Sukses

Jadwal KA Argo Parahyangan Dipangkas Hampir Setengahnya, Gara-Gara Kereta Cepat Whoosh?

Semula, Kereta Api Argo Parahyangan punya 14 jadwal perjalanan dalam sehari. Namun sekarang, kereta api itu beroperasi di 10 jadwal Gambir-Bandung pp.

Liputan6.com, Jakarta - Berkurangnya jadwal perjalanan KA Argo Parahyangan rute Jakarta-Bandung pp telah jadi sorotan di media sosial. Di sejumlah komentar, warganet menyebut bahwa sebagian jadwal kereta api Argo Parahyangan yang hilang adalah "rute di jam-jam sibuk."

Informasi ini kemudian membuat ragam spekulasi beredar, termasuk dugaan "meminta" penumpang kereta api menggunakan jasa Kereta Cepat Whoosh, alih-alih KA Argo Parahyangan. Benarkah demikian?

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan bahwa pembatalan beberapa perjalanan KA Argo Parahyangan telah dimulai sejak 24 Januari 2024. "(Ini) bersamaan dengan peluncuran tiga KA baru, yaitu KA Papandayan (Gambir – Garut pp), KA Pangandaran (Gambir – Banjar pp), dan KA Malabar (Bandung - Malang pp) keberangkatan pagi," sebut dia melalui pesan pada Tim Lifestyle Liputan6.com, Kamis (1/2/2024).

Ia membantah bahwa pengurangan jadwal perjalanan KA Argo Parahyangan merupakan upaya meningkatkan tingkat keterisian penumpang kereta cepat Whoosh. "Pengurangan operasional perjalanan ini akibat adanya rerouting beberapa perjalanan KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp) jadi KA Papandayan (Gambir – Garut pp) dan KA Pangandaran (Gambir – Banjar pp) sehingga relasinya jadi lebih panjang," bebernya.

Joni melanjutkan, "Hadirnya KA-KA baru tersebut dalam rangka memperluas pangsa pasar dengan rute-rute potensial yang menarik untuk wisata. Hal ini juga jadi harapan KAI untuk turut mengembangkan potensi wisata di Jawa Barat dengan KA-KA yang beroperasi."

Semula, Kereta Api Argo Parahyangan punya 14 jadwal perjalanan dalam sehari. Namun sekarang, kereta api itu beroperasi di 10 jadwal Gambir-Bandung pp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Baru KA Argo Parahyangan

Relasi Gambir – Bandung:

  1. KA 7048 Papandayan berangkat dari Gambir pukul 06.30 WIB
  2. KA 52 Argo Parahyangan berangkat dari Gambir pukul 07.25 WIB
  3. KA 7028 Pangandaran berangkat dari Gambir pukul 09.30 WIB
  4. KA 50 Argo Parahyangan berangkat dari Gambir pukul 13.10 WIB
  5. KA 36 Argo Parahyangan berangkat dari Gambir pukul 18.30 WIB

Relasi Bandung – Gambir:

  1. KA 43 Argo Parahyangan berangkat dari Bandung pukul 06.00 WIB
  2. KA 49 Argo Parahyangan berangkat dari Bandung pukul 09.35 WIB
  3. KA 51 Argo Parahyangan berangkat dari Bandung pukul 10.50 WIB
  4. KA 7047 Papandayan berangkat dari Bandung pukul 15.00 WIB
  5. KA 7027 Pangandaran berangkat dari Bandung pukul 22.00 WIB

Merujuk situs web KAI Access, dikutip Kamis (1/2/2024), harga tiket KA Argo Parahyangan dibanderol Rp150 ribu untuk kelas ekonomi, kelas eksekutif Rp200 ribu, kereta Panoramic Rp400 ribu, dan kereta Luxury Rp500 ribu.

Di sisi lain, KCIC akan memberlakukan skema tarif dinamis untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh supaya lebih fleksibel, lapor Tim Bisnis Liputan6.com per 29 Januari 2024. Penerapan skema tarif dinamis memungkinkan penumpang mendapatkan tiket dengan harga hemat.

3 dari 4 halaman

Tarif Dinamis Kereta Api Cepat Whoosh

Menurut skema baru tarif Whoosh, harga tiket kelas premium ekonomi akan berkisar Rp150 ribu, Rp175 ribu, Rp200 ribu, Rp225 ribu, hingga Rp250 ribu. Skema baru diberlakukan mulai keberangkatan 3 Februari 2024. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi penentuan tarif dinamis, termasuk jam sibuk atau jam non-sibuk, momen liburan atau non-liburan, serta hari kerja atau akhir pekan.

Di momen liburan dan jam sibuk, tiket kereta api cepat Jakarta-Bandung akan ditawarkan dengan tarif lebih tinggi, berbanding terbalik dengan jam non-sbiuk dan waktu non-liburan yang memungkinkan harga tiketnya lebih murah. Penumpang diberi alternatif perjalanan dengan tarif berbeda-beda sesuai kebutuhan, keinginan dan daya beli.

Pemesanan tiket kereta cepat Whoosh dapat melakukan pemesanan melalui saluran resmi, seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, dan loket resmi di stasiun. Juga, bisa melalui aplikasi mitra, seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

4 dari 4 halaman

3 KA Baru

Sementara itu, peluncuran kereta api baru, KA Papandayan, bisa jadi pilihan perjalanan, khususnya pelayanan dari Stasiun Garut ke Gambir yang selama ini hanya dilayani KA Cikuray relasi Garut-Cibatu-Kiaracondong-Pasar Senen.

Peluncuran KA Pangandaran memberi pilihan bagi pelanggan KA dari arah Jakarta menuju Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar atau sebaliknya. Lalu, KA Malabar, yang sebelumnya keberangkatan dari Stasiun Bandung hanya pukul 17.20 WIB, saat ini ditambah keberangkatan pagi pukul 09.50 WIB menuju Stasiun Malang.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyampaikan KAI terus berupaya meningkatkan pelayanan pada pelanggan melalui peluncuran 3 KA baru tersebut. "Peluncuran KA-KA baru ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api," ungkapnya dalam keterangan rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Rabu, 24 Januari 2024. 

Ketiga KA tersebut terdiri dari dua kelas layanan, yaitu Kelas Eksekutif dan Kelas Ekonomi. Tarif KA Papandayan dibanderol seharga Rp315 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp195 ribu untuk kelas ekonomi. 

Lalu, tarif KA Pangandaran dibanderol Rp370 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp225 ribu untuk kelas ekonomi. Sementara, tarif KA Malabar keberangkatan pagi dibanderol seharga Rp525 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp300 ribu untuk kelas ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini