Sukses

Atraksi Turis Beri Makan Sun Go Kong Hidup di Gunung Jadi Viral, Pemerannya Dibayar Minimal Rp13 Juta per Bulan

Saking banyaknya makanan yang diberikan, si Sun Go Kong sampai tak perlu lagi makan siang.

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja atraksi yang dibuat untuk menarik wisatawan. Tak terkecuali dengan pengelola kawasan wisata pegunungan Taihang Wuzhishan Scenic Area Gunung Wuzhi di Hebei, Tiongkok. Mereka sengaja menyewa aktor untuk berperan sebagai Sun Go Kong.

Sosok raja kera itu ditugaskan berinteraksi dengan para wisatawan. Dalam beberapa video Douyin, platform TikTok di China, yang viral, Go Kong terlihat duduk di celah gunung sambil menjulurkan kepalanya untuk berinteraksi dengan wisatawan yang lewat. Anak-anak terutama mengeliling sang kera, memberinya berbagai macam makanan seperti pisang, biskuit, bahkan mie.

Mengutip AsiaOne, Jumat, 12 Januari 2024, Sun Go Kong adalah tokoh protagonis dalam novel klasik China Perjalanan ke Barat (Journey to the West). Siluman kera itu dikatakan terperangkap di bebatuan Pegunungan Wuzhishan oleh para dewa setelah dia menyebabkan kekacauan di surga. Serialnya juga sempat diputarkan di stasiun televisi Indonesia dan mendapat banyak penonton.

Meski terkesan menyenangkan, berperan menjadi Go Kong itu tidaklah mudah. Di media sosial, seorang manajer situs bermarga Shen menjelaskan bahwa aktor tersebut mendapat gaji pokok bulanan sebesar 6.000 yuan atau sekitar Rp13 juta.

Mereka diharuskan bekerja mulai pukul 09.00 hingga 12.00 dan pukul 14.00 hingga 18.00 setiap hari dan harus "lincah dan ceria, mudah didekati, dan mampu berinteraksi dengan wisatawan", 8world melaporkan. Ia juga menceritakan bahwa 6.000 yuan hanyalah gaji pokok dan akan disesuaikan berdasarkan kinerja sang aktor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sun Go Kong Sampai Kekenyangan

Shen juga menyatakan bahwa dia tidak main-main dalam hal keselamatan pekerjanya. Ia sengaja mempekerjakan dua aktor yang bekerja secara bergiliran untuk berbagi beban.

"Aktor harus berbaring di dalam gua dan satu orang saja tidak bisa bertahan lama, jadi kami menyewa penggantinya. Satu orang beraksi selama dua jam, dan yang lainnya melakukan hal yang sama. Wisatawan terus memberinya makan," ujarnya.

Shen melanjutkan pemeran Sun Go Kong itu bahkan tidak perlu makan siang lagi. "Dia sangat kenyang setelah makan makanan ringan," ujarnya.

Menurut Shen, ada begitu banyak makanan yang ditawarkan kepada Raja Kera sehingga sang aktor menyimpannya untuk dibagikan kepada staf lain setelah bekerja. Mengutip Douyin, banyak netizen yang bercanda bahwa para aktor ini mungkin melakukan lebih dari yang bisa mereka kunyah - secara harfiah.

"Kalau awal kerja beratnya 45kg, tapi kalau keluar jadi 90kg," tulis warganet.

"Aktor ini bisa menjadi Sun Wukong di paruh pertama tahun ini, Zhu Bajie di paruh kedua!" canda warganet berbeda.

Seorang pengguna juga bertanya, "Apakah Sun Go Kong akan menjadi terlalu gemuk dan terjebak di dalam lubang?"

3 dari 4 halaman

Pemeran Asli Sun Go Kong

Sun Go Kong merupakan karakter ikonis dalam serial Kera Sakti yang menjadi salah satu tontonan anak-anak Indonesia populer pada era 1990an. Kisahnya diambil dari novel karya penulis Tiongkok abad ke-16 ini, dikemas secara menarik dan segar. 

Karakter utama serial Kera Sakti yang ikonis adalah Sun Go Kong, siluman kera yang memiliki perawakan seperti manusia. Dicky Cheung bisa dianggap sukses memerankan karakter lincah ini.

Tampil sebagai Sun Go Kong pada 1996, Dicky Cheung merupakan aktor yang sangat aktif di Hong Kong. Ia merupakan aktor kelahiran 8 Februari 1965. Meski usianya sudah lewat setengah abad, wajahnya terbilang masih awet muda.

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, Dicky tak hanya berakting di layar kaca, ia juga aktif bernyanyi di panggung. Ia menikah dengan seorang aktris bernama Jess Zhang Qian. Selama pandemi, pasangan ini hidup terpisah. Jess bersama orangtuanya di Beijing, Dicky di Hong Kong. 

4 dari 4 halaman

Sun Go Kong Beraksi di Tengah Kemacetan

Tak hanya di Tiongkok, Sun Go Kong KW nyatanya juga beraksi di Kota Bogor. Mengutip kanal Regional Liputan6.com, si kera sakti membantu petugas pemadam kebakaran (Damkar) menerobos kemacetan Kota Bogor. Hal ini terlihat dari video yang diunggah @damkarkotabogor.

Terlihat mobil Damkar Kota Bogor itu sedang berusaha melewati padatnya lalu lintas saat libur Imlek 2023. Dengan sigap, pria yang mengenakan kostum Kera Sakti langsung mengarahkan mobil damkar sembari memberi isyarat kendaraan lain untuk mengalah.

Kepala Bidang Penyelamatan dan Pemadaman Kebakaran Kota Bogor, M Ade Nugraha mengatakan, peristiwa itu terjadi di Jalan Sukasari menuju Jalan Siliwangi, Kota Bogor pada Minggu siang, 22 Januari 2023. "Waktu itu dari Jalan NV Sidik sampai Jalan Siliwangi sedang macet total. Sampai mobil Damkar sulit melintas," kata Ade, Senin (23/1/2023).

Dia mengatakan, armada damkar itu hendak kembali ke kantor di wilayah Sukasari usai penanganan kebakaran di daerah Pancasan. "Ketika balik kanan ke kantor macet total di situ, karena weekend. Kalau tidak terlalu ngunci biasanya mereka (pengemudi) suka ngasih jalan," ucapnya.

Beruntung ada pria berkostum Sun Go Kong. Dia langsung mengambil tindakan membuka jalan untuk mobil Damkar. Sambil membawa tongkat, pria itu mengawal kendaraan tersebut dengan susah payah dan meminta pengendara lain memberikan jalan. "Ketika kita sudah di depan pertigaan Sukasari II, Sun Go Kong ini membantu membuka lajur Damkar sampai rel SPBU," cerita Ade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini