Sukses

Rumah Minimalis Dikta Terinspirasi Gaya Jepang, Bisa Jadi Inspirasi Menata Hunian

Pradikta Wicaksono atau yang lebih dikenal sebagai Dikta, mantan personel Yovie and Nuno belum lama ini merenovasi rumahnya. Pria berusia 38 tahun ini memiliki hunian yang bisa menjadi inspirasi dalam menata rumah yang minimalis dan terinspirasi gaya Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Pradikta Wicaksono atau yang lebih dikenal sebagai Dikta belum lama ini merenovasi rumahnya. Pria berusia 38 tahun ini memiliki hunian yang bisa menjadi inspirasi dalam menata rumah yang minimalis dan terinspirasi gaya Jepang.

Hal itu terungkap dari tayangan video YouTube Andre Taulany. Sejak dari luar, konsep minimalis Jepang sudah terlihat dari rumah yang berlokasi di Bintaro itu. Garasi kecil menempatkan mobil Fiat klasiknya yang sempat ditawar oleh Raffi Ahmad, termasuk motor klasiknya yang berwarna putih.  

Dikta pun mengajak Andre masuk dan langsung disambut dengan sofa bed berwarna abu-abu yang luas untuk bersantai. Terlihat bahwa Dikta membuat rumahnya terasa hangat dengan ornamen kayu dan bambu. 

Dikta juga memiliki sudut hiburan di rumahnya. Sederhana, ia hanya memajang televisi serta rak buku berisi koleksi favoritnya. Di tempat ini bisa di lihat koleksi komik-komik Dikta sejak kecil bahkan ada yang dari SD dan kadang masih sering dibaca.

Berbagai pernak-pernik pajangan bernuansa kayu yang disukai Dikta pun membuat Andre terpukau. Meski rumahnya kecil dengan bangunan sekitar 60 meter dan luasnya 90 meter, ia menyusunnya jadi minimalis.

"Emang kalo seniman beda," tukas Andre Taulany memuji.

Beralih pada bagian dapur rumah Dikta yang terasa hangat dengan nuansa kayu. Di sebelah dapur, terdapat meja kecil dengan dua kursi minimalis. Dikta mengaku lebih sering sarapan roti dan jarang memasak di rumahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengulik Koleksi Gitar Dikta

Di ruang tengah juga terdapat tangga kecil yang terhubung ke area bersantai berupa hammock, tempat itu juga terhubung langsung ke kamar Dikta. Lalu ia dan Andre beralih ke lantai 2 setelah sebelumnya tadi melihat-lihat dapur.  

Mereka lalu naik ke tangga atas, terlihat ada koleksi gitar Dikta yang terpajang di dinding. Di antara koleksinya tersebut ada gitar pertamanya sejak ia bermusik dan ternyata terungkap juga bahwa almarhum ayahnya pemain gitar.

Sang ayah dulunya juga bermusik bersama Jopie Item. "Keren banget ini," kata Andre mengomentari koleksi gitar Dikta.

"Jadi tuh yang punya gitar Hello Kitty cuma tiga, Dikta, gue dan Vincent," sambung Andre. 

Tak hanya yang dipajang, masih ada gitar lainnya yang disimpan di dalam tempatnya serta belum sempat dibersihkan selama renovasi rumah. Belum lagi gitar lainnya yang terdapat di ruang studio mini Dikta yang unik dari segi warna dan bentuk.

"Gua yakin nih kalo dijual ditotalin (gitarnya) bisa dapat satu rumah lagi," beber Andre. 

3 dari 4 halaman

Kamar Dikta yang Minimalis

Setelah itu Andre diajak juga untuk mengulik kamar Dikta yang sangat minimalis ala Jepang. Saat membuka jendela, terdapat penghubung yang mengarah ke bagian ruang hammock tadi. 

Pencahayaan di kamar tidurnya terbilang terang dengan lampu LED dan unsur putih mendominasi. Elemen kayu ala Jepang, lantainya pun bernuansa kayu, terdapat TV ukuran besar serta sudut dengan hiasan pohon bambu. 

Tak banyak hiasan lain, termasuk foto. Dikta bahkan hanya memasang foto masa kecilnya saja. Di kamar itu, Dikta dan Andre memainkan gitar. 

Di sela-sela mengobrol Andre mengungkapkan bahwa rumah Dikta perlu kehadiran seorang pasangan. Tapi saat itu Dikta justru menepis bahwa ia sudah punya sosok yang dianggap sebagai pasangannya, yaitu kucingnya.

Dikta diketahui memiliki hewan kesayangan, yaitu kucing yang dinamai Jimbon. Kucing tersebut sejak Andre datang langsung menunjukan sifat manjanya, bahkan tak segan untuk menghampiri Andre di sofa. Begitu juga saat di ruang makan, Jimbon kembali ingin beranja-manja.

4 dari 4 halaman

Kamar Mandi ala Onsen Jepang

Lalu beralih ke ruang lainnya, Dikta menunjukan kamar mandinya yang unik. Lantai kamar mandinya hanya memakai semen, ada sekat kaca untuk bagian ruang shower serta wastafel yang juga hanya disemen tanpa finishing.

Bagian kamar mandi Dikta yang paling terlihat unik adalah bathup. Pria kelahiran 10 Januari 1986 itu merancang bathub dengan gaya mirip tempat mandi ala Jepang.

"Pasti lo jarang mandi di sini juga," tebak Andre.

"Enggak, sering. Jadi di Jepang itu ada onsen-onsen gitu makanya gue bikin kayak gini," cerita Dikta tentang bathup tersebut.

"Asli keren banget ini," komentar Andre tentang konsepnya. Menurut pembawa acara itu, konsep tersebut bisa menjadi inspirasi juga untuk orang lain yang menonton tayangannya.

"Lo bener banget, ngambil nuansa Jepangnya," sambung Andre lagi.

Lalu terdapat juga sebuah cermin besar yang cukup menipu, ditempatkan di dalam kamar mandi agar terlihat luas. "Aku seneng banget kamar (rumah) anak bujangan tapi punya taste," kata Andre. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini