Sukses

Profil 4 Anak Anies Baswedan dan Fery Farhati, Punya Banyak Prestasi dan Peduli Masalah Sampah

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah seorang calon presiden (capres) di Pilpres 2024 Anies Baswedan tentu kerap menjadi sorotan publik. Menjelang Pilpres yang akan berlangsung beberapa hari lagi, tak hanya dirinya yang disorot tapi juga istrinya, Fery Farhati Ganis dan anak-anak mereka. Pasangan Anies dan Fery Farhati Ganis yang menikah pada 11 Mei 1996, dikaruniai empat orang anak.

Kepopuleran Anies Baswedan membuat publik penasaran dengan anak-anaknya. Terlepas dari profesinya yang cukup lama bergelut di bidang pendidikan, Anies diketahui memiliki kepedulian tinggi pada lingkup sosial maupun keluarga.  Beberapa kali gaya parenting Anies dan sang istri dalam mendidik anak juga mengundang banyak pujian.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun pernah beberapa kali membagikan unggahan seputar interaksi dirinya dengan keluarganya. Tapi bisa dibilang hanya anak sulungnya, Mutiara Baswedan yang kerap tampil dan cukup eksis di media sosial.

Belakangan anak keduanya, Mikail Baswedan yang cukup sering terlihat di medsos terutama setelah dikabarkan dekat dengan salah seorang putri cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Selain itu, dua anak lainnya termasuk sangat jarang disorot.

Mutiara sendiri tidak hanya berbagi konten serius. Sebelumnya, ia berkomunikasi dengan publik melalui cara terbilang sederhana, bahkan receh. Ini terjadi saat Mutiara berbagi foto ibunya, Fery Farhati Ganis, berpose bersama filter wajah Anies Baswedan.

Untuk menuntaskan rasa penasaran, berikut ini profil singkat dari keempat anak Anies Baswedan dan Fery Farhati yang dilansir dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mutiara Annisa Baswedan

Mutiara Annisa Baswedan merupakan anak sulung dari Anies Baswedan dan Fery Farhati. Wanita kelahiran 3 Juni 1997 ini adalah alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Mutiara pernah mengikuti ajang pertukaran pelajar di Denmark pada 2014 melalui AFS dan Bina Antarbudaya.

Selain itu, lulusan SMA Labschool Kebayoran ini juga pernah mewakili kampusnya di ajang National Model United Nations 2018. Pada 2019 wanita yang biasa disapa Tia ini juga berhasil lolos Program Youth Ambassador Amerika Serikat serta menjadi salah satu finalis Duta Muda ASEAN Indonesia. Beberapa bulan yang lalu, Tia telah melangsungkan pernikahan dengan Ali Saleh Alhuraiby. Keduanya menikah di Jakarta pada 29 Juli 2022 lalu.

Nama Mutiara belakangan ini semakin mengemuka karena ia ikut ambil bagian dalam kampanye politik ayahnya dengan menjumpai banyak pihak. Salah satunya, ia pernah kedapatan bertemu dengan seorang pembatik yang merupakan seorang teman Tuli di Solo, Jawa Tengah.

Momen itu dibagikan pemilik akun X, dulunya Twitter, @Mdy_Asmar, 27 Januari 2024, dengan keterangan, "Momen Mutiara Baswedan berbincang dengan pembatik tuna rungu di Solo." Di rekaman berdurasi semenit itu, perempuan yang akrab disapa Tia ini tampak menyimak penjelasan si perajin batik, yang juga memaparkan menggunakan gerakan tangan.

Ia juga mendemonstrasikan penggunaan canting di atas kain batik yang tampaknya masih dikerjakan. Di kolom komentar, tidak sedikit orang yang memuji gestur Mutiara, menilainya "semangat menyimak penjelasan."

 

3 dari 4 halaman

2. Mikail Azis Baswedan

Mikail Azizi Baswedan adalah anak kedua sekaligus anak laki-laki pertamanya Anies Baswedan dan Fery Farhati. Tak hanya fokus pada pendidikan, pria kelahiran 23 April 2000 ini tetap menjalankan beberapa hobinya seperti bermain musik dan berolahraga.

Di tahun 2016, Mikail pernah terpilih menjadi peserta pertukaran pelajar dalam program United World College (UWC) bersama Iqbal Ramadhan. Menariknya, saat Mikail masih bayi, ia sempat tinggal di Amerika sampai 2005. Pada 2016 lalu, Mikail pernah terpilih menjadi salah satu peserta pertukaran pelajar saat duduk di bangku SMA.

Ia mengikuti pertukaran pelajar melalui program United World College (UWC). Namanya pernah ramai jadi perbincangan ketika berlaku sebagai khatib saat keluarganya melangsungkan salat Idul Adha pada 2021.  Saat itu, Anies yang bertindak sebagai imam didampingi oleh Mikail yang menjadi khatib dan memberikan ceramah. Momen berkesan ini dibagikan melalui unggahan di akun media sosial miliknya.

Nama Mikail sedang ramai dijodohkan dengan anak bungsu Cak Imin, Rahma Arifa. Hal itu ramai dibahas karena Mikail dan Rahma atau Rara sempat terlihat bersama dalam acara kampanye untuk orangtua mereka. Keduanya dinilai serasi karena sama-sama memiliki jenjang pendidikan mentereng di luar negeri.

4 dari 4 halaman

3. Kaisar Hakam Baswedan

Kaisar Hakam Baswedan adalah anak ketiga dari Anies dan Fery yang lahir pada 21 Mei 2005 di Dekalb, Illinois, Amerika Serikat (AS). Kaisar yang kerap disapa Kai ini menempuh pendidikan SMP di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta. Ia kemudian masuk SMA Cikal di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Namun pada September 2023, Kaisar berangkat ke Manchester, Inggris untuk persiapan melanjutkan pendidikan tinggi. Jika dilihat dalam akun Instagram pribadinya, Kaisar terlihat gemar berolahraga khususnya olahraga bola basket.

Kaisar bahkan kerap mewakili sekolahnya dalam kejuaran basket. Kaisar juga gemar bersepeda bersama keluarganya.

4. Ismail Hakim Baswedan

Ismail Hakim Baswedan adalah anak keempat atau bungsu dari pasangan Anies dan Fery. Ismail yang lahir pada 21 April 2009, kini sudah menduduki bangku SMP. Ismail juga gemar berolahraga khususnya sepak bola. Ia bahkan sempat mengikuti Indonesia Junior League U-11. Di usianya yang masih sangat muda,

ia sudah meraih banyak prestasi dan termasuk yang peduli lingkungan. Saat kelas 5 SD, ia membuat sebuah aksi kecil dengan menyelamatkan lingkungan yaitu Ocean Savers. Aksi ini adalah sebuah tugas dari sekolahnya, yang meminta dirinya untuk mencari satu masalah sesuai dengan minatnya dan berkaitan dengan Sustainable Development Goals dari PBB.

Ia pun memilih permasalahan sampah plastik yang mencemari laut.Pada awal 2023, Ismail bersama Tim Sepak Bola Cikal Lebak Bulus mengikuti kompetisi sepak bola tingkat SMP dan SMA se-Jabodetabek.  Pada turnamen tersebut, Ismail dan timnya berhasil menjadi juara pertama setelah mengungguli 23 tim lainnya.

Meski begitu Ismail jarang sekali terekspos. Ia hanya kerap muncul melalui akun media sosial kakak-kakaknya. Ia memiliki akun Instagram bernama @ismail_baswedan yang sayangnya tidak dibuka untuk publik lantaran di-private.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini