Sukses

Agar Membersihkan Rumah Jadi Lebih Mudah, Simak Tips Memilih Vacuum Cleaner Sesuai Kebutuhan

Ada vacuum cleaner yang bisa dipilih berdasarkan ukuran misalnya berukuran besar dan ada juga yang vacuum anti jamur, namun tidak semua produk vacuum memiliki teknologi hot air drying maupun hot air washing.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan buat dimiliki di rumah, guna membantu membersihkan setiap sudut ruangan adalah vacuum cleaner. Yup, vacuum cleaner banyak dipilih untuk membersihkan rumah karena punya banyak pilhan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Ada vacuum cleaner yang bisa dipilih berdasarkan ukuran misalnya berukuran besar dan ada juga yang vacuum anti jamur. Nah, vacuum anti jamur memang cukup banyak digunakan masyarakat, namun tidak semua produk vacuum memiliki teknologi hot air drying maupun hot air washing. Salah satu vacuum yang memiliki teknologi tersebut adalah Hot Air Drying [H13 Pro & X30] dari Dreame. 

Tips Memilih Vacuum Cleaner

Sebelum membeli vacuum cleaner, alangkah baiknya Anda mengetahui tips memilihnya lebih dulu,  supaya tidak salah beli. Berikut merupakan ulasannya.

1. Ketahui Jenis Vacuum Cleaner

Satu hal utama yang harus Anda ketahui sebelum membeli vacuum cleaner ialah mengetahui jenisnya. Di pasaran, umumnya ada 5 jenis vacuum cleaner yang bisa Anda pilih yaitu upright vacuum cleaner, cordless vacuum cleaner, robotic vacuum cleaner, handheld vacuum cleaner, dan vacuum cleaner anti jamur.

Secara umum, robotic vacuum cleaner ialah vacuum cleaner berbentuk robot yang bisa bekerja secara otomatis tanpa harus menggunakan tenaga manusia. Sementara itu, handheld vacuum cleaner ialah vacuum genggam tanpa pipa yang biasa digunakan untuk membersihkan sofa atau tempat tidur.

Upright vacuum cleaner ialah vacuum cleaner yang berbentuk tegak dan biasa digunakan untuk membersihkan karpet. Untuk membersihkan debu, kotoran, bahkan jamur, Anda bisa memilih vacuum cleaner jenis anti jamur.

2.Pilih Vacuum Anti Jamur Berteknologi Hot Air Drying

Memilih vacuum anti jamur yang tepat membuat Anda tenang karena tidak perlu khawatir jamur akan tumbuh. enggan memilih vacuum yang memiliki teknologi hot air drying dan hot air washing sehingga bisa menghindari pertumbuhan jamur dan menghindari vacuum mudah rusak. Salah satu vacuum yang memiliki teknologi tersebut adalah Hot Air Drying  [H13 Pro & X30] yang mana pertumbuhan jamur pada brush akan terhambat dan dapat dihindari dengan teknologi Hot Air Drying. 

3. Ketahui Kemampuan Daya Hisapnya

Memahami spesifikasi vacuum cleaner adalah hal yang penting, sebab di dalamnya ada informasi mengenai kemampuan daya hisap dari suatu vacuum cleaner. daya hisap yang tinggi menjadi salah satu tips membeli vacuum cleaner yang berkualitas.

Walaupun begitu, ada juga yang kemampuan daya hisapnya tidak terlalu tinggi, biasanya vacuum cleaner tersebut digunakan untuk pembersihan yang ringan-ringan saja.

Untuk membersihkan ruangan yang luas dan membutuhkan pembersihan ekstra baik kering maupun basah, Anda sebaiknya memilih vacuum cleaner dry and wet. Tentunya, pemilihan vacuum cleaner kembali lagi pada kebutuhan Anda untuk membersihkan apa saja.

4. Pilih Bobot yang Ringan dan Mudah Disimpan

Selanjutnya, pilih bobot yang ringan dan mudah disimpan. Apabila Anda mencari vacuum cleaner untuk kebutuhan pembersihan sehari-hari di rumah, maka sebaiknya pilih vacuum cleaner yang bobotnya ringan dan mudah disimpan.

Apabila menggunakan vacuum cleaner yang berat untuk penggunaan sehari-hari, tentu Anda akan merasa lebih cepat lelah, apalagi jika harus dilakukan secara manual.

Apabila Anda tidak memiliki kapasitas ruang lebih di rumah untuk sekedar menyimpan vacuum cleaner, maka Anda bisa memilih vacuum cleaner portabel tanpa kabel. Alat ini biasanya mudah dilipat atau disimpan di sudut-sudut rumah.

Jika pun harus memiliki vacuum cleaner berukuran besar, pastikan Anda memiliki ruang atau area khusus penyimpanannya. Tidak perlu terlalu luas, yang penting vacuum cleaner mudah dicari saat Anda akan menggunakannya kembali.

5. Sesuaikan dengan Daya Listrik di Rumah

Saat memilih vacuum cleaner, alangkah lebih baiknya pula jika Anda tidak melupakan daya listrik di rumah Anda. Jangan sampai listrik di rumah jebol hanya karena penggunaan vacuum cleaner.

Perlu diketahui, semakin tinggi daya listrik pada vacuum cleaner, maka semakin besar pula daya hisap dan penggunaan listrik di rumah Anda. Maka dari itu, pastikan Anda membaca spesifikasi produk terlebih dulu sebelum membelinya. Jika perlu, tanyakan pada penjual mengenai spesifikasi lengkapnya.

Biasanya penjual akan menanyakan terlebih dulu tujuan kegunaan vacuum cleaner yang Anda cari untuk apa. Nantinya, penjual akan merekomendasikan jenis vacuum cleaner dengan daya listrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Perhatikan Filter dan Tingkat Kebisingan

Pilihlah vacuum cleaner yang mempunyai teknologi filter high efficiency particulate air (HEPA) untuk menyaring debu yang masuk. Apalagi, bagi Anda yang mempunyai hewan peliharaan berbulu di rumah. Adanya fitur ini maka sisa bulu hewan dapat tersedot sempurna dan sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Di samping itu, pilih juga vacuum cleaner dengan tingkat kebisingan rendah atau kurang dari 70 dB. Tujuannya yaitu agar tidak mengganggu semua orang yang ada di rumah atau bahkan mengganggu Anda saat membersihkan rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vacuum Cleaner Dreame

Dari penjelasan di atas, kini Anda sudah mengetahui beberapa tips memilih vacuum cleaner yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Vacuum cleaner Dreame menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda yang sedang mencari vacuum cleaner.

Dreame menawarkan berbagai produk vacuum cleaner dan robot vacuum dengan teknologi canggih. Salah satunya adalah hot air washing dan hot air drying yang mampu membersihkan dengan sangat baik.

Alat ini juga bisa digunakan tidak hanya di rumah, melainkan juga di apartemen, villa, hotel, dan sebagainya yang memerlukan pembersihan otomatis dengan vacuum cleaner. Tentunya, dengan menggunakan vacuum cleaner, pembersihan jauh lebih mudah, cepat, dan efisien.

Dapatkan produk vacuum cleaner terbaik dari Dreame sekarang juga! Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa telusuri website resmi Dreame.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini