Sukses

Boneka Barbie Helen Mirren untuk Rayakan Hari Perempuan Internasional, Ada Piala Oscar-nya

Barbie merayakan Hari Perempuan Internasional dengan mengeluarkan koleksi boneka tokoh spesial. Salah satunya adalah Helen Mirren.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris asal Inggris, Helen Mirren menjadi salah satu tokoh yang dibuatkan boneka Barbie edisi spesial memeringati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada Jumat, 8 Maret 2024. Boneka Barbie Helen Mirren itu bahkan dilengkapi dengan miniatur piala Oscar.

"Saya benar-benar terpesona oleh Barbie saya," kata aktris berusia 78 tahun dalam sebuah pernyataan.

Mengutip New York Post, Kamis 7 Maret 2024, bintang film The Queen itu dipilih Barbie untuk dibuatkan bonekanya karena dianggap salah satu panutan untuk para perempuan. Mirren yang dianugerahi gelar Dame dari Kerajaan Inggris itu mengaku tidak pernah membayangkan momen itu sebelumnya di sepanjang hidupnya.

"Dipilih oleh Barbie sebagai panutan adalah pujian yang sangat besar, dan sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan dalam mimpi terliar saya terjadi pada saya pada tahap ini dalam hidup saya. Itu adalah hal yang sangat istimewa," lanjut Mirren.

Boneka Barbie Helen Mirren didandani mengenakan gaun biru Del Core dengan rambut yang diwarnai serasi. Kostum itu terinspirasi dari penampilannya saat di Festival Film Cannes tahun lalu.

"Saya suka boneka Barbie yang mengenakan salah satu penampilan karpet merah favorit saya," kata pemeran film ‘1923’ itu. "Itu adalah pertama kalinya saya memiliki rambut biru, dan itu terasa sangat menarik."

Mirren sangat suka dengan dunia fesyen yang ada dalam teater. Kegembiraannya terletak pada fesyen, sehingga ketika dia mendapatkan boneka dirinya yang mengenakan gaun favoritnya, menurutnya itu adalah hal yang benar-benar sempurna.

"Saya suka merangkul fesyen teatrikal dan kegembiraan yang bisa didapat dari bersenang-senang dengan fesyen, dan menurut saya kegembiraan ini harusnya abadi," lanjut aktris tersebut. "Dan yang paling menarik di atas kuenya adalah bonekaku yang sedang memegang miniatur Oscar. Ini adalah reproduksi yang benar-benar sempurna."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salah Satu Pencapaian Favorit

Mirren menyatakan hal itu masuk ke dalam daftar pencapaian favoritnya setelah menjadi Dame, mendapatkan Oscar, dan menjadi bintang di Hollywood Walk of Fame. Informasi mengenai koleksi spesial itu diumumkan hanya beberapa hari sebelum ulang tahun ke-65 Barbie yang jatuh pada 9 Maret 2024.

Tidak hanya Mirren, koleksi spesial Hari Perempuan Internasional 2024 juga menghadirkan versi boneka dari beragam pesohor, yakni Viola Davis, Shania Twain, Kylie Minogue, Maira Gomez, Lila Avilés, Nicole Fujita, dan Enissa Amani. Sebelumnya, boneka ini juga pernah dibuat untuk panutan-panutan lainnya termasuk produser TV Shonda Rimes, pemain skateboard profesional Sky Brown, dan Sarah Gilbert yang membantu mengembangkan vaksin COVID-19.

Senior Vice President and Global Head of Dolls, Krista Berger, mengatakan bahwa kisah Barbie itu bukan hanya tentang Mirren, tapi tentang anak-anak muda yang tak terhitung jumlahnya yang terinspirasi darinya. Ada banyak orang yang terbantu karenanya.

“Selama 65 tahun terakhir, Barbie telah menggunakan platform globalnya untuk memberdayakan anak perempuan agar bermimpi besar, mengeksplorasi potensi mereka yang tak terbatas, dan mengarahkan narasi mereka sendiri untuk membentuk masa depan mereka," katanya.

 

 

3 dari 4 halaman

Barbie Menggunakan Platformnya untuk Memberdayakan Perempuan

 

"Saat kami merayakan ulang tahun bersejarah ini, kami mengakui lebih dari enam dekade kisah-kisah yang telah dibantu oleh Barbie untuk ditulis dan boneka ini terus memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk bermimpi – dan bermimpi besar," sambung Berger.

Mattel (nama perusahaan mainan terbesar) sudah tidak asing lagi dalam mengembangkan boneka-boneka yang menggambarkan tokoh. Sebelumnya, perusahaan mainan tersebut telah mengembangkan beberapa boneka edisi terbatas untuk berbagai kesempatan.

Perusahaan tersebut merilis boneka Ratu Elizabeth II untuk menghormati Platinum Jubilee dan 70 tahun tahta Inggrisnya. Boneka tersebut dibuat sebelum kematiannya pada 2022.

Tidak sembarang orang yang dibuatkan boneka Barbie. Hal ini karena pembuatan boneka ini diperuntukkan bagi tokoh-tokoh yang menginspirasi banyak orang. Tujuan pembuatan boneka tersebut adalah sebagai bentuk rasa hormat.

Mengutip Daily News Kamis, 7 Maret 2024, boneka unik tersebut tidak untuk dijual dan malah diberikan kepada setiap wanita untuk menghormati pencapaian dan kontribusi mereka kepada dunia. Menurut perusahaan Mattel, boneka-boneka tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan 'para gadis pada kisah-kisah perempuan yang luar biasa untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda bisa menjadi apa pun.'

4 dari 4 halaman

Boneka Barbie Tokoh Indonesia

Dua tokoh Indonesia juga berkesempatan dibuatkan boneka Barbienya. Pada tahun lalu, Butet Manurung membawa kabar baik. Lewat akun Instagram pribadinya, ia mengucapkan terima kasih karena Barbie memilihnya menjadi salah satu panutan global yang dibuatkan figur boneka.

Boneka Barbie Butet Manurung ditampilkan dalam busana daerah. Ia terlihat mengenakan atasan dari batik berwarna merah dipadukan dengan kain jarit. Tampilan boneka Barbie Butet Manurung dipermanis dengan kalung dari biji asoka.

Sementara, sesainer Anne Avantie lebih dulu terpilih menjadi wakil Indonesia yang dibuatkan boneka Barbie khusus yang menyerupai dirinya. Boneka tersebut didandani dengan gaya khas Anne dengan mengenakan kebaya dan selendang batik. Rambut dan riasannya juga ditata mirip dengan sang desainer senior Indonesia itu.

Boneka Barbie Anne Aventie ini merupakan penghargaan dari Mattel Indonesia lewat program Barbie Role Model. Program ini merupakan inisiatif dari Barbie untuk mengangkat kisah dan cerita perempuan-perempuan hebat di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini