Sukses

Viral Video 3 Pria Berwajah Mirip 3 Capres 2024, Siapa Paling Mirip dan Kenapa Sosok Perekam Bikin Salfok?

Tak hanya wajah yang sekilas mirip, bentuk tubuh mereka juga bisa dibilang mendekati ketiga calon presiden (capres) 2024, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Jakarta - Pilpres 2024 akan berlangsung pada 14 Februari 2024, dan di tahun ini, ada tiga calon presiden (capres) yang bakal bersaing, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Di antara konten kampanye secara online, ternyata video yang memperlihatkan tiga orang pria berwajah mirip ketiga capres tersebut.

Dilansir dari akun Instagram @mood.jakarta, video itu dibagikan sejumlah akun di media sosial, salah satunya akun TikTok @dezz.17, Minggu, 4 Februari 2024. "Momen 3 orang yang mirip banget sama 3 Calon Presiden sedang bersama dan terlihat akrab 🥹🫡. Gimana menurut kalian guys?” tulis akun Instagram itu dalam keterangan unggahannya, Minggu.

Tidak hanya wajah yang sekilas mirip, bentuk tubuh mereka juga bisa dibilang mendekati ketiga calon presiden aslinya. Pria yang mirip Prabowo Subuanto terlihat mengenakan kacamata hitam dan berkemeja safari warna putih yang sempat jadi ciri khas penampilan capres nomor urut 02 tersebut.

Lalu, pria mirip Ganjar Pranowo juga berambut putih, bertubuh agak kurus, dan mengenakan kaus warna merah. Sementara pria yang mirip Anies Baswedan memakai kaus warna cokelat muda dan kacamata.

Di video tersebut, ketiga calon presiden versi KW ini sedang diwawancara salah seorang pria yang merekam di balik kamera. Ketiganya terlihat kompak hingga berfoto bersama di momen tersebut. Namun, tidak disebutkan apakah ketiga pria itu adalah pendukung capres yang wajahnya mirip dengan mereka.

Momen ketiga capres versi KW saat disandingkan bersama dalam video tersebut langsung viral dan menuai beragam reaksi warganet. Tak sedikit yang menyebut, mereka memiliki kemiripan wajah seperti sosok aslinya.

Banyak yang menilai pria yang mirip Anies Baswedan disebut paling mirip dengan sosok aslinya, baik dari segi wajah maupun postur tubuh. Yang menarik lagi, sosok pria yang merekam video tersebut sempat terlihat wajahnya dan bikin warganet salah fokus alias salfok. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paling Mirip Anies Baswedan

Beberapa warganet menyebut pria yang merekam video itu juga mirip salah satu calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2014, yaitu Hatta Rajasa. Dilihat sekilas dari mata dan wajahnya memang agak mirip Hatta Rajasa, apalagi rambutnya juga terlihat putih, meski sedikit tertutup topi.

"Kok bisa mirip banget gitu ya," komentar seorang warganet. "Pak Anis paling mirip 😂," kata warganet yang lain. "Apa sih yg ga ada di Indonesia 😂,” ujar warganet yang lain. "Kita lahir ke dunia memiliki 7 kembaran itu benar 😂,” sebut warganet lainnya.

"Yg ngerekam hatta rajasa, mantan cawapres,” timpal warganet lainnya.

Soal kemiripan wajah dengan capres, nama Fadil Jaidi juga sedang ramai dibahas. Fadil adalah salah satu figur publik yang kehadirannya jadi perhatian warganet di Debat Capres 2024 yang digelar Minggu malam, 4 Februari 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

Fadil ternyata ada di barisan pendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Di media sosial, momen-momen Fadil bersama Anies dan Muhaimin pun jadi sorotan hingga masuk jajaran trending topic X, dulunya Twitter, dengan jumlah cuitan melampaui 20 ribu. Salah satunya adalah foto Fadil bersama keluarga Anies.

Viral foto sang YouTuber berpose bersama Fery Farhati, Mutiara Baswedan, Mikail Baswedan, Ismail Baswedan, dan menantu Anies Baswedan, Ali Saleh Alhuraiby. Kebetulan putra Anies, Kaisar Baswedan, tak terlihat di kesempatan tersebut.

3 dari 4 halaman

Fadil Jaidi Dikira Anak Anies Baswedan

Wajah Fadil dianggap warganet memiliki kemiripan dengan anggota keluarga capres nomor 01 ini. Jika dilihat sekilas, tidak ada yang menyangka bahwa ada Fadil di tengah-tengah keluarga Anies, saking miripnya.

"Fadil beneran kaya anaknya pak anies bisa nyaru gini," kata chococcizkeik yang mengunggah doto tersebut ke X. "loh fadil kan d nya itu baswedan," ujar warganet yang lain.

Melalui Instagram Story, Fadil juga mengunggah foto bersama Mikail dan Ismail Baswedan. Wajah Fadil memang tampak mirip dengan mereka layaknya saudara.

Sebelumnya, usai Debat Capres 2024 edisi pertama pada Desember 2023, beredar foto unik Anies Baswedan. Ia terlihat memasak nasi goreng di pinggir jalan dalam sebuah cuitan yang diunggah  akun X @akitongs.

"Hollup... Let him cook. #DebatCapres," tulis akun tersebut, Selasa, 12 Desember 2023. Foto serupa bahkan dibagikan ulang putri Anies, Mutiara Baswedan. Foto Anies masak nasi goreng di pinggir jalan itu ternyata adalah foto tahun 2020. 

4 dari 4 halaman

Penjual Nasi Goreng Mirip Anies

Saat itu, sempat viral seorang pedagang nasi goreng asal Wonosobo, Jawa Tengah, yang disebut mirip Anies Baswedan. Di sebuah kesempatan, Anies yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, mengundang pedagang nasi goreng itu ke Balai Kota DKI Jakarta.

Warganet kemudian bertanya-tanya, apa sebenarnya arti dari 'Let him cook' itu. Jika diartikan secara harfiah, 'let him cook' berarti ' biarkan dia memasak'. Namun, 'Let him cook' bisa juga berarti membiarkan seseorang dengan bebas melakukan sesuatu yang dia kuasai.

'Let him cook' juga kerap digunakan untuk mengungkap keinginan agar orang lain diberi kebebasan untuk melakukan sesuatu atau tidak ditahan. Misalnya, 'let him cook' sering digunakan untuk menggambarkan atlet berbakat yang ingin berkompetisi atau pria yang ingin mencoba menggoda perempuan.

Dalam konteks Anies, istilah 'let him cook' digunakan sebagai meme ia "menyerang" lawan debatnya. Sejumlah warganet pun mengirimkan beberapa meme tentang performa Anies di acara Debat Capres yang dinilai tampil lebih lugas dibandingkan Prabowo dan Ganjar. Bahkan, ada yang mengibaratkan Prabowo sebagai nasi yang sedang digoreng Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.