Sukses

Serasinya Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah Berbalut Songket Merah Keemasan Saat Jalani Prosesi Adat Berusia Ratusan Tahun

Pada Rabu, 10 Januari 2023, hari keempat dari 10 hari perayaan pernikahan mereka, Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah menjalani upacara pembedakan atau Istiadat Berbedak dalam bahasa lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Prosesi adat berusia ratusan tahun dipamerkan di Brunei saat negara itu merayakan pernikahan kerajaan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah. Pangeran berusia 32 tahun itu adalah putra Sultan Brunei, sedangkan pacar lamanya Anisha adalah cucu salah satu penasihat khusus sultan, Pehin Dato Isa.

Pada Rabu, 10 Januari 2023, hari keempat dari 10 hari perayaan pernikahan mereka, diadakan upacara pembedakan atau Istiadat Berbedak dalam bahasa lokal. Di kesempatan itu, kedua calon pengantin tampil memesona mengenakan busana kreasi songket Brunei berwarna merah keemasan.

Aksesori serba emas nan serasi, termasuk headpiece Anisha, pun melengkapi penampilan pasangan tersebut. Momen itu salah satunya dibagikan desainer Malaysia, Teh Firdaus, yang juga merancang pakaian calon mempelai wanita di acara pengajian khatam Al-Qur'an, awal pekan ini.

Sementara itu, Istiadat Berbedak merupakan tradisi dalam budaya Melayu dan Brunei yang telah dipraktikkan selama ratusan tahun. Dalam rangkaiannya, calon pengantin akan diberkati anggota keluarga mereka yang mengoleskan pasta bedak ke tangan mereka, seperti dikutip dari The National News, Kamis (11/1/2024).

Di beberapa versi, pasta bedak ini bahkan dioleskan ke seluruh tubuh pasangan oleh anggota keluarga masing-masing. Ritual ini dimaksudkan untuk melambangkan kesuburan dan kekayaan.

Pangeran Mateen dan Anisha Rosha bukan pasangan Kerajaan Brunei pertama yang menjalani prosesi adat tersebut. Tahun lalu, Putri Azemah juga tampak melakukannya. Putri Azemah menikah dengan sepupu pertamanya, Pangeran Bahar ibni Jefri Bolkiah, pada Januari 2023, yang juga ditandai dengan perayaan selama 10 hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perayaan 10 Hari Pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Setelah mengumumkan pertunangan pada Oktober 2023, Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah menikah dalam upacara pernikahan mewah selama 10 hari. Sebagai acara inti, akad nikah akan digelar hari ini, Kamis siang (11/1/2024), di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien.

Perayaan 10 hari tersebut dimulai pada 7 Januari 2024, menampilkan perpaduan jamuan makan, pertunjukan musisi kerajaan, dan daftar tamu bertabur bintang, menurut People, rangkum SCMP, Rabu, 10 Januari 2024. Setelah akad nikah, akan ada jamuan makan kerajaan dengan tamu-tamu yang datang dari seluruh dunia pada Minggu, 14 Januari 2024.

Sebuah parade juga akan berlangsung di ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan, sebelum perayaan tersebut berakhir pada 16 Januari 2024. Para penggemar pun bertanya-tanya siapa saja undangan yang akan menghadiri pernikahan kerajaan itu.

Karena Pangeran Mateen dan ayahnya Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei, menghadiri penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla, serta pemakaman Ratu Elizabeth, diharapkan setidaknya satu anggota keluarga Kerajaan Inggris akan bergabung dalam perayaan tersebut. Sultan juga hadir di pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011.

3 dari 4 halaman

Pengajian Sebelum Pernikahan

Sementara daftar tamu undangannya belum dirinci secara detail, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan menghadiri pernikahan kerajaan itu. Ini dilakukan di sela rangkaian kunjungan kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam, lapor Tim News Liputan6.com, Selasa, 9 Januari 2024.

"Ada undangan dari Sultan Hassanal Bolkiah untuk perkawinan anaknya Pangeran Mateen. Jadi, ini juga kunjungan khusus ke Brunei Darussalam," sebut Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, calon pengantin perempuan Anisha Rosnah sudah lebih dulu mengikuti pengajian sebelum pernikahannya dengan Pangeran Mateen. Di kesempatan itu, ia tampil menawan mengenakan busana rancangan desainer Malaysia, Teh Firdaus, yang terkenal dengan pakaian pengantinnya.

"Saya merasa terhormat bisa berperan dalam pernikahan Kerajaan Brunei," tulis Firdaus unggahan di Instagram, Senin, 8 Januari 2024, lapor The National News. Di foto, Rosnah mengenakan baju kurung putih, pakaian tradisional yang dikenakan perempuan di Brunei, Malaysia, Indonesia, dan Singapura.

Pakaian adatnya terbuat dari tenunan Brunei, sebuah tekstil tenunan rumit yang merupakan kerajinan tangan utama negara itu. Sementara itu, bagian lengan dan pinggiran roknya dihiasi banyak kristal. Rosnah melengkapi penampilannya dengan hijab berwarna putih dan riasan natural.

4 dari 4 halaman

Lamaran Kerajaan sampai Bikin Hotel Penuh Terpesan

Majlis Istiadat Bersuruh Diraja atau lamaran kerajaan juga telah berlangsung pada Minggu, 7 Januari 2024. Prosesi ini digelar di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan yang dihadiri keluarga dari kedua belah pihak calon mempelai.

Nuansa perayaannya kian terasa, karena hotel-hotel di ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan, mengalami lonjakan pemesanan berkat pernikahan kerajaan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah. Manajer umum di salah satu hotel di ibu kota, Andy Goh, mengatakan, hunian kamar di hari Royal Procession pada 14 Januari 2023 sudah penuh, lapor Borneo Bulletin, dikutip dari VN Express, dikutip Rabu, 10 Januari 2024.

Warga Brunei dari seluruh negeri telah memesan kamar hotel, setidaknya satu malam, untuk mendapat tempat terbaik saat melihat pasangan kerajaan yang akan lewat saat menjalani prosesi tersebut, katanya. Ia menambahkan, para tamu telah melakukan reservasi kamar sejak Oktober 2023.

Molly Bong, direktur operasi di hotel lain, mengatakan, kedutaan, yang tidak disebutkan dari negara mana, telah membuat pengaturan di hotel tersebut untuk mengantisipasi tamu dari negara mereka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini