Sukses

Momen Kocak Anies Baswedan Live di TikTok, Digoda Warganet soal Jualan Kacamata

Di masa kampanye Pemilu Presiden 2024, para kandidat capres maupun cawapres bukan cuma melakukan kegiatan safari politik ke berbagai tempat, tetapi juga menggelar live streaming. Salah satunya diadopsi oleh calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa kampanye Pemilu 2024, para kandidat capres maupun cawapres bukan cuma melakukan berbagai safari politik ke berbagai daerah untuk menemui masyarakat secara langsung. Ada pula kegiatan online live streaming seperti dilakukan oleh calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan.

Belum lama ini Anies melakukan live di TikTok. Mantan rektor Universitas Paramadina itu rupanya cukup hangat berinteraksi dengan warganet. Bahkan, ada dari mereka yang menyapa Anies dengan sebutan abah, seperti panggilan anak-anaknya kepadanya.

"Abah kacamatanya di etalase nomor berapa, apa maksudnya ya? kata @uranus.nt," ungkap Anies yang tampak kebingungan, dari sebuah video live yang diunggah di TikTok @niss99.id, pada Selasa, 2 Januari 2024.

"Apa coba nih, etalase dia? Apa ini terminologi-terminologi baru ya? Coba Google sebentar ya," kata Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun terlihat sibuk mencari tahu melalui ponselnya. Ia pun mengetik etalase kacamata.

Pengunggah video menuliskan di kolom komentar yang dapat terlihat bahwa penonton Live Anies mengira, capres itu menjual kacamata. Namun, bisa saja hal ini hanyalah gurauan dari penonton lantaran TikTok sering digunakan untuk berjualan barang-barang.

"Anyway saya nggak punya jawabannya," kata Anies sambil tersenyum.

Beberapa komentar hanya menuliskan emoji tertawa dan menangis sebagai tanggapan. Sementara, penonton TikTok Live lain mencoba membantu menjelaskan maksud si penulis lewat pesan yang ditinggalkannya. Ia menyebut orang yang bertanya tadi sedang menggoda Anies dengan menganggapnya sedang menjual kacamata yang dipakainya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

"Oh maksudnya apa itu dikira jualan. Emang kita nggak jualan di TikTok ha ha ha," Anies pun tertawa.

"Kasih pertanyaan saya biar paham dong, kasih pertanyaan saya kebingungan cari di Google pula," kata Anies yang di balas emoji penontonnya dengan tertawa.

Live berlanjut dengan permintaan agar Anies bercerita tentang pengalamannya sekolah di luar negeri. Anies pun menjawab nanti akan bercerita, tetapi lebih dulu menceritakan masa-masa kuliahnya saat di UGM, tepatnya di Fakultas Ekonomi.

"Saat itu saya punya target, IP (indeks prestasi) nya itu harus cukup untuk dapat beasiswa. IP tinggi sekali bagus, tapi IP tinggi saya kegiatan di luarnya agak kurang," bebernya. 

Video yang disukai oleh lebih dari 159 ribu pengguna TikTok itu pun viral. Ribuan warganet menanggapinya di kolom komentar.

"Dia Google etalase, gue Google terminologi," tulis warganet.

"Terminologi teh naon," tanya yang lain bingung dengan kosakata intelek itu.

"Bukan pendukung Anies, tapi lucu banget," sambung warganet.

"Aku lebih paham etalase, kalo terminologi malah aku nggak paham," sebut yang lain.

3 dari 4 halaman

Profil Anies Baswedan

Dari kanal Citizen Liputan6.com, Anies Baswedan merupakan seorang tokoh yang tidak asing lagi di panggung politik Indonesia. Ia telah menarik perhatian masyarakat dengan karirnya yang cemerlang dan dedikasinya untuk pembangunan masyarakat.

Anies Baswedan saat ini tengah menjadi sorotan masyarakat Indonesia karena dirinya merupakan salah satu calon presiden 2024 mendatang. Melansir dari berbagai sumber pada Kamis (4/1/2024), berikut profil dan agama Anies Baswedan.

Nama Lengkapnya adalah Anies Rasyid Baswedan, ia biasa dipanggil Anies. Pria berkacamata ini lahir di Kuningan, pada 7 Mei 1969.

Ayahnya adalah Rasyid Baswedan, sementara sang ibu bernama Aliyah. Anies Baswedan mempunyai nama lengkap Anies Rasyid Baswedan, kini ia merupakan salah satu calon presiden 2024.

Pria berusia 54 tahun ini merupakan cucu dari Abdurrahman Baswedan, yakni seorang diplomat yang pernah menjadi wakil Menteri Muda Penerangan RI sekaligus pejuang kemerdekaan Indonesia. Tak heran darah kepemimpinan seperti mengalir dalam dirinya. 

Karier politik Anies Baswedan terlihat ketika ia terlibat membantu pasangan capres Joko Widodo - Jusuf Kalla waktu itu dan menjadi juru bicara. Usai Pemilihan Presiden, ia bergabung dalam tim transisi presiden yang baru terpilih.

4 dari 4 halaman

Riwayat Pendidikan Anies Baswedan

Hasratnya meningkatkan sektor pendidikan mulai tercapai ketika Jokowi memilihnya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Kerja 2014-2019. Namun, dalam menjalankan tugasnya, ia mengalami perubahan posisi saat kabinet Jokowi mengalami perombakan pada 27 Juli 2016.

Alih-alih menjadi menteri, Anies diajak oleh Prabowo Subianto untuk mencalonkan diri bersama Sandiaga Uno dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Hasilnya, mereka memenangkan pemilihan tersebut. Pada 16 Oktober 2017, Anies bersama Sandiaga Uno resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022.

Berikut riwayat pendidikan Anies Baswedan

TK Masjid Syuhada

SD Laboratori Yogyakarta

SMPN 5 Yogyakarta

SMAN 2 Yogyakarta

Studi Asia di Universitas Shopia, Tokyo, Jepang (1993)

S1 Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta (1995)

S2 di Universitas Maryland, College Park, Amerika Serikat (1998)

S3 di Northern Illinois University, Amerika Serikat (2004)

Berikut adalah riwayat pekerjaan Anies Baswedan:

Rektor di Universitas Paramadina pada tahun 2007

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Kerja pada tahun 2014 - 2016

Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017 - 2022

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini