Sukses

Kanker Kate Middleton Jadi Tantangan Berat Pangeran William Sebagai Calon Raja Inggris

Kate Middleton memuji Pangeran William yang mendukungnya melalui masa terberat setelah ia didiagnosis kanker.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Jumat, 22 Maret 2024, Kate Middleton mengumumkan bahwa ia mengidap kanker dan kini sedang menjalani tahap awal pengobatan. Putri Wales menggambarkan diagnosisnya sebagai sebuah "kejutan besar" dalam pernyataan video yang direkam oleh BBC Studios di Windsor pada Rabu, 20 Maret 2024.

"Kami harap Anda memahami bahwa, sebagai sebuah keluarga, kami sekarang memerlukan waktu, ruang, dan privasi sementara saya menyelesaikan perawatan saya," kata sang putri. "Pekerjaan saya selalu memberi saya rasa gembira yang mendalam dan saya berharap dapat kembali ketika saya mampu, namun untuk saat ini saya harus fokus untuk melakukan pemulihan penuh."

Mengutip CNN pada Sabtu, 23 Maret 2024, Kate tidak mengatakan jenis kanker yang diidapnya. Istana Kensington pun menolak merinci kondisi kesehatan ibu tiga anak itu lebih jauh dan meminta publik menghormati privasinya seperti yang juga dimiliki orang lain.

Dalam situasi tersebut, Kate memuji suaminya, Pangeran William yang selalu mendukungnya. "Memiliki William di sisiku juga merupakan sumber kenyamanan dan kepastian," sambung Kate, dikutip dari The Sun.

Di sisi lain, kabar kanker yang diderita Kate dinilai sebagai tantangan terberat William sebagai calon Raja Inggris. Belum juga lega kekhawatiran karena ayahnya, Raja Charles III, juga mengumumkan mengidap kanker, kini ia harus berbagi fokus antara merawat istri dan anak-anaknya, dan tugasnya kerajaan. Terlebih, struktur anggota Kerajaan Inggris kini makin mengecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tantangan Terberat Pangeran William Sebagai Calon Raja Inggris

Dalam kurun waktu beberapa bulan, hidupnya telah berubah tanpa dapat ditarik kembali. Dia sekarang mulai dibayang-bayangi kemungkinan menjadi Raja Inggris jauh lebih cepat dari yang dia bayangkan. Adiknya, Pangeran Harry, yang di masa lalu akan menjadi satu-satunya orang di dunia yang bisa dimintai bantuan untuk meringankan bebannya, sudah menarik diri.

Salah satu sumber penting di Istana mengatakan, "William melakukan yang terbaik, satu menit dia mengerjakan tugas sekolah dan sekarang dia berada di bawah tekanan yang luar biasa." "Dia sangat dekat dengan takhta dan dia memiliki saudara laki-lakinya yang kejam dan semua publisitas ini beredar."

Ketika Kate berbicara, dia berbicara jauh lebih terbuka tentang kondisinya daripada yang pernah dilakukan anggota keluarga mana pun sebelumnya. Dalam video tersebut, dia menceritakan bahwa dia telah didiagnosis setelah operasi dan menjalani kemoterapi pencegahan. Dia juga menjelaskan bagaimana menjelaskan kondisi kesehatannya kepada ketiga anaknya, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, dalam bahasa yang mereka pahami.

3 dari 4 halaman

Sangat Terpukul oleh Tuduhan dan Asumsi Liar Publik

'Orang dalam' Istana lainnya memberi tahu bahwa William sangat terpukul oleh tuduhan bahwa dia membiarkan istrinya menjadi korban skandal manipulasi foto Hari Ibu. "Bagi semua orang yang berspekulasi, sayang sekali, tidak ada yang berpikir bahwa William sebenarnya lebih peduli menjaga istri dan anak-anaknya," kata orang dalam itu.

Sumber tersebut mengatakan bahwa orang-orang di Istana Kensington juga sangat marah atas lelucon Stephen Colbert tentang William dan dugaan perselingkuhannya dengan Rose Hanbury di saat-saat yang sulit seperti itu. "Dia (Colbert) berutang permintaan maaf besar-besaran kepada mereka, ini mengerikan," kata orang dalam tersebut.

Tingkat keparahan penyakit istrinya baru diketahui ketika William membatalkan untuk datang ke peringatan kematian ayah baptisnya, Raja Constantine, pada Rabu, 28 Februari 2024. Para pejabat mengatakan hal itu "karena alasan pribadi."

Hal ini semakin membuat penasaran karena kebaktian diadakan di Kapel St George, hanya beberapa menit dari rumahnya di Windsor dan di acara tersebut, William seharusnya bersiap untuk berpidato. Faktanya, sumber kini mengonfirmasi, William berada di sisi istrinya di tengah diagnosis kankernya.

4 dari 4 halaman

Perkiraan Pangeran William Menjadi Raja Lebih Cepat dari yang Dibayangkan

Betapa pentingnya peran dia dan istrinya bagi masa depan monarki, sudah jelas selama bertahun-tahun. Hal ini semakin diperkuat oleh monarki "perampingan" ayahnya, Raja Charles.

Sumber menyebut Pangeran William sebenarnya berharap dia memiliki waktu sekitar 20 tahun sebelum menjadi Raja Inggris. Namun, tahun ini telah mengubah perhitungan itu sepenuhnya dan William sekarang seolah sedang dikejar waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi peristiwa penting, yaitu momen ketika ia pertama kali dipanggil dengan sebutan "Yang Mulia."

Dengan logika monarki yang tiada henti, Page Six telah mengetahui bahwa rencana untuk pemakaman ayahnya, raja, dan Ratu Camilla sudah berjalan dengan baik. Untuk saat ini, persiapan serius tersebut akan berjalan tanpa keterlibatan William saat dia berada di sisi Kate. Begitu pula dengan peristiwa-peristiwa dalam kalender kerajaan seperti Hari Paskah. Warga Wales tidak akan menghadiri kebaktian Paskah tradisional di Kapel Windsor.

Meski begitu, di samping kesetiaan suaminya, Kate juga merasa nyaman karena ibu dan ayahnya, Carole dan Mike Middleton tinggal berdekatan. Begitu pula dengan kehadiran saudara perempuannya Pippa dan suaminya James Matthew serta ketiga anak kecil mereka.

Saat dia berkata, "Saat ini, saya juga memikirkan semua orang yang hidupnya terkena dampak kanker. Untuk semua orang yang menghadapi hal ini mohon jangan kehilangan keyakinan atau harapan. Anda tidak sendiri."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.