Sukses

Staf Maskapai Lufthansa Mogok Kerja, 200 Ribu Penumpang Pesawat dan Kereta di Jerman Bakal Terganggu

Diperkirakan sebanyak hampir 90 persen penerbangan Lufthansa yang merupakan maskapai andalan Jerman itu akan terkena dampak dalam seminggu terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan dan kereta api di seluruh Jerman akan sangat terganggu minggu ini karena pemogokan karyawan Lufthansa. Diperkirakan hampir 90 persen penerbangan maskapai andalan Jerman itu akan terdampak dalam seminggu terakhir.

Mengutip laman Euronews, Rabu, 6 Maret 2024, sebanyak 200 ribu penumpang kemungkinan akan terkena dampaknya, yang berarti sekitar 1.000 penerbangan per hari akan dibatalkan seperti pada aksi mogok sebelumnya, menurut kantor berita Jerman dpa.

Disebutkan penerbangan pada 7 dan 8 Maret 2024 akan terkena dampak paling parah. Waktu mogok resmi staf darat Lufthansa adalah jam 8 malam pada Rabu, 6 Maret 2024, hingga jam 07.10 pagi pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Ini merupakan ketiga kalinya dalam tahun ini pemogokan yang menyebabkan pembatalan penerbangan massal bagi Lufthansa. Pemogokan tidak hanya berlaku di dunia penerbangan, tetapi juga layanan kereta api jarak jauh dan regional. Aksi itu dimulai pada Kamis, 7 Maret 2024, pukul 2 pagi, dan menurut serikat pekerja GDL, akan berlangsung hingga jam 1 siang pada Jumat, 8 Maret 2024. Namun, keadaan saat ini bisa saja berubah.

Perselisihan antara pekerja transportasi dan perusahaan telah berlangsung selama berbulan-bulan di Jerman. Selain meminta kenaikan gaji, serikat pekerja GDL juga menyerukan pengurangan jam kerja dari 38 menjadi 35 jam per minggu tanpa pemotongan gaji. Tuntutan itu ditolak oleh operator kereta api Deutsche Bahn.

Serikat pekerja menginginkan kenaikan gaji sebesar 12,5 persen atau setidaknya 500 Euro (setara Rp8,5 juta) lebih per bulan. Tuntutan disampaikan dalam negosiasi untuk hampir 25 ribu pekerja darat Lufthansa termasuk staf check-in, penanganan pesawat, pemeliharaan dan pengangkutan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemogokan Sistem Transportasi di Jerman

Negosiasi kontrak yang terjadi secara bersamaan telah mengakibatkan beberapa pemogokan baru-baru ini di sektor kereta api, udara, dan transportasi lokal di Jerman. Marvin Reschinsky, Kepala Perunding Verdi, yaitu serikat buruh terbesar kedua di Jerman setelah IG Metall, mengatakan pemogokan ini terjadi pada saat para pekerja darat hampir tidak mendapatkan upah minimum, namun Lufthansa Jerman menawarkan margin keuntungan yang tinggi.

"Tidak seorang pun dapat memahami bahwa perusahaan ini akan mengumumkan rekor hasil tahunan pada minggu ini, bahwa bonus bagi anggota dewan akan ditingkatkan secara substansial, dan bahwa karyawan tetap dengan upah per jam sebesar 13 Euro (Rp222 ribu) dalam beberapa kasus bahkan tidak lagi tahu bagaimana memenuhi kebutuhan hidup di Jerman yang sering disebut "kota termahal"," kata Reschinsky dalam sebuah pernyataan.

Dengan adanya peringatan mogok kerja, serikat pekerja ingin meningkatkan tekanan terhadap Lufthansa menjelang putaran kelima perundingan bersama yang direncanakan pada 13 dan 14 Maret 2024. 

 

3 dari 4 halaman

Berdampak Juga Pada Kereta Api

Pemogokan pekerja GDL akan berdampak pada kereta api Deutsche Bahn (DB). Selama pemogokan sebelumnya, DB telah menjalankan jadwal darurat. Namun pemogokan ini tidak akan dilakukan dalam waktu 48 jam sebelumnya sehingga mustahil bagi DB untuk membuat rencana sebelumnya. 

Dalam sebuah pernyataan, DB mengatakan, "Selama pemogokan, DB akan menawarkan layanan dasar pada layanan jarak jauh, regional dan S-Bahn. Kami merekomendasikan untuk memesan kursi pada layanan jarak jauh. Penawaran dasar tersedia melalui jadwal informasi di bahn.de dan di DB Navigator. DB meminta wisatawan untuk memeriksa apakah koneksi mereka tersedia 24 jam sebelum keberangkatan."

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan, Lufthansa mengatakan, "Penumpang yang akan terkena dampak ketidakteraturan akan menerima informasi tentang pembatalan dan opsi pemesanan ulang melalui email atau di aplikasi Lufthansa."

Pastikan rincian kontak pada pemesanan Anda adalah yang terbaru sehingga maskapai penerbangan dapat dengan mudah menghubungi Anda. Mereka menyarankan penumpang untuk memeriksa halaman ini di situs web mereka untuk mengetahui informasi terbaru. 

4 dari 4 halaman

Waspadai Penipuan

Anda juga dapat memantau akun X Lufthansa untuk pembaruan lebih lanjut. Akun resmi Lufthansa bahkan memperingatkan penumpang untuk berhati-hati, tentang nomor WhatsApp palsu Customer Service Lufthansa yang beredar.

Untuk diketahu, mMaskapai ini tidak memiliki akun WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan.​ Sementara untuk pengendalian dana tiket, pihak Lufthansa mengatakan, "Penerbangan yang dibatalkan karena pemogokan dapat dipesan ulang secara gratis di http://lufthansa.com, di aplikasi Lufthansa atau melalui pusat layanan."

Mereka juga menambahkan, "Karena pemogokan, sayangnya meja pemesanan ulang tidak memiliki staf."

Jika penerbangan domestik, Anda bisa mendapatkan voucher perjalanan kereta api setara melalui website Lufthansa. Berdasarkan peraturan UE, Anda berhak mendapatkan pengembalian uang penuh jika penerbangan Anda dibatalkan.

Di media sosial X, penumpang juga mengeluh tentang layanan pelanggan Lufthansa. Ada dua pemogokan yang mengganggu penerbangan Lufthansa pada bulan Februari, menyebabkan gangguan luas terhadap 100 ribu penumpang.

Pada saat itu, banyak yang menggunakan platform media sosial X, sebelumnya Twitter, untuk mengeluh bahwa sangat sulit untuk berbicara dengan seseorang di Lufthansa untuk mendapatkan informasi atau memesan ulang penerbangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.