Sukses

Parfum Heura Antarkan Mahasiswa 21 Tahun Raih Penghargaan Super Growing UMKM di Shopee Super Awards 2023

Capaian menakjubkan bersama parfum Heura, mengantarkan mahasiswa 21 tahun meraih penghargaan Super Growing UMKM di Shopee Super Awards 2023.

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap wewangian berkualitas tinggi dengan harga terjangkau mendorong tumbuhnya bisnis parfum lokal. Tahu akan peluang tersebut, Given Susanto dan William Gomarga, dua orang mahasiswa asal Jakarta, merintis bisnis parfum bernama Heura dan berkembang bersama Shopee. Capaian menakjubkan bersama parfum Heura pun mengantarkan mereka meraih penghargaan Super Growing UMKM di Shopee Super Awards 2023.

Setelah acara penghargaan Shopee Super Awards 2023, Given yang baru menginjak umur 21 tahun menceritakan awal mula membangun brand Heura.

“Jadi dari dulu saya memang suka pakai parfum, cuma kok parfum-parfum desainer di pasaran terlampau mahal untuk sebagian orang, akhirnya saya dan William putuskan untuk bikin Heura,” jelas Given.

Awalnya, Heura melakukan riset dan uji coba terhadap preferensi wangi masyarakat Indonesia. Dengan anggaran terbatas, Heura memutuskan untuk membuka penjualan secara online dan mendapati bahwa pasar merespons positif terhadap produk-produk mereka.

Keputusan Given untuk memulai penjualan parfum Heura di Shopee sebagai platform pertama, dilatar belakangi oleh pandangan bahwa Shopee dapat memberikan kenyamanan belanja online sekaligus menjadi top of mind e-commerce di tanah air. Dikatakannya, Heura menginginkan branding yang lebih eksklusif, sehingga Shopee dianggap sebagai platform yang lebih sesuai.

“Kami berusaha untuk membuat Heura ‘berbeda’ dengan strategi pemasaran yang kuat dan peningkatan kualitas produk. Keberhasilan ini tercermin dari peningkatan penjualan yang signifikan, mencapai puluhan ribu produk terjual setiap bulannya dan pertumbuhan year-on-year sekitar 150 hingga 200%,” kata Given.

Sebagai pengusaha muda yang sukses, Heura tidak hanya memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui bisnisnya tetapi juga telah membuka lapangan kerja bagi 35 orang. Keberhasilan Heura dalam memanfaatkan potensi pasar wewangian di Indonesia dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan fitur-fitur di Shopee yang mampu meningkatkan penjualan secara signifikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raih Penghargaan Super Growing UMKM

Meskipun baru beroperasi selama satu tahun sejak April 2022, ternyata Heura sukses menarik perhatian para pembeli dengan menjual lebih dari ratusan produk di satu bulan pertama sejak didirikan. Saat ini angka penjualannya bahkan mampu mencapai ribuan produk dalam satu bulan. Tidak heran, bisnis besutan Given dan William ini berhasil dinobatkan sebagai Super Growing UMKM, dalam gelaran Shopee Super Awards 2023.

“Jujur, kami tidak menyangka bisa mendapatkan kehormatan sebagai Super Growing UMKM, di Shopee Super Awards 2023 ini. Karena yang kami lakukan selama ini cuma fokus mempelajari target market kami, dan juga belajar bagaimana mengoptimalkan fitur-fitur di Shopee yang kami pakai seperti iklan, voucher dan program-program lain yang membantu ngeboost sales Heura, hingga sampai ke titik saat ini,” ujar Given.

Shopee Super Awards 2023 merupakan ajang penghargaan kepada pihak dan figur yang telah berkontribusi bagi perkembangan ekonomi digital bersama teknologi Shopee dalam satu tahun terakhir. Selain UMKM, sejumlah pihak seperti mitra brand, mitra seller, Partner, serta konten kreator yang masuk ke dalam 33 Kategori penghargaan Shopee Super Awards 2023, juga turut hadir dan meramaikan acara penghargaan ini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini