Sukses

Kaesang Pangarep Main ke Aceh, Tampilan Erina Gudono Berhijab Bikin Warganet Kaget

Kaesang Pangarep menyempatkan diri menjawab pertanyaan dari salah satu pegiat konten kreatif Aceh. Sosok Erina Gudono yang berdiri di sampingnya mencuri perhatian warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Masa kampanye pemilihan presiden dan pemilu legislatif mendorong politisi makin sering hilir mudik ke berbagai daerah. Kaesang Pangarep juga termasuk di dalamnya. Ia sempat mengunjungi Aceh membawa serta sang istri, Erina Gudono.

Dalam sebuah kesempatan, Kaesang yang mengenakan kaus putih dan celana khaki meluangkan waktu menjawab beberapa pertanyaan dari pegiat konten kreatif setempat. Erina mendampingi di sampingnya terlihat berbeda dalam balutan hijab. Ia saat itu lebih banyak mendengarkan suaminya berbicara.

Sosok menantu Presiden Joko Widodo yang mengenakan inner putih dibalut blus warna hijau emerald itu tak langsung dikenali oleh warganet. Hal itu terlihat dari sejumlah komentar warganet.

"Saya kira mbak erina temannya yg wawancara...pangling poll...cantik dan kalem," tulis seorang warganet.

"Aku kira mbak erina tadi temen nya mbak pasmina hitam," timpal yang lain.

Banyak pula yang menganggap Erina makin cantik dengan berhijab. "Pangling poll mba Erina," tulis warganet.

"Mbak Erina Apotek tutup (nggak ada obat)," sambung yang lain.

"Sumpah pangling banget mbak Erina," kata warganet lagi.

"Mba Erina kalo berhijab mirip ibu Iriana Joko Widodo masya Allah," komentar yang lain.

Selain hijab, warganet juga salah fokus dengan kemesraan yang ditunjukkan pasangan yang menikah pada 10 Desember 2022 itu. "Tangannya gandengan," tulis warganet.

Padahal, konten yang diunggah mengulas soal Kaesang yang bisa menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di usia 29 tahun. "Ya inilah kita jangan ngomong-ngomong jadi ketua umum di usia muda, tapi yang paling penting kita belajar berorganisasi sejak dini," kata Kaesang dikutip dari TikTok @karyamedia_, yang diunggah pada Minggu, 7 Januari 2024.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terjun ke Politik Dapat Restu Istri

Ia berpendapat belajar berorganisasi bisa dimulai dari tingkat SD. Dengan aktif, menurutnya, seseorang bisa mempelajari bagimana sebenarnya berorganisasi yang benar. "Bisa ikut kayak katakanlah partai politik," sambung Kaesang yang kunjungannya ke Aceh juga memboyong istrinya, Erina Gudono.

Keputusan Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik dengan menerima tawaran untuk menjadi ketua umum PSI pertama kali mendapat restu dari istrinya, Erina Gudono. Bahkan menurut pria kelahiran 1994 ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya diberitahu saja.

"Siapa orang pertama yang mas Kaesang kasih tahu pas mas Kaesang di situasi 'oke gue mau jadi ketua umum'?" tanya Putri Tanjung di podcast Ngobrol Sore Semaunya yang diunggah Sabtu, 2 Desember 2023.

"Oke restu dulu dari Erina, kalau bapak ibu apa.. apa lebih kayak ngasih tahu aja gitu," jawab Kaesang spontan.

Pasalnya menuurut dia bagaimana pun yang pertama tetap istri dulu yang harus diberitahu. "Karena aku kan sebelum jadi ketua umum PSI, aku coba salat istiqarah berkali-kali dan nggak jawaban sama sekali. Tapi ketika restu dari istri keluar, nah itulah jawaban itu langsung keluar juga gitu," ungkap anak bungsu Jokowi itu.

"Jadi kuncinya memang di istri," sambung Kaesang. 

3 dari 4 halaman

Erina Gudono Minta Jangan Setengah-setengah

Putri pun penasaran dengan menanyakan apa pesan Erina kepadanya setelah mengambil keputusan jadi ketua umum PSI. Kaesang pun menjawab istrinya berharap agar dia tidak setengah-setenga dan seratus persen harus bertanggung jawab dan tidak banyak bercanda, meskipun katanya masih suka bercanda.

"Kadang masih dimarahin juga, nggak boleh bercanda ya mas," Erina pun mengingatkan Kaesang agar serius dengan pilihannya itu. 

Di langkah awal karier politiknya Kaesang langsung menduduki jabatan sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Adapun publik selama ini cenderung mengenalnya sebagai pebisnis, Kaesang juga mendapat pertanyaan dari Putri Tanjung mana yang akan lebih dia pilih.

"Bisnis atau politik?" tanya Putri secara lantang, dikutip dari video TikTok "Ngobrol Sore Semaunya", Sabtu, 2 Desember 2023.

Pertanyaan itu dijawab Kaesang tanpa ragu, "Bisnis."

Putri pun mempertanyakan lagi, jika memang Kaesang lebih menyukai bisnis apa alasan ia memilih terjun ke politik. "Ya terserah aku kan," jawab Kaesang secara spontan.

4 dari 4 halaman

Alasan Kaesang Terjun ke Politik

Putri yang penasaran lalu mendapat penjelasan dari Kaesang kalau ia mendapat pencerahan saat mengobrol dengan kakaknya, Gibran. Kaesang sendiri merasa sudah sangat cukup dengan apa yang dimilikinya bahkan hartanya cukup sampai ia punya cucu nanti.

Tapi ada satu pernyataan Gibran yang membuatnya tersadar. "Gantian yang diperkaya itu jangan diri kamu sendiri, kamu harus bantu orang lain dengan skala yang lebih gede," ujarnya. 

Kaesang menambahkan, meskipun ia hanya berkecimpung di bisnis dari CSR yang dibuatnya mungkin hanya akan menjangkau sekitar ribuan orang. "Tapi kalau dalam politik bisa kayak.. walaupun enggak secara langsung membuat sebuah regulasi, karena aku sendiri kan enggak nyaleg. Tapi aku kan ada lewat temen-temen yang itu membuat impact yang gede sebenarnya buat seluruh masyarakat Indonesia," paparnya.

Diketahui sebagai Ketua Umum PSI, Kaesang sudah melakukan safari politik ke banyak wilayah di Indonesia. Dia juga memilih gaya blusukan untuk menyapa masyarakat seperti sang ayah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini