Sukses

Isi Pidato Radhika Merchant di Pesta Prewedding Senilai Rp2,3 Triliun Dinilai Hasil Nyontek Adegan Film

Radhika Merchant sempat menyapa para tamu bersama tunangannya, Anant Ambani, di pesta prewedding yang digelar tiga hari.

Liputan6.com, Jakarta - Pesta prewedding Radhika Merchant dan Anant Ambani yang digelar tiga hari sudah berlalu. Pesta tersebut digadang-gadang menghabiskan biaya Rp2,4 triliun karena menyediakan layanan bintang lima untuk 1.200--1.500 tamu, termasuk Bill Gates, Mark Zuckerberg, Ivanka Trump, dan bintang-bintang Bollywood.

Namun, drama baru mengemuka. Isi pidato yang disampaikan Radhika di pesta prewedding tersebut dituding hasil menyontek adegan film Hollywood, Shall We Dance, yang dirilis pada 2004. Di film tersebut, Susan Sarandon yang memerankan karakter Jenkins mengatakan, "Setiap hari kamu mengatakan hidupmu tidak akan luput dari perhatian karena ada saya. Hidupmu tidak akan luput dari saksi karena saya akan jadi saksimu."

Dikutip dari laman news.com.au, Jumat (15/3/2024), perkataan serupa disampaikan Radhika dalam pidato tersebut. Ia menyampaikan, "Hidupmu tidak akan luput dari perhatian karena saya akan memperhatikannya. Hidupmu tidak akan berlalu tanpa disaksikan karena saya akan menyaksikannya."

Banyak orang di dunia maya yang menunjukkan kesamaan yang jelas dan menuduh Merchant dengan sengaja 'meniru' naskah film Hollywood tersebut. "Dia meniru. Selesai perkara," tulis seseorang di X, dulunya Twitter. "Kukira dia pasti pakai ChatGPT," duga warganet berbeda.

"Sepertinya Radhika Merchant menemukan 'naskah' cintanya di koleksi DVD!" komentar warganet berbeda. "Sepertinya keluarga Ambani perlu menjelaskan sesuatu," tulis yang lain. Meski begitu, banyak pula yang membela calon menantu Mukesh Ambani itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibela Warganet Lain

"Saya tahu film dan dialog ini dengan sangat baik sehingga saat dia mengucapkan kalimat itu, saya tahu film inilah yang dia bicarakan. Tidak sedetik pun dia mengklaim pidato itu ditulis olehnya," ucap warganet berbeda.

Sementara, yang lain menyoroti ucapan Radhika di awal pidato yang berbunyi, "Seseorang pernah memberi tahu saya apa yang sebenarnya Anda temukan ketika menemukan pasangan." "Sebenarnya dia, secara harfiah, memulai bagian pidatonya dengan mengatakan, 'Seseorang pernah memberitahuku,'" tegas warganet berbeda di X.

"Bisa dibilang dia seharusnya mengutip nama filmnya jika dia mengetahuinya, tapi tidak ada dalam pidatonya dia mengklaim bahwa itu adalah dialog atau tulisannya," imbuh yang lain.

Pesta prewedding anak bungsu Nita dan Mukesh Ambani itu jadi sorotan karena mengundang banyak orang ternama. Bahkan, Rihanna kembali naik panggung setelah bertahun-tahun tidak menggelar konser untuk menghibur para tamu yang hadir. Forbes melaporkan bahwa pelantun lagu Umbrella itu dibayar Rp99,5 miliar untuk pertunjukan tersebut.

3 dari 4 halaman

Sajikan Ratusan Menu untuk Ribuan Tamu

Mengutip NY Post, 3 Maret 2024, pesta prewedding itu berpusat di Jamanagar, India yang merupakan kampung halaman keluarga Ambani. Uang triliunan rupiah itu dihabiskan salah satunya untuk membayar katering yang ditangani grup hotel papan atas di India seharga 20 juta poundsterling atau sekitar Rp398,69 miliar, menurut laman e.vnexpress.net, dilansir 4 Maret 2024.

Tersedia 500 macam hidangan yang dibuat sekitar 100 koki. Daftar tamu juga mencakup Mohammed Bin Jassim al Thani, perdana menteri Qatar; Stephen Harper, mantan perdana menteri Kanada; serta Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyal Wangchuck dan Ratu Jetsun Pema. Pada Rabu, keluarga Ambani menyelenggarakan layanan makanan komunitas untuk 51 ribu orang yang tinggal di desa-desa terdekat.

Anggaran tersebut juga dialokasikan untuk akomodasi sejumlah staf dan tim kuliner yang terdiri dari 21 koki dari Kota Indore, India yang menyiapkan beragam hidangan yang mencakup masakan India, Meksiko, China, dan Eropa. Selain itu, pengeluaran lain dipakai untuk mengatur penginapan mewah di dekat Jamnagar untuk sekitar 1.000 tamu. Sumber yang dekat dengan keluarga Ambani menyatakan, total pengeluaran mungkin meningkat, mengingat pernikahan dijadwalkan di Mumbai pada Juli 2024.

4 dari 4 halaman

Profil Radhika Merchant

Radhika Merchant tercatat lahir di Mumbai, 18 Desember 1994. Ia adalah putri dari Viren Merchant, CEO Encore Healthcare, sebuah perusahaan farmasi terkemuka di negara itu. Sementara, ibunya adalah Shaila Merchant.

Radhika bersekolah di The Cathedral and John Connon School di Mumbai, lalu Ecole Mondiale World School, dan menyelesaikan diploma International Baccalaureate di BD Somani International School. Ia kemudian mengambil jurusan politik dan ekonomi di New York University, dan lulus pada 2017.

Ia memulai perjalanan profesionalnya dengan magang di perusahaan konsultan Desai & Diwanji. Radhika kemudian bergabung dengan Isprava, sebuah perusahaan real estat yang berbasis di Mumbai, sebagai manajer penjualan junior. Ia saat ini menjabat sebagai direktur di Encore Healthcare.

Terlepas dari itu, calon istri Anant Ambani ini dikenal sebagai seorang penari Bharatanatyam yang terampil, ditandai dengan dedikasi dan pelatihan bertahun-tahun di bawah bimbingan Guru Bhavana Thakar dari akademi tari Shree Nibha Arts yang berbasis di Mumbai. Ia tercatat pernah tampil di upacara Arangetram di Jio World Center pada 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.