Sukses

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Raya untuk Isi Libur Lebaran 2024, dari Waduk hingga Wahana Permainan

Malang dan sekitarnya menjadi salah satu destinasi utama pemudik di sekitar Jawa Timur dalam musim libur lebaran 2024. Sudah ada ide mau ke mana nanti?

Liputan6.com, Jakarta- Libur lebaran 2024 akan dijelang sebentar lagi. Bagi sebagian keluarga, momen itu kerap dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga mengunjungi berbagai tempat wisata. 

Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Baru menjadi salah satu destinasi para pemudik. Di kawasan ini memiliki banyak objek wisata yang bisa didatangi. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi selama menghabiskan waktu saat lebaran nanti, dikutip dari berbagai sumber. 

1. Waduk Selorejo

Waduk Selorejo terletak di Kecamatan Ngantang, sebelah barat Kota Batu. Mengutip Tripadvisor.co.id pada Kamis, 28 Maret 2024, pemandangannya indah dengan udara sejuk karena berada di ketinggian 600 mdpl.

Di tepi waduk berjejer warung terbuka yang menjual olahan ikan-ikan hasil tangkapan nelayan yang dimasak dengan bumbu tradisional. Ikan yang dijual adalah ikan air tawar, antara lain mujair, udang dan wader. Ikan dapat dimakan di lokasi maupun dibawa pulang.

Di waduk ini juga menawarkan aktivitas wisata yang menyenangkan, seperti flying fox atau petik buah jambu biji atau durian. Lokasi wisata ini cukup luas dengan jembatan gantung yang menjadi salah satu spot foto favorit.

Pengunjung juga bisa berperahu yang banyak disewakan di sini. Dengan menaiki perahu, kita dapat melihat tiga gunung yang mengelilingi danau, yakni Gunung Kawi, Gunung Kelud, dan Gunung Anjasmoro. Di tempat tersebut juga terdapat taman bermain anak, musala, dan toilet. Harga tiket masuknya adalah Rp20 ribu per orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna yang terletak di Kabupaten Malang ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Keunikannya terletak pada pemandangan air laut yang berbeda-beda warna, yaitu biru, hijau, dan bening, tergantung dari kedalamannya. 

Mengutip Tripadvisor.co.id, bagi Anda yang hobi berenang atau menyelam, bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang indah. Harga tiketnya juga terjangkau meski harus menggunakan jasa tour guide untuk maksimal 10 orang per kelompok.

"Pantai paling bersih yang pernah kami datangi, sepi, jadi berasa kayak main di private beach. Biaya-biaya dan persewaannya juga terjangkau walopun menuju ke pantainya dari tempat parkir harus jalan kaki, kurang lebih 2,5 km, hanya satu kilometer yang bisa ditempuh naik ojek," ulas salah satu wisatawan dalam situs tripadvisor.

"Pantainya memang beneran indah, cantik, dan emang kelihatan tiga warna sih meskipun dikit wkwkwk. tapi buat aku sih tetep recommended banget buat kesini karena ada beberapa water sport kayak banana boat sama snorkling dan harganya worth it banget," ulas yang lainnya.

3 dari 4 halaman

3. Florawisata Santerra

Florawisata Santerra adalah taman bunga estetis di Malang. Ketika masuk ke tempat ini, Anda berasa seperti masuk ke dunia dongeng. Di tempat ini juga memiliki banyak fasilitas yang cocok untuk wisata keluarga atau bersama teman. 

Mengutip akun Instagram @exploremalangraya pada Kamis, 28 Maret 2024, di tempat wisata ini memiliki beberapa spot menarik seperti bangunan ala Belanda, bangunan ala kampung Korea. Anda juga bisa menyewa hanbok Korea untuk foto-foto.

Jika lelah berjalan kaki, Anda juga bisa menyewa sepeda listrik atau skuter. Selain pemandangannya yang indah, Anda juga bisa bermain berbagai macam wahana seperti ontang-anting, bianglala, kora-kora, dan banyak lagi.

4. Air Terjun Coban Rondo

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, Air Terjun Coban Rondo wajib dikunjungi saat bepergian ke Malang. Lokasinya bisa dijangkau dalam waktu kurang lebih 30 menit dari pusat Kota Batu. Lokasi air terjun tidak jauh dari parkiran, udaranya sejuk dan airnya sangat dingin. Disarankan untuk datang ke tempat ini pada pagi hari. 

Ketika sampai ke air terjunnya, ada pembatas bagi pengunjung untuk tidak ke tengah air terjun, tapi pembatasnya perlu diperhatikan karena hanya tali biasa. Aliran air dari air terjun menyegarkan karena masih jernih dan tidak ada sampah.

Mengutip Tripadvisor.co.id, harga tiketnya hanya Rp 30 ribuan dan bisa digunakan untuk memasuki beberapa area permainan seperti labirin, petik buah, panahan, menembak dan masuk area air terjun. Di sana tersedia fasilitas toilet, musala, dan warung makan. 

 

4 dari 4 halaman

5. Hawai Waterpark Malang

Bagi Anda yang ingin berlibur ke tempat wisata air, bisa mengunjungi Hawai Waterpark Malang. Mengutip akun Instagram @hawaiwaterpark, Hawai Waterpark diklaim sebagai wahana air yang terbesar di Jawa Timur. Lokasinya berada di Graha Kencana, Singosari, Malang. 

Terdapat kolam renang yang menghadirkan pengalaman seperti terbawa ombak di pantai. Terdapat beberapa perosotan juga dengan berbagai ketinggian dan jenis yang berbeda-beda yang membuat Anda bisa mencoba pengalaman berseluncur di perosotan yang seru.

Harga tiketnya berkisar di harga Rp85 ribu untuk weekday, dan Rp110 ribu untuk hari libur. Wisata ini akan buka dari jam 09.00-17.00 WIB. Anda juga bisa menyewa ban, loker, dan gazebo untuk bersantai dengan harga mulai dari Rp20 ribu.

 

6. Malang Smart Arena

Tempat ini merupakan sport playzone indoor terbesar di Malang. Untuk masuk ke lokasi ini, tidak usah khawatir karena semua usia bisa masuk. Mengutip akun Instagram @malang.smartarena pada Kamis, 28 Maret 2024, di tempat ini banyak sekali permainan yang bisa Anda mainkan bersama keluarga, teman, atau pasangan seperti mega grid. Mega grid ini bisa dimainkan oleh perorangan atau grup.

Harga tiketnya untuk hari biasa Rp90 ribu dan Rp110 ribu untuk hari libur. Bagi Anda yang ingin memuaskan dahaga masa kecil, tempat ini sangat cocok dikunjungi karena banyak mainan seperti mandi bola, main mobil-mobilan, dan playground dengan banyak rintangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini