Sukses

Kahiyang Ayu Blak-blakan Cerita Berhasil Diet, Berat Badannya Turun 30 Kg

Kahiyang Ayu menyebut butuh waktu lima tahun sampai ia menemukan niat diet untuk menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Kahiyang Ayu berbagi pencapaiannya pada 2023. Tapi siapa sangka, putri semata wayang Presiden Jokowi ini blak-blakan berbagi pencapaian cukup pribadi tahun lalu, yakni sukses diet.

Melalui unggahan Instagram-nya, baru-baru ini, perempuan yang akrab disapa Ayang ini menulis, "Kalo ditanya, di tahun 2023 apa yang tercapai? Jawabannya berhasil diet!! Udah turun berapa kg emangnya? Alhamdulillah udah turun 30kg."

Pencapaiannya itu disebut sebagai "prestasi dalam hidup." Di samping itu, Kahiyang juga mengungkap alasan dirinya memutuskan diet untuk menurunkan berat badan. "Menepati sebuah janji buat diet, dan karena udah capek ajaahh kena hina, sama yang kenal dan ngga kenal sekali pun, gara-gara badan gemoyyy," bebernya.

"Pernah di fase yaa karena aku nyaman dengan badan gemoyku, jadi kenapa harus diet? Tapi, pada akhirnya stres juga ngeliat timbangan yang makin hari makin ke kanan," imbuhnya. "Kalo ditanya, dietnya susah ngga? Jawabannya sih enggak."

Yang susah, menurut istri Bobby Nasution itu, adalah mencari niat untuk diet dan konsisten menjalaninya. "Aku butuh 5 tahun buat mencari niat (diet)😂😂. Aku cerita gini cuma mau berbagi ajaa, bukan buat pamer atau bahkan menghina. Yang terpenting kita sehat dan lebih mencintai diri sendiri," tandanya.

Bulan lalu, tampilan Kahiyang memang sudah bikin pangling. Wajahnya disebut terlihat lebih tirus dan postur tubuhnya lebih langsing. Hal itu terlihat ketika ia mendatangi desainer kebaya Myrna Myura.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penampilan Berbeda

Pertemuan itu dibagikan di akun TikTok @myrnamyura pada 9 Desember 2023. Kahiyang terlihat mengenakan setelan baju kasual warna putih saat berkonsultasi dengan sang desainer. Ia juga terlihat mengukur badan untuk baju yang akan dibuat.

Ibu tiga anak itu pun bersenda gurau sambil membahas kebaya yang diinginkannya. "Ngobrol bareng sama Mba Ayang," tulis Myrna sebagai keterangan unggahan.

Melihat klip itu, tidak sedikit warganet yang mengaku pangling dan terpukau dengan kemunculan Kahiyang dengan penampilan barunya. Bahkan, ada yang menyebut Kahiyang semakin mirip dengan Raisa maupun Aaliyah Massaid.

"Pangling kirain bukan Kahiyang," komentar seorang pengguna. "Kurusan makin cantik banget kek Raisa," sahut yang lain. "Mirip Aaaliyah Massaid kayaknya," timpal warganet.

Bukan sekali ini saja Kahiyang disebut mirip Raisa. Pada 2019 lalu, perempuan berusia 32 tahun itu pernah ramai dibahas di media sosial. Hal itu terjadi usai mengunggah foto dirinya tengah mengenakan riasan cukup tebal. Bagian mata dan dagunya secara khusus dinilai mirip pelantun lagu Kali Kedua itu.

3 dari 4 halaman

Diet Terbaik Tahun 2024

Sementara Kahiyang memang belum mengungkap diet apa yang ditekuni sampai berhasil turun berat badan, ada beberapa opsi bila Anda ingin mengikuti hal serupa tahun ini. Tidak hanya untuk lebih kurus tentunya, tapi punya badan kian bugar.

Dengan arahan lebih dari 30 ahli gizi, dokter, dan ahli epidemiologi, US News & World Report mengungkap peringkat diet terbaik tahunan pada 2024. Meneruskan kejayaan tahun lalu, diet Mediterania kembali menempati posisi teratas tahun ini, membuatnya berada di peringkat itu selama tujuh tahun berturut-turut.

Mengutip situs webnya, Kamis, 4 Januari 2024, diet mediterania berfokus pada kualitas makanan, bukan satu kelompok nutrisi atau makanan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa hal ini mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan diabetes tipe 2, sekaligus meningkatkan umur panjang dan meningkatkan kualitas hidup.

Isi piring orang yang menjalani diet ini diisi berbagai macam makanan, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, polong-polongan, minyak zaitun, bumbu, dan rempah-rempah setiap hari. Selain, juga makan makanan laut dan ikan setidaknya dua kali seminggu.

Daging unggas, telur, keju, dan yoghurt boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang. Sementara, daging merah dan makanan manis sebaiknya disajikan sesekali.

 

4 dari 4 halaman

Diet DASH dan MIND

Berlanjut, di posisi ke-2, ada diet DASH. Pola makan ini dijelaskan mirip dengan diet Mediterania, tapi memberi rekomendasi yang lebih konkret mengenai jumlah sebenarnya dan batasan jenis makanan yang dikonsumsi.

Anda akan kenyang dengan sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian pada diet DASH. Anda juga dapat menikmati produk susu, ikan, unggas, dan kacang-kacangan yang bebas lemak atau rendah lemak dalam jumlah sedang.

Makanan tinggi lemak jenuhnya, seperti daging berlemak dan produk susu berlemak penuh, dibatasi secara ketat atau, lebih baik lagi, dihindari sama sekali.

Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba diet MIND, yang merupakan singkatan dari Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay. Sesuai namanya, penerapan diet ini menggunakan dua pola makan yang telah terbukti: DASH dan Mediterranean

Penerapannya berfokus pada makanan di masing-masing pola makan yang secara khusus meningkatkan kesehatan otak sehingga berpotensi menurunkan risiko penurunan mental. Meski tidak ada cara pasti untuk mencegah penyakit Alzheimer, yang awalnya ditargetkan diet MIND, mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah beri, dapat menurunkan risiko seseorang terkena gangguan otak progresif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini