merah, dan sambal tauco yang lezat. Seporsi taoge goreng dihargai Rp15 ribu.

4 dari 4 halaman

6. Puncak Fantasy Land

Punya banyak anak-anak dan keponakan yang minta jalan-jalan di hari libur Lebaran, namun ingin suasana taman bermain yang berbeda? Anda bisa menyambangi Puncak Fantasy Land, wisata taman bermain dalam ruangan yang cukup nyaman.

Terletak di dalam arena The Ranch Cisarua, di sini Anda bisa menemukan berbagai wahan taman bermain yang cocok untuk anak-anak, seperti seluncuran raksasa, sepatu roda, dan bermain salju. Tempat yang buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 21.00 ini juga menawarkan berbagai spot berfoto yang Instagrammable. 

Dengan harga tiket Rp35 ribu per orang di luar tiket masuk The Ranch Cisarua, Anda bisa menikmati semua layanan bermain di dalam kawasan ini. Hal yang paling menarik banyak wisatawan adalah wahana hujan salju yang terbuat dari es asli.

Namun, hujan salju ini tidak turun setiap saat, melainkan hanya tiga kali dalam sehari, yaitu pukul 12.00, 15.00, dan 17.00 untuk hari kerja. Sedangkan untuk akhir pekan, hujan salju akan turun sebanyak empat kali, yaitu pukul 11.00, 13.00, 16.00, dan 19.00.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.