Sukses

Restoran Indonesia di Korea Selatan Punya Menu Nasi Padang hingga Bakso Mercon, Berapa Harganya?

Rindu dengan masakan Indonesia saat berada di luar negeri atau sedang mencari menu makanan halal, maka pergi ke restoran Indonesia bisa menjadi pilihan. Begitu juga saat berada di Korea Selatan, Anda tetap dapat menemukan menu makanan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Rindu dengan masakan Indonesia saat berada di luar negeri atau sedang mencari menu makanan halal, pergi ke restoran Indonesia bisa menjadi pilihan. Begitu juga saat berada di Korea Selatan, Anda tetap dapat menemukan menu makanan Indonesia.

Seperti yang dibagikan oleh seorang konten kreator, ia mengulas tempat bernama Nusantara yang menyajikan menu khas Indonesia dan Asia seperti tulisan yang ada di plang restoran.

"Cobain nasi Padang di Korea," ungkap sang konten kreator dengan akun @sunnydahye di TikTok yang diunggah 30 Oktober 2023.

Begitu masuk restoran, menurutnya pengunjung langsung disuguhkan pemandangan rak-rak berisi camilan maupun produk-produk dari Indonesia yang familiar untuk mengisi dapur di rumah. "Mulai sekarang kayaknya aku bakalan belanja bulanan makanan Indo di sini," ujar wanita bernama Dahye itu.

Tapi rak-rak tersebut ternyata juga menyediakan obat-obatan untuk sakit kepala, flu, batuk yang biasa dijual di Indonesia. Selain itu, terdapat musalah yang bisa digunakan pengunjungnya jika mampir ke sini.

Untuk menunya sendiri, Dahye memperlihatkan tak hanya ada nasi Padang tapi berbagai hidangan khas Indonesia lainnya. "Dan guest what, ada bakso mercon. Ini momen terbahagia sih," selorohnya.

Apalagi ketika ia memesan sebuah merek teh asal Indonesia sambil menunggu pesanannya datang. Lalu akhirnya pesanan datang, yaitu nasi Padang dengan ekstra rendang, mi goreng, dan pempek.

"Di sini staf-nya orang Indonesia lho, jadi pas kalian order nggak bakalan pusing," sebutnya lagi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kurang Afdol Makan Nasi Padang dengan Sendok Garpu

Untuk rasa, ia mengungkapkan nasi Padang terhidang dengan banjir kuah itu terasa gurih. Sementara mi goreng yang ia coba juga cukup enak, tapi sayangnya Dahye tidak menyebutkan secara detailnya. Sempat terlihat ia menuliskan harga seporsi nasi Padang, yaitu 130 ribu won (sekitar Rp150 ribu).

Warganet pun berkomentar tentang restoran tersebut. Di antaranya juga bertanya lebih jauh, namun tak semuanya terjawab.

"Wah sayang pake sendok dan garpu," tulis warganet, mengacu pada caranya makan nasi Padang.

"Nasi Padang? Pake sendok?" Tulis yang lain.

"Ini murah, daripada yang di Itaewon itu lho hampir 20.000 Won buat nasi rendang," kata warganet berbagi.

"Nasi Padang paling sedap pakai tangan bukan pakai sendok," kata warganet lagi.

"Sekte mana nih, makan nasi Padang make sendok garpu," balas warganet lainnya.

"Kak, makan nasi Padang pakai tangan," seru yang lain.

"Pake tangan lebih endul," warganet memberi saran.

3 dari 4 halaman

Nasi Padang di Belanda

Bagi warga Indonesia yang tinggal di luar negeri, tentu tidak mudah mencari rumah makan Padang. Hal itu pula yang dialami seorang mahasiswa Indonesia di Belanda yang juga seorang kreator konten, Jerhemy Owen.

Pria yang akrab disapa Owen itu sengaja berpindah kota hingga Breukelen untuk mengunjungi salah satu restoran Padang yang kabarnya enak. Restoran padang ini bernama Warung Annisah, dengan tagline yang tertulis di pintu restoran 'Authentiek Indonesisch Eten'.

"Ada orang kemarin nangis karena ketemu rendang jengkol kita," ungkap Irman, pemilik rumah makan tersebut di video yang diunggah di TikTok @jerhemynemoo pada 14 November 2023.

"Kapan lagi coba ngerasain rendang jengkol di Belanda," kata Jerhemy membalas bapak tersebut.

Menurutnya tempat tersebut termasuk hidden gem tempat makan nasi Padang di Belanda yang orang jarang banyak tahu. "Gua sama temen-temen rela ke luar kota demi cobain restoran ini. Authentic Indonesie Sumatrans Eaten," kata Jerhemy. 

4 dari 4 halaman

Ada Rendang Jengkol

Di dalam video tersebut, ia memperlihatkan seperti apa wujud restoran Padang tersebut. Tampilannya mengingatkan pada restoran Padang di Indonesia. Sejak di pintu masuk sudah tampak etalase kaca yang memajang berbagai jenis menu pilihan. Owen mengaku itu adalah kali pertama ia bersama teman-temannya datang ke restoran tersebut.

"Kaget banget karena pilihan makanannya banyak banget. Jujur ini salah satu restoran Indonesia yang menunya tuh paling lengkap sih," serunya.

Dari masakan Padang, nasi rames, termasuk nasi kuning, nasi uduk, sate kambing, soto ayam, es cendol, hampir semuanya ada. Bahkan, menurut Owen, restoran ini juga melayani pesan antar makanan beku ke seluruh Eropa. Ia pun membuka lemari pendingin dan menunjukkan sambal teri frozen dan cumi cabe hijau yang sudah dikemas rapat.

Puas melihat-lihat, Owen mulai makan dengan teman-temannya. Di meja makan telah tersedia menu favorit masakan Padang di Warung Anisah, seperti rendang sapi, ayam gulai, ayam cabai hijau, perkedel, sate Padang, telur balado, kikil tunjang, dan rendang jengkol. Ia tercengang dan penasaran bagaimana Irman, sang pemilik restoran bisa mendapatkan jengkol di Belanda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini