Sukses

Lokasi Konser Ed Sheeran di Jakarta 2 Maret 2024 Pindah dari GBK ke JIS, Apa Alasannya?

Konser Ed Sheeran yang bertajuk + - = ÷ x (dibaca: Mathematics) Tour 2024 di Jakarta sedianya akan berlangsung di GBK 2 Maret 2024. Sekitar dua minggu sebelum penyelenggaraan, lokasinya dipindah ke Jakarta International Stadium (JIS).

Liputan6.com, Jakarta - Konser Ed Sheeran yang bertajuk + - = ÷ x (dibaca: Mathematics) Tour 2024 bakal digelar di Jakarta pada Sabtu, 2 Maret 2024. Promotor penyanyi asal Inggris di Jakarta, yakni AEG Presents Asia, PK Entertainment, dan Sound Rhythm, mengumumkan bahwa lokasi konser Ed Sheeran di Jakarta berubah.

Sebelumnya, lokasi konser Ed Sheeran diumumkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), tetapi kemudian dipindahkan ke Jakarta International Stadium (JIS). Keputusan itu disebut telah melalui pertimbangan matang dari semua pihak yang terlibat. Alasan yang dikemukakan soal perpindahan itu adalah prioritas mendukung pertandingan sepak bola Tim Nasional Indonesia versus Vietnam yang dijadwalkan berlangsung pada 21 Maret 2024 di GBK.

"Kami menyadari pentingnya pertandingan sepak bola Timnas Indonesia, apalagi ketika Indonesia menjadi tuan rumah. Dukungan kami sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memajukan olahraga nasional," kata Harry Sudarma, Co-Founder and Chief Operating Officer of PK Entertainment dalam keterangan tertulis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Harry menyatakan perpindahan venue itu tetap mengedepankan pengalaman konser terbaik untuk para penggemar,  termasuk sensasi panggung 360 derajat ikonik, yang merupakan standar global untuk Ed Sheeran: + - = ÷ x Tour 2024.

"Kami juga yakin JIS sebagai stadion sepak bola bertaraf internasional yang terbesar di Indonesia, juga mampu memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para penggemar Ed Sheeran. Tim kami saat ini bekerja bersama dengan JIS secara intensif untuk memastikan pengalaman konser yang lancar dan menyenangkan bagi seluruh penggemar di Jakarta," sambungnya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Pihak GBK dan JIS

Direktur Utama GBK Rakhmadi A. Kusumo menjelaskan bahwa pihaknya telah berkomunikasi intensif dengan promotor konser Ed Sheeran terkait pembatalan izin konser di Stadion Utama GBK menyusul stadion tersebut dipilih sebagai lokasi pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA 2016.

"Kami perlu melakukan persiapan khusus untuk menjaga kondisi venue agar tetap prima. Oleh karena itu, kami informasikan bahwa konser musik internasional "Ed Sheeran Tour 2024" oleh PK Entertainment di GBK tidak dapat dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan," sahut Rakhmadi.

"Kami menghargai dukungan dan pengertian dari PK Entertainment serta semua pihak terkait. Komitmen kami sebagai Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Komplek GBK untuk mendukung prestasi olahraga nasional, khususnya sepak bola dan menyelenggarakan event bertaraf internasional, tetap menjadi prioritas utama," sambungnya.

Di sisi lain, Direktur Bisnis & Ops Jakpro Adi Adnyana selaku pengelola JIS menyambut perpindahan lokasi konser dari GBK ke tempatnya. Ia menyatakan bahwa penyelenggaraan konser musik internasional yang akan diadakan di JIS tidak memengaruhi kegiatan peningkatan performa rumput stadion yang saat ini tengah berjalan.

 

3 dari 4 halaman

Calon Penonton Akan Dikirimi Email

"Jakpro memastikan kondisi rumput tetap optimal saat digunakan untuk kegiatan olahraga di jadwal yang telah ditetapkan. Kami senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait demi memberikan kontribusi positif bagi kelancaran kegiatan di JIS," ucap Adi. 

Sejauh ini, promotor masih menyelesaikan proses pengkinian dan alokasi kursi. Proses tersebut ditargetkan selesai selambat-lambatnya pada 25 Februari 2024. Seluruh tiket yang dibeli untuk konser di GBK masih berlaku untuk konser di JIS. Email akan dikirimkan kepada seluruh pemegang tiket yang memuat informasi lebih lanjut mengenai tata cara akses e-tiket, dengan nomor kursi yang sudah terbarui.

Pihak promotor terus berkoordinasi dengan JIS dan beberapa mitra untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan konser, seperti menyediakan tempat parkir tambahan, shuttle bus di beberapa titik penjemputan dan pengantaran, serta layanan ojek/ride-hailing.

"Informasi lebih lengkap mengenai tips dan panduan akses menuju JIS akan segera diumumkan melalui email dan postingan media sosial promotor lokal (@pkentertainment.id dan @soundrhythm)," demikian bunyi pernyataan tersebut seraya menyebut informasi terbaru juga bisa diakses melalui website resmi www.edsheeraninjakarta.com.

4 dari 4 halaman

Konsep Panggung 360 Derajat

Konser Ed Sheeran pada Maret 2024 nanti merupakan kali kedua baginya konser di Jakarta. Berbeda dari konser pada 2019 lalu, kali ini mereka menyiapkan konsep panggung 360 derajat.

Konsep panggung 360 derajat akan menempatkan panggung di bagian tengah, sehingga para penonton di semua kategori bisa menyaksikan penampilan pelantun American Town ini dengan jelas. Akan ada pula giant LED yang menampilkan visual Ed Sheeran berbentuk memutar.

Ditambah lagi, akan ada enam panggung kecil dengan layar berbentuk pick gitar untuk menampilkan visual yang lebih baik. Dengan demikian, penonton di segala kategori dapat menikmati penampilan Ed Sheeran dengan lebih jelas.

Untuk mendukung konser +–=÷x Tour, Ed Sheeran mengajak Callum Scott untuk menjadi pembuka. Alumni Britain's Got Talent itu bakal menemani konser Ed Sheeran selama enam bulan pada 2024. Harga tiket untuk +–=÷x Tour dibagi menjadi enam kategori. Rinciannya terdiri dari Green Rp900.000, Yellow Rp1,5 juta, Orange Rp2 juta, Blue Rp2,5 juta, Purple Rp3,5 juta, dan Pink Rp5 juta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.