Sukses

Jungkook BTS Ternyata Bertugas Jadi Tukang Masak Selama Wamil

Jungkook BTS sempat menyapa penggemarnya di tengah ia menjalani wamil pada 16 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 16 Maret 2024, Jungkook BTS mengejutkan ARMY, sebutan penggemar BTS, dengan membagikan kabar terbarunya selama menjalani wajib militer (wamil). Ia memulainya dengan menyapa para penggemar. 

"ARMY, apa kabar? Aku baik-baik saja," tulisnya di Weverse, dikutip dari Koreaboo, Rabu (20/3/2024).

Di kesempatan itu, ia berbagi cerita tentang rutinitasnya selama bertugas. Jungkook mengaku banyak berolahraga dan terampil membersihkan ruangan, termasuk langit-langit. "Aku juga memasak dengan baik," ujarnya.

Hal itu kemudian memunculkan kabar bahwa maknae BTS tersebut saat ini menjalani tugas wamil sebagai tukang masak. Informasi tersebut dikonfirmasi berbagai media yang menyebut pelantun lagu Seven itu memang beralih dari panggung ke dapur, menunjukkan bakat memasaknya.

Menurut laporan dari industri musik dan otoritas terkait, setelah menyelesaikan pelatihan dasar di Divisi 5 Angkatan Darat Korea Selatan, Jungkook dengan lancar beralih ke perannya sebagai tukang masak di kesatuan. Keterampilan memasaknya bukan lagi rahasia di kalangan penggemar, kendati awalnya Jin lebih sering terlihat memasak.

Namun belakangan, Jungkook sering membagikan petualangan kulinernya di Weverse dan melalui live streaming pribadi, menyiapkan berbagai hidangan, mulai dari pasta hingga mi soba. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah menciptakan resep bulgueri, yakni kombinasi rasa ramyun "neoguri" dan "buldak."

Mengutip Koreaboo, 24 Maret 2023, Jungkook menunjukkan cara pembuatannya yang sederhana. Ia hanya mencampur mi dan bumbu Neoguri dan Buldak untuk menciptakan "perpaduan rasa yang sempurna."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hak Cipta Diserobot Produsen Mi?

Resep itu seketika viral. Kesempatan itu dimanfaatkan produsen ramyun Korea Selatan, Nongshim, mengajukan hak cipta untuk "bulgeuri," resep ramyun kreasi Jungkook BTS.

Investigasi EToday mengungkap bahwa Nongshim telah mengajukan hak cipta untuk "bulgeuri" pada hari yang sama dengan unggahan Jungkook. Ketika dimintai pernyataan, seorang karyawan Nongshim menjelaskan bahwa mereka mencoba memblokir bisnis lain untuk memanfaatkan istilah tersebut.

Ia berkata, "Jungkook BTS secara pribadi memperkenalkannya dan itu jadi masalah besar, jadi kami hanya mengajukannya dengan tujuan mencegahnya digunakan secara tidak hati-hati untuk bisnis, melindungi hak cipta Neoguri. Ini hanyalah tindakan bisnis yang protektif."

Di sisi lain, beberapa warganet dan ARMY mengungkap kekecewaannya terhadap brand tersebut. Mereka percaya, hak cipta harus diberikan pada Jungkook, karena ia adalah orang pertama yang mempublikasikan resep tersebut.

"Yah… Melihat bagaimana mereka juga merilis produk Jjapaguri, saya merasa mereka akan merilis ini juga," komentar seorang pengguna, sementara yang lain menulis, "Karena sudah begini, mereka harus mengangkat Jungkook sebagai juru bicara."

3 dari 4 halaman

Masak dan Makan Ditemani Penggemar

Sebelumnya, Nongshim telah mengajukan hak cipta atas istilah "Jjapaguri" setelah jadi terkenal melalui film Parasite. Kemudian pada 2020, mereka merilis mi cup Jjapaguri. Contoh lain, setelah resep kari dan Neoguri jadi terkenal, mereka juga merilis mi Neoguri rasa kari.

Yang lain memilih percaya pada Nongshim karena Buldak milik Samyang Foods, sementara Neoguri milik Nongshim, membuat peluang salah satu merek menjual produk untuk mendapatkan keuntungan agak rendah. Sejauh ini, Jungkook belum angkat bicara soal itu.

Alih-alih, ia malah mengejutkan penggemar dengan siaran larut malam yang singkat, namun manis pada Jumat dini hari, 24 Maret 2023. Meski sudah hampir pukul empat pagi di Seoul, Jungkook mengaku belum makan dan ingin memasak.

Setelah memasak makanannya, idol berusia 25 tahun ini memakannya di depan ARMY. Para penggemar tidak bisa tidak memperhatikan betapa dramatisnya Jungkook saat dia makan. Ia tampak sangat bangga dengan apa yang telah dimasaknya, mengatakan, "Saya membuatnya sendiri, tapi sangat enak."

4 dari 4 halaman

Rutin Memasak di Masa Pandemi

Keterampilan memasak Jungkook juga diasah selama masa pandemi COVID-19. Saat jadi bintang tamu di acara radio "Bae Chul Soo's Music Camp," beberapa waktu lalu, vokalis BTS itu mengaku menghabiskan banyak waktu di rumah dengan memasak.

"Aku tidak bisa fokus hanya pada satu hal, jadi aku mencoba banyak hal yang berbeda. Mengerjakan lagu tentu salah satunya. Aku menekuni tinju, lalu bermain gitar, melukis, membaca buku, aku mencoba memasak dan berolahraga," ucapnya pada seperti dilansir dari Koreaboo, 29 September 2020.

"Aku suka membuat pizza karena aku memang suka makan pizza, jadi aku mencoba untuk membuatnya sendiri dan ternyata bisa," lanjutnya.

Hal itu juga diakui oleh teman satu grupnya, Jin. Bahkan menurut Jin, sejak Jungkook BTS belajar membuat pizza, ia selalu makan pizza selama satu bulan penuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.