Sukses

Biaya Pembersihan Coretan di Dinding Istana Gyeongbok Akibat Vandalisme Capai Rp1,2 Miliar, Bakal Ditagih ke 3 Tersangka

Dinding Istana Gyeongbok di pusat kota Seoul, Korea Selatan jadi korban vandalisme dengan dicoret grafiti sebanyak dua kali pada Desember 2023. Dinding istana tersebut kini telah dipulihkan dan diresmikan ke publik, Kamis, 4 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Dinding Istana Gyeongbok di pusat kota Seoul, Korea Selatan, menjadi korban vandalisme dengan dicoret grafiti dua kali pada Desember 2023. Dinding istana tersebut kini telah dipulihkan dan diresmikan ke publik, Kamis, 4 Januari 2024.

Dikutip dari The Korea Times, Kamis (11/1/2024), Cultural Heritage Administration (CHA) mengumumkan niatnya untuk meminta kompensasi atas biaya yang dikeluarkan dalam memulihkan kekayaan budaya milik negara dari para pelaku. Jumlah yang diperkirakan setidaknya sekitar 100 juta won (setara Rp1,2 miliar).

Badan tersebut juga mengungkapkan langkah-langkah yang diperkuat untuk mencegah kerusakan di masa depan terhadap situs warisan nasional. Bagian dari istana bersejarah abad ke-14 dirusak dengan cat semprot pada dua waktu terpisah pada 16 dan 17 Desember 2023.

Kerusakan total terjadi di kedua sisi Yeongchumun, gerbang barat istana, serta tembok dekat Istana Nasional Museum Korea, membentang sepanjang 36,2 meter. Tiga tersangka berhasil ditangkap dari kejadian ini.

Jika terbukti bersalah, mereka bisa terancam hukuman minimal tiga tahun penjara, sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Warisan Budaya. Dalam konferensi pers pada Kamis, 4 Januari 2024, pejabat CHA melaporkan bahwa restorasi kira-kira 80 persen selesai.

Pihaknya menyebut bahwa tahap awal perawatan berfokus terutama pada menghilangkan "semprotan kontaminan." Untuk operasi delapan hari yang dilakukan pada 16 hingga 28 Desember, biaya sewa peralatan khusus seperti pembersih laser, mesin cuci uap, dan mesin peledakan, serta barang habis pakai lainnya seperti alat pelindung diri dan tabung, berjumlah lebih dari 21 juta won (setara Rp247 juta).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuntut Ganti Rugi

Jika digabungkan dengan biaya tenaga kerja yang belum ditentukan untuk 234 ahli konservasi dan pegawai pemerintah yang terlibat dalam proyek ini, perkiraan total biaya untuk memulihkan istana yang berlokasi di 161 Sajik-ro, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan ini, diperkirakan akan mencapai setidaknya 100 juta won, menurut Go Jung-ju, direktur Kantor Manajemen Istana Gyeongbokgung.

CHA bermaksud menuntut ganti rugi dari para tersangka setelah total biaya restorasi ditentukan. Sementara itu, setelah insiden Desember 2023, survei yang dilakukan negara terhadap empat istana besar, serta Kuil Jongmyo dan makam kerajaan dari Kerajaan Joseon pada 1392-1910 mengungkapkan banyak coretan dan ukiran lain yang tertinggal selama bertahun-tahun pada kolom dan dinding bangunan.

"CHA akan menindak tegas ketika menghadapi tindakan vandalisme jahat yang serupa dengan yang terjadi di Istana Gyeongbok. Kami juga akan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang lebih baik terhadap kerusakan situs warisan, selain meningkatkan kesadaran masyarakat melalui promosi dan pendidikan," kata kepala badan tersebut Choi Eung-chon.

3 dari 4 halaman

Tingkatkan Pengamanan

Badan tersebut akan meningkatkan keamanan di situs warisan utama dengan meningkatkan patroli dan memasang kamera pengintai tambahan. Pada 2025, total 110 kamera pengintai akan ditambahkan untuk memantau dinding luar empat istana, Kuil Jongmyo, dan Altar Sajikdan, termasuk 20 kamera tambahan untuk Istana Gyeongbok.

Saat ini, terdapat 415 kamera yang ditempatkan di 200 lokasi di dalam kawasan istana dan 14 di sembilan lokasi di pinggirannya. Patroli juga akan diintensifkan.

Di Istana Gyeongbok, patroli malam hari akan ditingkatkan menjadi delapan kali per 24 jam tahun ini dari sebelumnya dua hingga empat kali. Kerja sama dengan kantor polisi setempat akan dibangun untuk memastikan patroli polisi yang berkelanjutan di sepanjang perbatasan luar.

Untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai perlindungan warisan nasional, CHA berencana untuk memasukkan ketentuan anti-vandalisme dalam spanduk, selebaran dan tiket, serta di saluran online. Sehubungan dengan inisiatif nasional ini, badan tersebut bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk secara aktif melaporkan kejadian vandalisme melalui situs webnya dan hotline khusus.

4 dari 4 halaman

Gucci Bakal Sponsori Pelestarian Istana Gyeongbok Korea Selatan

Gucci mengumumkan perjanjian sponsor selama tiga tahun dengan Administrasi Warisan Budaya Korea Selatan (CHA) yang dirancang untuk melestarikan Istana Gyeongbok. Presiden dan CEO Gucci Marco Bizzarri telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Choi Eung Chon, kepala CHA, dikutip dari Korea Times, Selasa, 15 November 2022.

Kedua belah pihak sepakat bekerja sama dalam proyek restorasi masa depan istana kerajaan era Joseon yang bersejarah, kata perusahaan itu. "Kecantikan berfungsi sebagai sumber inspirasi yang berkelanjutan untuk Gucci, tapi juga membutuhkan perawatan dan usaha yang konstan," kata Bizzarri. "Kerja sama merek dengan CHA akan membantu menjaga warisan artistik yang kaya dari situs bersejarah ini."

Merek mewah asal Italia itu sebelumnya mengumumkan rencananya menyelenggarakan peragaan busana di Istana Gyeongbok pada awal November 2022 untuk memamerkan "Gucci Cosmogonie Collection Seoul." Acara bertema selestial itu dijadwalkan menandai pertunjukan debut Alessandro Michele di Korea Selatan.

Koleksi yang dipersembahkan telah diluncurkan sebelumnya di Castel Del Monte di Apulia Italia pada Mei lalu. Mereka juga awalnya akan ada beberapa penampilan baru yang belum dirilis di tempat lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.