Sukses

Tanpa Kate Middleton, Mengapa Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Berbusana Hijau Saat Rayakan Paskah?

Tanpa Kate Middleton, setidaknya ada tiga bangsawan perempuan yang memakai busana hijau ke perayaan Paskah, Minggu, 31 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III dan Ratu Camilla menghadiri kebaktian Easter Mattins pada Minggu, 31 Maret 2024, bersama beberapa anggota keluarga Kerajaan Inggris. Di antaranya, tidak ada Pangeran William dan Kate Middleton yang memilih menghabiskan momen itu secara privat setelah pengumuman diagnosis kanker Putri Wales.

Melansir Hello, Senin (1/4/2024), Istana Buckingham menggambarkan agenda tersebut sebagai hal yang "sangat menggembirakan" dalam konteks kemajuan pengobatan kanker Raja. Lebih banyak optimisme pun terlihat pada pakaian anggota keluarganya, karena tiga perempuan penting untuk Charles memilih mengenakan busana berwarna signifikan.

Ratu Camilla, Putri Anne, dan Sarah, Duchess of York, semuanya mengenakan ansambel bernuansa hijau, warna yang secara tradisional diasosiasikan dengan alam, musim semi, dan kehidupan baru. Sementara Ratu berseri-seri dalam gaun mantel hijau zamrud yang anggun dari Anna Valentine, Putri Anne tampak anggun dalam mantel hijau mint dan topi berbulu yang serasi. Tidak kalah menawan, Sarah Ferguson tampil berani dalam gaun berwarna pakis. 

Yang mengharukan, para bangsawan perempuan juga memilih warna hijau ketika mereka memberi penghormatan kepada mendiang Pangeran Philip di upacara syukuran untuk menghormatinya pada 2022. Acara tersebut menampilkan Ratu Elizabeth II, Putri Anne, dan Camilla, yang saat itu bergelar Duchess of Cornwall, mengenakan warna-warna hijau yang dalam. Ratu Spanyol Letizia bahkan mengikuti mereka dengan memilih gaun mantel hijau yang pas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peringatan Lain

Warna hijau dinilai sebagai cara yang tepat untuk mengenang mendiang suami Ratu, yang acap kali diasosiasikan dengan Edinburgh Green semasa hidupnya. Warna tersebut digunakan selama bertahun-tahun untuk corak staf dan mobil pribadinya, termasuk kereta pengemudi di pemakamannya pada April 2021.

Warna tersebut juga bermakna bagi Putri Wales, yang sering memakai warna hijau untuk alasan simbolis. Pada Mei 2023, ia mengenakan gaun kemeja hijau cantik karya Suzannah London untuk memperingati Pekan Kesadaran Kesehatan Mental.

Inisiatif tersebut, yang diberi nama Wear It Green, dengan pernyataan resmi di situs web yayasan berbunyi, "Bergabunglah bersama kami di Wear it Green Day 2023 untuk menggalang dana guna membantu kami menghadirkan layanan kesehatan mental yang baik bagi kita semua."

"Dengan jadi ramah lingkungan, Anda dapat mendukung kami dalam melakukan penelitian penting dan menyampaikan program untuk komunitas yang berbeda," imbuhnya. Kate kemudian mengenakan pakaian hijau di Trooping the Color untuk pertama kalinya, menandakan perannya sebagai Kolonel Pengawal Irlandia.

3 dari 4 halaman

Busana Hijau Bangsawan Inggris

Kate Middleton memilih memadukan gaunnya dengan topi Philip Treacy bertepi lebar berwarna hijau yang serasi, dan anting safir mendiang ibu mertuanya, Putri Diana. Ketika Meghan Markle menghadiri pembaptisan kerajaan pertamanya, ia juga memilih mengenakan pakaian berwarna hijau zaitun.

Ia dan Pangeran Harry menghadiri pembaptisan Pangeran Louis pada 2018. Pada Minggu, 31 Maret 2024, Duchess Sophie tampil memukau dalam mantel ungu cerah dari Prada yang jadi favorit dari lemari pakaiannya. Sementara itu, sang raja, 75 tahun, tampak seperti biasanya dalam balutan mantel rapi dan dasi biru.

Raja Charles dan Ratu Camilla tersenyum saat mereka keluar untuk menghadiri kebaktian tahunan di Kapel St. George di Kastil Windsor. Pasangan kerajaan itu tiba di State Bentley untuk penampilan publik pertama Raja sejak diagnosis kankernya diumumkan pada Februari 2024. Setibanya di sana, mereka digambarkan sedang melambai ke arah kerumunan kecil simpatisan kerajaan yang berkumpul untuk melihat Raja dan Ratu secara sekilas.

4 dari 4 halaman

Siapa Saja yang Absen?

Bersama Kate Middleton dan Pangeran William, ketiga anak mereka: Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis juga absen dari perayaan Paskah kerajaan tahun ini. Namun, mereka bukan satu-satunya yang tidak hadir di depan publik.

Zara dan Mike Tindall yang biasanya bergabung dengan bangsawan saat Paskah, juga tidak hadir tahun ini. Pada kebaktian tahun 2023, Zara tampil berseri-seri dalam balutan gaun berwarna pink cerah dan didampingi kedua anaknya yang lebih besar, Mia dan Lena.

Saudara laki-laki Zara, Peter Phillips, juga biasanya rutin menghadiri kebaktian gereja Paskah, hadir bersama putrinya Savannah dan Isla, tapi tahun ini ia tidak hadir. Sebelumnya, Putri Beatrice dan Putri Eugenie juga pernah memeriahkan pesta kerajaan bersama suami masing-masing, Edoardo Mapelli Mozzi dan Jack Brooksbank. Namun tahun ini, York bersaudara pun absen.

Raja Charles dan Camilla bergabung dengan para bangsawan penting termasuk Putri Anne dan suaminya Sir Timothy Laurence, serta Duke dan Duchess of Edinburgh di perayaan Paskah sederhana tahun ini. Pangeran Andrew, Sarah, Duchess of York, dan Sophie, serta putra Edward, James, Earl of Wessex pun hadir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.