Sukses

Pengalaman Pertama Kunto Aji Ciptakan Lagu Religi sampai Harus Benahi Ibadah Shalatnya

Di momen Ramadhan, Kunto Aji yang memulai kariernya dari ajang pencarian bakat ini terlibat penggarapan sebuah series dengan menciptakan lagu religi.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Kunto Aji dikenal publik sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu yang sarat makna. Di momen Ramadhan, musisi yang memulai kariernya dari ajang pencarian bakat ini terlibat sebuah garapan series dengan lagu religi ciptaannya.

"Ini pertama kalinya gua rilis lagu religi," ungkap Kunto Aji saat acara Ramadan Gathering bersama Kahf bertajuk 'Hidupkan #DetikDetikBerKah' di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 14 Maret 2024.

Berjudul "Hiduplah Sebelum Mati", lagu tersebut diciptakan dan diproduksi hanya dua minggu. Ketika ditanya kesulitan dan hal yang dilakukan agar mendapat inspirasi, pria kelahiran Sleman itu menjawab bahwa ia sampai harus memperbaiki ibadah shalat-nya.

"Memperbaiki shalat saya dulu, yang jelas ya karena menulis hal yang harus ada dalam diri kita banyak ilmu yg harus kita serap," beber pria 37 tahun itu.

Dengan judul lagu tersebut, kata "hidup" ia maknai dengan lebih menyentuh. "Hanya dengan menambah satu imbuhan (lah) hiduplah, bahwa kita tidak sekadar menjalani keseharian, hidup itu hidup dan menghidupi," sambungnya lagi.

Menurutnya, butuh waktu panjang untuk meriset mengenai hal yang bersifat spiritual. Tapi, ia yang sejak awal ditawari proyek tersebut sudah mendapat kisi-kisi tema agar sesuai dengan cerita web series. "Sebenarnya sama (seperti menulis lagu biasanya) ngalir aja," tukasnya lagi.

Itu sebabnya, tenggat waktu dua minggu untuk menciptakan lagu tersebut ia sanggupi. Bekerja sama dengan salah satu produk perawatan pria, Kunto Aji diajak menyelami soal waktu yang merupakan terjemahan dari salah satu surat di Alquran, yaitu Al-Asr dengan lima perkaranya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teringat Waktu dan Berbuat Kebaikan

"Tidak terlalu literal, karena spesifik walau tantangannya besar sekali," tambah pria dengan rambut ikal ini.

Mengingat bulan Ramadan yang kembali datang, Kunto Aji pun kembali teringat dengan momen masa kecilnya. Ia pun mengaku selalu rindu untuk bertemu dengan bulan Ramadhan.

"Ada bongkahan besar tentang memori masa kecil yang menyenangkan. Teraweh bareng, main petasan, bangunin orang sahur. Ramadan bukan hanya bulan ibadah tapi juga bulan mencari kedamaian diri," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Bryan Domani mengungkap keterlibatannya sebagai aktor dalam series sebagai kampanye bulan Ramadan Kahf bertajuk "Detik-Detik BerKahf". "Terlibat di project ini agak mendadak," sebut pria blesteran Jerman itu.

Namun karena pekerjaan ini memiliki misi untuk mengingatkan dan menyentuh orang lain melalui pesan religius agar teringat kembali berbuat kebaikan, Bryan berharap bisa mendapat berkahnya. "Ceritanya simpel tapi ngena, jadi saat nonton series ini ada pesan bahwa setiap detik penting untuk berbuat kebaikan," katanya lagi.

3 dari 4 halaman

Bryan Domani Syuting Web Series Religi

Bryan juga berbagi pengalaman selama syuting web series religi tersebut. Hal yang paling personal menyentuh dirinya adalah pesan tentang hidup sebelum mati, bahwa ia perlu lebih banyak berbuat baik untuk orang di sekelilingnya.

"Yang baru aku lakukan saat ini kebaikan untuk diri sendiri, tapi lupa melakukan kebaikan untuk orang lain," tukasnya.

Ia pun melanjutkan, "Makanya setiap detik penting kita tidak tahu waktunya (mati), lakukan kebaikan InsyaAllah jadi kebaikan."

Sebagai anak yang mengikuti orangtuanya tinggal di luar negeri, Bryan mengaku tidak memiliki banyak memori indah saat bulan Ramadhan. Namun saat dewasa, ia merasakan suasana Ramadhan yang berbeda. Menurutnya, itu adalah momen yang dirindukan karena banyak acara kumpul keluarga. 

"Apalagi jam 5 perut makin laper, aku appreciate kita menahan sekian jam dan membuat aku belajar ternyata kepuasan itu singkat, untuk mendapatkannya sepuluh menit saja (buka puasa)," sebut Bryan. 

4 dari 4 halaman

Momen Bryan Domani Salat Jumat

Mengutip kanal Citizen Liputan6.com, 17 Januari 2024, rekaman video Vino G Bastian, Bryan Domani, dan Indra Jegel saat sedang menjalankan salat Jumat bersama, sempat menghebohkan warganet. Video tersebut diunggah oleh akun @telurucul di TikTok, pada Jumat, 12 Januari 2024.

Pada unggahan tersebut, ketiganya tampak rela salat Jumat di luar dekat tempat sandal karena kondisi masjid penuh dengan jemaah. Bahkan, Bryan Domani menyempatkan waktunya untuk memindahkan palang pembatas agar mereka bisa salat dengan nyaman.

Unggahan video itu langsung mendapat banyak komentar dari warganet, karena ketiganya terlihat tampan dan sangat khusyuk saat salat Jumat berlangsung. Pada unggahan, mereka terlihat memakai baju santai yang sopan.

Vino G Bastian terlihat mengenakan kaus hitam dan celana training, sedangkan Bryan Domani memakai kaus hitam dan sarung merah. Kemudian, sang komika Indra Jegel memakai kaus putih dan celana panjang. Usai dipuji karena ketiganya tetap menjalankan kewajiban mereka untuk shalat Jumat, warganet juga banyak yang salah mengira kalau Vino dan Bryan Domani seorang non-muslim. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini