Sukses

Penginapan Terinspirasi Rumah Hobbit di Dekat Hutan Armenia, Pemandangannya Indah Saat Musim Salju

Tersembunyi di utara Armenia, sebuah hotel menjadi tempat ajaib di mana para penggemar novel JRR Tolkien dapat mewujudkan fantasi Lord of the Rings mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah hobbit yang sempat menimbulkan rasa penasaran di masa penayangan film The Lord of the Rings masih cukup dikenal hingga saat ini. Tak hanya di lokasi syuting aslinya, kini ada penginapan yang menawarkan konsep serupa rumah hobbit.

Pondok-pondoknya memiliki pintu kayu bundar yang dicat warna-warna cerah dan memiliki jendela-jendela diatur dengan sudut yang indah. Tersembunyi di utara Armenia, sebuah penginapan menjadi tempat ajaib di mana para penggemar novel JRR Tolkien dapat mewujudkan fantasi Lord of the Rings mereka.

Mengutip dari laman Euronews, Minggu, 7 Januari 2024, jauh di dalam hutan Dilijan yang tertutup salju, dua bersaudara telah membangun desa bergaya hobbit yang menyambut tamu dari seluruh dunia. Kumpulan cottage melekat pada Cozy House yang terinspirasi hobbit, yang dibuka pada tahun 2019.

Asrama hobbit di Armenia utaraSetiap pondok di desa hobbit telah dibuat dengan cermat untuk menciptakan kembali suasana trilogi epik Lord of the Rings. "Saya mencoba memasukkan keahlian profesional saya ke dalam bisnis ini," jelas Edgar Gulanyan, salah satu saudara yang mendirikan akomodasi ini.

Ia menyambung, "Saya berusaha mempertahankan gaya dan keunikan kami yang khas."

Pondok-pondoknya memiliki pintu kayu bundar yang dicat warna-warna cerah dan jendela-jendela diatur dengan sudut yang indah. Di dalam restoran desa, dindingnya ditutupi dengan karya seni yang unik - sisik ikan terbuat dari piringan hitam tua, sementara cangkang siput memperlihatkan kaca pembesar yang tersembunyi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Liburan Alternatif

Manajer penjualan Khachik Hakobyan mengatakan staf di sini ingin menciptakan liburan yang unik, bukan sekadar retret gunung. “Persaingan di Dilijan cukup tinggi, apalagi sejak tahun 2019. Kami harus memikirkan untuk menciptakan sesuatu yang dapat menarik wisatawan. Kami harus menciptakan sesuatu yang out of the box dan menghadirkan gaya baru,” katanya.

Setiap gerbang, pintu, engsel, dan jendela dibuat khusus meniru negeri rakyat kecil Tolkien.​ Hotel Cozy House dan pondok-pondoknya menarik orang-orang yang mencari sesuatu yang sedikit tidak lazim.

“Kami menginginkan sesuatu yang luar biasa. Gaya pondok ini menarik perhatian kami,” kata tamu Marine Petrosyan.

Khachik yakin misi mereka sukses, menarik pengunjung dari seluruh dunia.

“Banyak orang ketika mengetahui ada tempat seperti itu di Dilijan, mereka mengunjungi Armenia khususnya untuk menginap di hotel ini karena mereka adalah penggemar buku dan film Tolkien,” katanya.​

Prospek menjadi bagian dari kisah Lord of the Rings itulah yang menarik perhatian tamu Christina Thomas. 

 

3 dari 4 halaman

Berada di Desa yang Unik

Dia mengatakan anak-anak menganggap desa ini mempesona. "Saya sedang mencari tempat menginap unik di Armenia dan tempat ini muncul sebagai salah satu lokasi tempat menginap nomor satu, dan kami telah membaca buku 'Lord of the Rings', jadi rumah hobbit kecil ini sangat membuat kami bersemangat," dia berkata.

"(Anak-anak" sangat senang tinggal di rumah kecil ini," sambungnya lagi. 

Tempat ini juga seperti negeri ajaib kala musim dingin. Hal itu lantaran desa ini akan tertutup salju dan akan terlihat sangat menyenangkan bagi para tamu. 

"Semua foto di tempat itu sangat hijau, karena foto yang mereka ambil diambil saat musim panas. Tapi tahukah Anda, sekarang datang ke sini dan melihat seluruh tempat ini tertutup salju… Saya pikir kami membuat pilihan yang sangat baik untuk datang di musim dingin," kata Christina.

Ia menambahkan, "Kelihatannya indah, terlihat sangat ajaib, seperti di buku atau film."

4 dari 4 halaman

Rumah Hobbit di Indonesia

Hobbit adalah makhluk fiktif berbadan kecil, atau tepatnya hanya berukuran separuh dari tinggi manusia pada umumnya. Makhluk mungil ini muncul di dua trilogi film adaptasi novel karya JRR Tolkien, yakni Lord of The Rings (LOTR) dan The Hobbit.

Latar syuting kedua film yang berlokasi di New Zealand ini pun telah menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Destinasi wisata rumah Hobbit tersebut diberi nama Hobbiton.

Di Indonesia Anda bisa melihatnya di Bukit Asri Kertojoyo. Rumah hobbit dengan tinggi yang tak sampai satu meter berada di atas bukit yang tinggi. Destinasi wisata ini tepatnya berlokasi di Tepung Sari, Pringombo, Tempuran, Magelang, Jawa Tengah.

Selain itu ada pula Farmhouse di Bandung mengembangkannya menjadi perkampungan hobbit. Destinasi wisata ini diberi nama Hobbiton Adventure, yang berlokasi di Jalan Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Tak hanya berfoto di depan rumah, pengunjung juga bisa masuk ke dalamnya. Pengunjung dapat bisa merasakan sensasi berada di dalam kamar sampai dapur rumah hobbit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.