Sukses

Beredar Video Najwa Shihab Diduga Dilecehkan Komika Secara Verbal

Dari video beredar yang tidak lengkap lagi seperti aslinya diketahui komika tersebut membuat berujar sesuatu yang membuat warganet ikut marah karena mengarah pada pelecehan seksual secara verbal kepada Najwa Shihab.

Liputan6.com, Jakarta - Najwa Shihab yang dikenal dengan panggilan Mbak Nana kembali menjadi trending topic nomor 1 di X yang dulunya Twitter. Wanita 46 tahun itu diketahui hadir dalam acara Desak Anies Baswedan, di Yogyakarta, Selasa (23/1/2024). 

Namun Najwa bukan hanya kehadirannya yang membuat trending topic. Saat acara Desak Anies berlangsung, dari rekaman video yang beredar, mantan penyiar televisi itu jadi bahan roasting seorang komika

Dari video beredar yang tidak lengkap lagi seperti aslinya diketahui komika tersebut mengucapkan sesuatu yang membuat warganet ikut marah karena mengarah pada pelecehan seksual secara verbal. Seorang pengguna X (Twitter) mengungkapkan apa yang diucapkan oleh komika tersebut hingga dihujat warganet.

"Dia bikin joke "Mbak Nana pake bajunya putih-putih kayak kasur saya dan jadi pengen saya tidurin," tulis akun @ijbolismus, yang mencoba memberitahu warganet lainnya tentang rekaman potongan video tersebut.

Unggahan pun telah berkali-kali diunggah oleh warganet lainnya dengan 195 ribu penayangan dan 1,4 ribu kutipan balasan. Banyak warganet yang merasa kesal dan tak habis pikir dengan komika itu lantaran kata-katanya yang tak pantas. 

"Menit berapa?" tanya warganet penasaran. "Kepotong tapi soal daleman itu masih script-nya kenapa gitu sih, kayak ga ada topik lain aja," sambung yang lain. 

Menurut penelusuran Tim Lifestyle Liputan6.com, komika tersebut diduga berinisial F. Ia adalah seorang perantau dari Surakarta. Akun media sosial Instagram dan X yang dimilikinya, akun tersebut kini sudah dalam mode privat. Sementara, akun Linkedin yang dimilikinya juga sudah tidak bisa diakses, namun masih terekam di mesin pencarian. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Unggahan Najwa Shihab dengan Komika

Terkait dengan kasus yang membuat heboh media sosial tersebut, Najwa belum berkomentar apapun di laman pribadinya. Ia hanya mengunggah beberapa potret saat kegiatannya di Yogyakarta dan terdapat unggahan terbaru bersama beberapa komika tapi tidak termasuk komika yang diduga melecehkannya secara verbal. 

"Terimakasih @abdurarsyad @cokipardedebebas @ficofachriza_ para komika yang sudah bicara politik secara terbuka di #nobarmusyawarahdebat. Sudah menemani dan menghadirkan suasana berbeda dalam kebiasaan nobar debat. Banyak bercanda, banyak makan 😂, banyak berbagi ((perspektif)). Lumayan meredakan ketegangan nonton mereka yang pedas-pedas di atas panggung semalam. Jangan kapok ya ❤️," tulisnya dalam keterangan foto. 

Di kolom komentar media sosialnya yang kini sudah dibatasi, kebanyakan warganet justru mengomentari soal dukungan untuk kandidat tertentu. "Seru banget tamu di Narasi semalam, lain kali undang komika lagi ya," kata seorang warganet. 

Di unggahan Insta Story terbarunya yang sekaligus sedang syuting program Jejak Kampanye, Najwa justru mengunggah pesan solidaritas untuk para jurnalis Palestina. Ia bersama para kru Mata Najwa memakai kaus bertuliskan Press.  

3 dari 4 halaman

Pesan Najwa Sihab Kepada Pemilih Muda

Sebelumnya diberitakan Najwa sempat merayakan ulang tahun ke-13 untuk program Mata Najwa. Saat itu ia turut mengundang ketiga calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pilpres 2024.

Masing-masing capres dan cawapres tersebut pun bertukar kado yang membuat pertemuan itu jadi berkesan. Namun Najwa juga mendapat kado spesial dari masing-masing kandidat, seperti Anies Baswedan yang membawakan kue ulang tahun hingga Mahfud Md yang memberikannya replika naik tangga. 

Lalu Najwa di kesempatan yang berdekatan dengan momen Pilpres itu, ia memberikan tips untuk anak muda. Ia mengajak agar generasi muda Indonesia bergerak, bergerak dan berdampak bagi masyarakat.

Hal ini sejalan dengan tema yang diusung dalam perayaan ulang tahun Mata Najwa tahun ini. Mengutip dari Tim Showbiz Liputan6.com, Selasa (23/1/2024), ia berpesan agar jangan pernah berhenti belajar. Najwa mengingatkan, seiring perkembangan teknologi, anak muda dapat belajar lewat berbagai platform termasuk beragam aplikasi di ponsel pintar. 

4 dari 4 halaman

Berhati-hati Hoaks yang Bertebaran

Sebagai Duta Baca Indonesia yang ditunjuk Perpustakaan Nasional RI sejak 2016, anak dari pendakwah kondang Prof Quraish Shihab ini telah mendistribusikan banyak buku ke berbagai provinsi di Indonesia untuk mendongkrak minat baca generasi muda Tanah Air. 

Bukan lagi rahasia jelang tahun politik, makin banyak hoaks bertebaran di jagat maya. Karenanya, Najwa Shihab memberikan tips kedua yakni meriset dan mengecek informasi. Untuk berbagi informasi pun, harus didahului riset mendalam agar hasil akhirnya valid.

"Untuk mengangkat isu-isu krusial tentu didorong energi untuk mencari kebenaran. Hal itu perlu didukung konsistensi semangat menggali informasi sebanyak-banyaknya," ungkapnya lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Senin, 27 November 2023.

Ketiga, punya mental kuat dan kompetensi tinggi. Keduanya perlu berjalan beriringan sampai akhirnya kita dipilih karena satu-satunya. Terakhir, ikuti perkembangan teknologi. Berkaca pada pengalaman, dulu Najwa membawa banyak alat untuk meliput dan interviu.

“Saat ini saya merasakan kemudahan berkat teknologi. Karenanya penting bagi kita mempelajari dan memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan produktivitas sekaligus mengefisiensikan cara kerja,” ujar presenter kelahiran Makassar, 16 September 1977.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini