Sukses

Gelar F1 Powerboat, Kemenkomarves Optimistis Wisatawan Danau Toba Bakal Banyak Belanja Seperti di Bali

Ada dua destinasi Indonesia yang menarik high spender, pertama Bali, kedua adalah Danau Toba yang akan menggelar ajang F1 Powerboat di Danau Toba.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap perahu cepat internasional F1 Powerboat Danau Toba bakal berlangsung pada 2-3 Maret 2024 mendatang. Event sport tourism itu diyakini bakal kembaki dikunjungi banyak penonton dan wisatawan seperti di tahun lalu.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Odo Manuhutu mengatakan bahwa Danau Toba, Sumatera Utara, sudah setara dengan Pulau Bali sebagai destinasi wisata yang menarik turis high spender.

"Ada data yang menarik, yang kami lakukan bersama MasterCard. Ada dua destinasi Indonesia yang wisatawan high spender, pertama Bali, kedua adalah Danau Toba," ungkap Odo dalam jumpa pers F1 Powerboat 2024 di Kantor Pusat InJourney, Jakarta, Pusat, beberapa hari lalu.

Menurut Odo, turis high spender atau banyak berbelanja ini merupakan kategori turis yang mengeluarkan uang sebesar Rp2,5 juta ke atas per hari. Ketertarikan para turis high spender untuk datang ke Danau Toba, menurut Odo, haruslah dijaga untuk memberikan dampak positif ke Indonesia.

Meski begitu dia mengatakan Danau Toba sebagai destinasi wisata olahraga atau sport tourism tidak semata-mata untuk menarik para high spender. Yang terpenting dari pengembangan destinasi Danau Toba, kata Odo, yaitu untuk memunculkan kunjungan lain di luar Bali dan Jakarta.

"Pada umumnya, di kawasan Asia Tenggara, negara hanya memiliki dua destinasi wisata, seperti Thailand hanya ada Bangkok dan Phuket. Saat ini, Indonesia hanya ada Bali dan Jakarta," ucap Odo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membangkitkan Kejayaan Wisata Danau Toba

Oleh karena itu, pemerintah ingin membangun kawasan Danau Toba untuk menambah destinasi wisata unggulan. Tujuannya, agar Indonesia menjadi yang terdepan, termaju, dan paling inovatif dalam perjalanan wisatawan. Dalam kesempatan tersebut, Odo juga menyampaikan ambisi pemerintah untuk membangkitkan kejayaan wisata Danau Toba, selayaknya sebelum krisis moneter pada 1998.

Pada Rabu, 7 Februari 2024, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba pada 2023 memberi dampak ekonomi mencapai Rp1,68 triliun dan berhasil mendatangkan sekitar 100 ribu wisatawan. Luhut meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam menyukseskan perhelatan kedua F1 Powerboat Danau Toba.

"Saya berharap kita semua untuk bahu-membahu, bekerja dalam teamwork, kita tidak bekerja sendiri untuk bisa menyukseskan ini," kata Luhut.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney akan kembali menggelar F1 Powerboat di Danau Toba, Pulau Samosir, Sumatra Utara pada 2-3 Maret 2024. Para pengunjung yang ingin menyaksikan kehebatan para pembalap F1 Powerboat bisa membeli tiketnya.

 

3 dari 4 halaman

Tiket F1 Powerboat Danau Toba

 

Secara online, tiket bisa diperoleh di tiket.com mulai hari Senin, 19 Februari 2024 dan secara offline di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Toba mulai pada 27 Februari 2024. Tiket F1 Powerboat Danau Toba dibagi atas tiga kategori yaitu Festival dengan harga Rp200 ribu, Grandstand A seharga Rp500 ribu, dan Grandstand B juga seharga Rp500 ribu.

Tiap tiket berlaku untuk masuk kawasan F1 Powerboat selama dua hari. Dengan membeli tiket, para pengunjung bisa menikmati beragam hiburan, seperti konser musik yang menghadirkan band-band papan atas Indonesia seperti Wali, Radja, dan Ada Band, serta berbagai gerai penjual makanan atau kuliner khas Toba maupun Sumatra Utara.

Selain itu, pengunjung bisa menyaksikan kompetisi F1 Powerboat 2024 yang akan diikuti oleh para pembalap kelas internasional. Ada pula Aquabike Indonesia Championship (AIC) yang juga akan diselenggarakan bersamaan dengan ajang F1 Powerboat 2024. AIC merupakan Kejuaraan Nasional Aquabike yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam rangka pembinaan atlet jetski lokal.

Ada dua kategori yang dilombakan, yakni endurance dan paralel slalom. Sekitar 20 pembalap nasional akan ikut dalam ajang ini. Kesempatan ini akan membuka peluang bagi para atlet untuk meningkatkan performa terbaiknya dalam Aquabike World Championship selanjutnya di lokasi yang sama.

4 dari 4 halaman

F1 Powerboat Diikuti18 Pembalap dari 10 Negara

 

Penonton juga bisa menyaksikan ajang balapan lokal untuk mengangkat kembali tradisi masyarakat Batak, yaitu Kompetisi Solu Bolon atau perahu naga. Lomba perahu yang mengusung kearifan lokal masyarakat setempat itu akan memperebutkan total hadiah senilai Rp250 juta.

"F1 Powerboat akan menghadirkan perlombaan olahraga air berkelas internasional dengan latar belakang Danau Toba yang indah," terang Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney.

"Pengunjung juga bisa menyaksikan beragam festival budaya dan UMKM, serta kehadiran band-band papan atas yang akan menghadirkan kemeriahan acara. InJourney berharap pengunjung bisa terhibur dengan rangkaian acara yang akan disajikan pada F1 Powerboat 2024 kali ini," sambungnya.

Sebanyak 18 pembalap internasional dari sekitar 10 negara akan mengikuti kejuaraan internasional tersebut. Untuk memeriahkan acara tersebut, sejumlah side event akan dihadirkan. Di antaranya, kompetisi Solu Bolon antar-kabupaten di Sumatera Utara dan kompetisi Aquabike Indonesian Championship Series Pertama yang akan diikuti kurang lebih 30 atlet jetski nasional.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.