Sukses

Poster Iklan Calvin Klein dengan Model FKA Twigs Dilarang Beredar, Dianggap Terlalu Mengumbar Seks

Sebuah iklan Calvin Klein telah dilarang setelah adanya keluhan bahwa gambar yang digunakan "terlalu mengumbar seks". Poster tersebut menampilkan penyanyi Inggris FKA Twigs sebagai modelnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah iklan Calvin Klein telah dilarang setelah adanya keluhan bahwa gambar yang digunakan "terlalu mengumbar seks". Poster tersebut menampilkan penyanyi Inggris FKA Twigs sebagai modelnya.

Dikutip dari BBC, Rabu, 10 Januari 2024, dalam poster, penyanyi berusia 36 tahun itu mengenakan kemeja yang memperlihatkan separuh tubuhnya, sisi bokong dan separuh salah satu payudaranya. Di atas poster ada keterangan berbunyi, "Calvins or nothing (Calvins atau tidak sama sekali)".

Otoritas Standar Periklanan (ASA) menemukan bahwa iklan tersebut kemungkinan besar akan menimbulkan pelanggaran serius karena menjadikan perempuan sebagai objek. Regulator memutuskan bahwa "komposisi gambar menempatkan fokus pemirsa pada tubuh model dibandingkan pada pakaian yang diiklankan".

Pihaknya juga menyebut bahwa dengan berfokus pada "fisik yang menonjol" dari FKA Twigs, telah "menghadirkannya sebagai objek seksual stereotip". "Oleh karena itu kami menyimpulkan iklan tersebut tidak bertanggung jawab dan kemungkinan besar akan menyebabkan pelanggaran serius," jelas pihak ASA.

Membela iklannya, Calvin Klein mengatakan bahwa iklan tersebut serupa dengan yang telah dirilis di Inggris selama bertahun-tahun. Merek fesyen tersebut menggambarkan pelantun "Two Weeks" itu sebagai "perempuan yang percaya diri dan berdaya".

Pihak Calvin Klein juga mengatakan FKA Twigs telah berkolaborasi dengan perusahaan tersebut untuk memproduksi gambar itu dan telah menyetujuinya sebelum dipublikasikan. Pihaknya menambahkan bahwa semua area tubuh yang "sensitif secara konvensional" tertutup sepenuhnya dan FKA Twigs berada dalam posisi alami dan netral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Iklan Baru

Dua orang mengeluh bahwa gambar tersebut "terlalu mengumbar seks", menyinggung dan tidak bertanggung jawab karena mengobjektifikasi perempuan dan ditampilkan secara tidak pantas. Keluhan ini juga ditujukan pada dua poster dari kampanye yang sama yang menampilkan model Kendall Jenner.

Namun ASA menganggap bahwa poster-poster tersebut tidak mempresentasikan model sebagai objek seks dan level keterbukaan dianggap wajar untuk iklan pakaian dalam. Larangan ini terjadi tak lama setelah Calvin Klein merilis kampanye yang menampilkan aktor "The Bear", Jeremy Allen White.

Dikutip dari Independent, poster menampilkan aktor berusia 32 tahun tersebut yang mengenakan pakaian dalam merek tersebut telah menjadi viral di media sosial. Di karpet merah Golden Globes pada Minggu, 7 Januari 2024, White tidak bisa lepas dari pertanyaan tentang kampanyenya yang menarik dan tampak sedikit tidak nyaman dengan semua perhatian tersebut.

"Merupakan hal yang tidak biasa untuk menampilkan iklan Calvin Klein dan sekarang bahkan lebih tidak biasa lagi jika iklan tersebut dipublikasikan," katanya kepada wartawan di belakang panggung. 

3 dari 4 halaman

Jungkook BTS Ekspos Dada dan Perut Rata di Iklan Terbaru Calvin Klein

Proyek Jungkook BTS dengan Calvin Klein diumumkan lewat video media sosial pada Senin, 27 Maret 2023. Di akun mereka, jenama fesyen berbasis di Amerika Serikat (AS) ini membagikan video singkat, menulis, "Waktu yang sama besok?" sebagai keterangan unggahan. Kendati tidak menyebut nama, para penggemar langsung menyadari bahwa itu adalah si maknae BTS.

Di cuplikan iklan tersebut, Jungkook tampil berani dengan tidak memakai inner di bawah jaket denimnya, mengekspos sebagian dada dan perut ratanya. Syukurlah teriakan histeris fans sedikit tertahan karena ia memakai celana panjang denim senada.

Pengalaman kerja sama dengan Calvin Klein ini dibahas Jungkook melalui live Weverse pada Selasa dini hari, 28 Maret 2023 waktu Seoul, Korea Selatan. "Ketika saya melakukan sesuatu seperti ini, saya ingin melakukan sesuatu yang saya sukai, sesuatu yang sangat saya sukai," katanya merujuk pada terjemahan akun Twitter @miiniyoongs.

Pelantun lagu Euphoria ini menyambung, "Dan Calvin (Klein) menghubungi saya terlebih dahulu, dan saya bisa membicarakan ini sekarang karena videonya (sudah) dirilis kan? Saya sangat menyukai Calvin (Klein) ... Saya sangat suka ... dan, tidak tidak, bisakah Saya membicarakan ini?"

"Tapi, jika kalian melihat videonya, kalian melihat saya mengenakan denim, bukan? Ini adalah pertama kalinya saya mencobanya dan saya sangat menyukainya," imbuh Jungkook. "Ketika video dirilis, saya mungkin merasa sedikit malu, tapi kalian semua mungkin menyukainya? Menurut saya? Tolong nantikan itu dan tolong beri banyak perhatian."

 
4 dari 4 halaman

Efek Jungkook BTS Jadi Global Ambassador

Jungkook Effect alias efek Jungkook masih terus berlanjut. Setelah resmi diumumkan sebagai Global Ambassador Calvin Klein pada 28 Maret 2023, Jungkook BTS mampu mendatangkan banyak permintaan dari para konsumen.

Dikutip dari KBizoom, Kamis, 30 Maret 2023, sejumlah barang fesyen yang dikenakan Jungkook untuk kampanye musim semi 2023 itu dengan cepat ludes terjual di situs resmi Calvin Klein di seluruh dunia, termasuk toko di Amerika Serikat, Korea Selatan, China, Jepang, dan Kanada. Item yang habis meliputi t-shirt crewneck putih, baik logo standar maupun logo arsip, serta item jeans lainnya.

Menyusul pengumuman Jungkook sebagai duta merek, akun Twitter resmi Calvin Klein memperoleh tambahan lebih dari 200.000 pengikut hanya dalam 26 jam. Total pengikuti label itu di media sosial menjadi 4,03 juta.

Sementara, reels tentang Jungkook di Instagram resmi Calvin Klein telah diputar masing-masing melebihi 25 juta dan 10 juta tampilan, menempati peringkat pertama dan kedua dalam tampilan "terbanyak" yang pernah ada. Sejak foto tersebut dirilis pada 28 Maret 2023, Instagram resmi Calvin Klein mengunggah pesan yang mengatakan, "Kami mengalami banjir pesan yang sangat besar."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.